0
Thumbs Up
Thumbs Down

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

okezone
okezone - Thu, 17 Sep 2020 06:03
Dilihat: 39
17 September : Hari Palang Merah Indonesia

JAKARTA - Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 17 September dari tahun ke tahun. Terdapat beberapa peristiwa yang kemudian menjadi catatan sejarah untuk Indonesia, bahkan dunia. Peristiwa itu diantaranya pertempuran Belanda dan Inggris di Pulau Jawa, hingga berdirinya Palang Merah Indonesia (PMI).

Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa yang pernah terjadi pada 17 September dari tahun ke tahun :

1. Perang Inggris dan Belanda di Tanah Jawa

Perang antara pasukan Britania Raya (Inggris) dengan Belanda terjadi di seluruh Pulau Jawa pada rentang waktu 1810-1811. Perang tersebut berhasil dimenangkan oleh Inggris. Inggris berhasil merebut Pulau Jawa dari Belanda

Perang tersebut berawal ketika Gubernur Jendral Hindia Belanda, Herman Willem Deandels melakukan penguatan terhadap wilayah Pulau Jawa guna mengantisipasi serangan dari Inggris. Saat itu, Gilbert Elliot pemilik perusahaan Hindia Timur Britania merebut sejumlah pulau.

Bersama pasukannya, Gilbert berangkat ke jawa dan merebut kota pelabuhan Batavia hingga memaksa pihak Belanda menyerah di Semarang.

Letnan Gubernur Jawa yang dilantik, Thomas Stamfors Raffles mengakhiri metode pemerintahan Belanda, membebaskan sistem kepemilikan tanah, dan memperluas perdagangan.

Pada Kongres Wina 1815, kemudian diputuskan bahwa Britania harus mengembalikan Jawa dan kekuasaan Hindia Belanda lainnya kepada Belanda sebagai bagian dari persetujuan yang mengakhiri Perang Napoleon.

2. Palang Merah Indonesia Berdiri

Palang Merah Indonesia (PMI) yabg merupakan organisasi perhimpunan nasional di Indonesia yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan didirikan tepat pada 17 September 1945. PMI diketuai pertama kalinya oleh M Hatta yang juga merupakan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Berdirinya Palang Merah di Indonesia sebetulnya sudah dimulai sebelum Perang Dunia II, tepatnya 12 Oktober 1873. Pemerintah Kolonial Belanda mendirikan Palang Merah di Indonesia dengan nama Nederlandsche Roode Kruis Afdeeling Indie (Nerakai) yang kemudian dibubarkan pada saat pendudukan Jepang.

Perjuangan mendirikan Palang Merah Indonesia (PMI) diawali 1932. Kegiatan tersebut dipelopori Dr. Senduk dan Dr. Bahder Djohan dengan membuat rancangan pembentukan PMI.

Baca Juga : Turunkan Masker karena Ngos-ngosan Naik Sepeda, Pria Ini Kena Denda

Baca Juga : Polisi Tangkap Pelaku Mutilasi di Apartemen Kalibata City

Rancangan tersebut kemudian mendapat dukungan luas terutama dari kalangan terpelajar Indonesia, dan diajukan ke dalam Sidang Konferensi Narkai pada 1940, akan tetapi ditolak mentah-mentah.

Proses pembentukan PMI kemudian dimulai kembali pada 3 September 1945. Saat itu, Presiden Soekarno memerintahkan Dr. Boentaran (Menkes RI Kabinet I) agar membentuk suatu badan Palang Merah Nasional.

Dibantu panitia lima orang yang terdiri dari Dr. R. Mochtar sebagai Ketua, Dr. Bahder Djohan sebagai Penulis dan tiga anggota panitia yaitu Dr. R. M. Djoehana Wiradikarta, Dr. Marzuki, Dr. Sitanala, Dr Boentaran mempersiapkan terbentuknya Palang Merah Indonesia.

Tepat sebulan setelah kemerdekaan RI, 17 September 1945, PMI terbentuk. Peristiwa bersejarah tersebut hingga saat ini dikenal sebagai Hari PMI.

Sumber: okezone

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

17 September : Hari Palang Merah Indonesia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya