0
Thumbs Up
Thumbs Down

3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

okezone
okezone - Thu, 29 Apr 2021 07:32
Dilihat: 47
3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesian Presidential Studies (IPS), Nyarwi Ahmad menyatakan ada tiga hal menarik dari Reshuffle Kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kali ini. Pertama, reshuffle yang dilakukan oleh Presiden Jokowi kali ini berbeda dengan reshuffle yang dilakukan sebelumnya.

"Jika Reshuflle akhir tahun lalu dilakukan dengan mengganti sejumlah Menteri. Reshuffle kali ini tampaknya fokus pada restrukturisasi organisasi kementerian dan lembaga negara," ujarnya, Kamis (29/4/2021).

Sebagaimana yang kita ketahui, ada dua nomenklatur kementerian baru sebagaimana yang juga sudah disepakati oleh DPR beberapa waktu lalu, yaitu Kemendikbudristek dan Kementerian Investasi yang diisi oleh Nadiem Makarim dan Bahlil Lahadalia.

"Reshuflle ini menunjukkan kepercayaan Presiden Jokowi pada Nadiem dan Bahlil makin meningkat," ungkapnya.

Dia menuturkan, terkait dengan Nadiem Makarim, perombakan kabinet kali ini sebenarnya cukup mengejutkan, khususnya bagi kelompok-kelompok yang melihat Nadiem sebagai sosok yang masih kurang kompeten dan kontroversial karena sejumlah kebijakan seperti terkait dengan keluarnya PP No.57 tahun 2021 yang terkait dengan pendidikan Pancasila dan juga sejumlah isu lainnya.

Dengan reshuffle kali ini, kata Nyarwi, Nadiem memiliki peluang lebih untuk mengelola kebijakan publik dan komunikasi publik di lembaga kementerian yang dipimpinannya secara lebih baik dan tidak dipenuhi dengan kebijakan yang bisa mengundang kontroversi. Reshuffle kali ini menunjukkan tingkat kepercayaan Presiden Jokowi masih bagus dan bahkan menguat. Terbukti dengan memberikan tambahan beben tugas melalui postur kementerian baru tersebut (Kemendikbudristek).

Melalui reshuffle kali ini, lanjut dia, Nadiem perlu menunjukkan kepada publik seperti apa inovasi-inovasi yang dilakukannya ke depan dalam memperkuat bidang riset dan teknologi di Indonesia. Ini tidak mudah tentunya, karena dia dituntut lebih mampu menumbuhkan mentalitas dan budaya riset yang produktif dan kolaboratif di kalangan para akademia dan peneliti, dia juga dituntut lebih mampu meyakinkan komunitas akademia dan peneliti agar bisa menghasilkan produk-produk riset yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di tengah bencana pandemi, membuka beragam jenis lapangan kerja, dan memiliki kemanfaatan sosial dan ekonomi bagi masyarakat luas.

"Ia juga dituntut lebih mampu untuk mendorong beragam jenis kolaborasi antara mereka dengan kalangan industry dan juga masyarakat. Di sini Nadiem perlu menunjukkan kepada publik inovasi paradigma apa saja yang dia miliki dalam mengelola bidang pendidikan dan kebudayaan dan juga bidang riset dan teknologi khususnya di kalangan para pimpinan dan pengajar di perguruan tinggi di Indonesia," paparnya.


"Di sini, Nadiem, bisa menunjuk sejumlah staf ahli dan staf khusus yang memang memiliki kompetensi bagus untuk memaksimalkan capaian-capaian tersebut," sambung dia.

Sumber: okezone

3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

3 Hal Menarik Warnai Reshuffle Kabinet Kali Ini

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya