0
Thumbs Up
Thumbs Down

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

Republika Online
Republika Online - Sun, 23 Jun 2019 18:11
Dilihat: 89
40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

BANDUNG--Sebanyak 40 finalis Duta Bahasa Jawa Barat, unjuk bakat pada malam Bakat yang digelar di Saung Angklung Udjo, Sabtu malam (22/6). ''Unjuk Bakat para finalis ini merupakan salah satu unsur penilaian kami,'' tandas Ketua Panitia Duta Bahasa Jabar 2019, Ade Mulyanah dalam sambutannya di acara tersebut. Dikatakan Ade, untuk tahun ini, yang mendaftar pada pemilihan Duta Bahasa Jawa Barat sejumlah 411 orang. Kemudian setelah diseleksi, menjadi 102 orang dan diseleksi lagi, terpilih 40 orang finalis. Selanjutnya, 40 finalis ini akan mendapatkan pembekalan pada 24 serta 25 Juni 2019. Malam final akan digelar pada 27 Juni 2019.

Ade berharap bahwa orang yang nantinya terpilih menjadi Duta Bahasa Jawa Barat 2019 harus berwawasan luas, menguasai bahasa Indonesia yang baik dan benar, memiliki pengetahuan tentang kebudayaan Jawa Barat, berkepribadian baik dan berpenampilan menarik. Serta harus menguasai minimal satu bahasa asing dan salah satu bahasa daerah di Jawa Barat.

Ketua Panitia Duta Bahasa Jawa Barat 2019, Ade Mulyanah saat memberikan materi pada Seleksi Tahap II.

Duta Bahasa harus tetap memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa daerah sebagai jati diri bangsa. ''Selain harus mahir berbahasa Indonesia, Duta Bahasa harus menguasai bahasa daerah dan bahasa asing karena itu merupakan identitas bangsa dan alat komunikasi sebagai warga dunia,'' kata Ade.

Pada kesempatan yang sama, Kasubbag TU Balai Bahasa Jawa Barat, Ardianto Bahtiar mengungkapkan bahwa kegiatan pemilihan Duta Bahasa ini merupakan hadirnya negara dalam rangka meningkatkan dunia literasi dan budaya dari berbagai sisi. Sedangkan Dirut Saung Angkung Udjo, Taufik Hidayat Udjo mengaku bangga, setiap tahun diselenggarakan kegiatan Duta Bahasa Jabar, dan salah satu kegiatan diselenggarakan di Saung Angklung Udjo.

Pada Malam Bakat tersebut, masing-masing finalis menampilkan bakat dan ketrampilan masing-masing. Antara lain ada yang menyanyi, membaca puisi serta menari. Sebanyak 40 finalis ini berasal kabupaten atau kota yang ada di Jawa Barat. Antara lain merupakan mahasiswa atau mahasiswi dari STBA Yapari-ABA Bandung, UPI, STIH, UI serta Unpad.

Dubas Jabar pertama kali diselenggarakan oleh Balai Bahasa Jabar pada tahun 2006. Seleksi Dubas Jabar memang selalu diminati oleh para remaja di Jawa Barat dan peminatnya dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasarkan catatan panitia, para remaja yang mendaftar untuk diseleksi dalam ajang pemilihan Duta Bahasa Jabar dalam tiga tahun terakhir mencapai 1.109 orang dengan rincian 201 orang tahun 2016, 396 orang (2017), dan 512 orang (2018).

Dalam seleksi pemilihan Dubas Jabar 2019, kriteria yang harus dipenuhi peserta adalah Berusia 17-25 tahun, menguasai bahasa Indonesia, salah satu bahasa daerah di Jawa Barat dan minimal satu bahasa asing. Juga berkepribadian baik dan memiliki ketrampilan yang dapat dipertunjukkan atau menguasai kesenian Jawa Barat.


Berita Terkait
  • Pemprov Jabar Beri Bantuan Rp 30 sampai 50 M untuk Cimahi
  • Program Jantung Desa Jabar, Bangun 20 Jembatan Gantung
  • Emil Ingin Kafe di Jabar Hadirkan Kopi Asal Jabar
Berita Lainnya
  • Restorasi Masjid Tua di Turki Berumur 7 Ratus Tahun Rampung
  • Hormati MU, Lukaku tak Memaksa Minta Dijual ke Inter

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

40 Finalis Duta Bahasa Jabar Unjuk Bakat

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya