0
Thumbs Up
Thumbs Down

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

Nusabali
Nusabali - Wed, 20 Nov 2019 09:50
Dilihat: 34
40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019DENPASAR,
Kepala Seksi Pengembangan TKM, Widi Wijanarko mengatakan, puluhan kelompok usaha ini berasal dari seluruh Indonesia, lima kelompok diantaranya berasal dari Bali. Salah satunya, adalah Nyoman Budiarta yang tergabung dalam Yayasan Cahaya Mutiara Ubud. Budiarta yang penyandang difabel ini pamerkan usaha galerinya.

Widi menuturkan, expo ini merupakan tahapan ketiga dari pemberdayaan TKM. Mulanya, kelompok usaha ini diberi bantuan saran usaha dan pembekalan.

Hal tersebut meliputi saran apa saja yang bisa dikerjakan di daerah masing-masing. Kemudian diberi bantuan fasilitas apa saja yang dibutuhkan untuk mengerjakan produk tersebut. "Setelah diberdayakan dan ada hasilnya kita tingkatkan Bimtek kelembagaan dengan membentuk kelompok. Kita minta bukti produk mereka. Kemudian produknya dipamerkan di expo ini," katanya di sela-sela acara, Selasa (19/11).

Dijelaskan, kelompok TKM binaan Kemenaker pada tahun 2019 mencapai 1.600 kelompok, meningkat dari sebelumnya pada tahun 2018 sekitar 800 kelompok. "Program tenaga kerja mandiri merupakan salah satu program unggulan Kementerian Tenaga Kerja untuk memperluas kesempatan kerja bagi tenaga kerja formal dan informal. Jadi, untuk memberdayakan masyarakat yang menganggur agar mendapat pekerjaan dengan cara wisarusaha," jelas Widi.

Direktur Pengembangan Perluasan Tenaga Kerja, Indyah Winasih memgatakan, kegiatan TKM Expo 2019 bertujuan untuk mendukung bahkan melakukan pendampingan terhadap kelompok-kelompok usaha dari manajemen hingga pemasaran. "Jadi kita ada tiga tahapan dalam hal ini. Tahapan pertama mereka diberi bantuan saran dan usaha dan pembekalan di daerah masing-masing. Kedua kita berikan Bimtek peningkatan kelembagaan, di tahap kedua ini perwakilan dari mereka kita undang untuk diberikan bimtek lanjutan. Ketiga kita minta bukti produk mereka, kalau produk mereka berkembang kita pamerkan dalam kegiatan expo ini," jelasnya.

Rencananya TKM Expo juga akan dihadiri oleh Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Ida Fauziah pada Kamis (20/11).

Sementara itu, Nyoman Budiarta, salah satu binaan TKM yang mengikuti expo ini mengaku sangat bersyukur menjadi bagiannya. Dia pun berharap ke depan yayasannya terus mendapat dulungan dari pemerintah. "Kami diikutkan ambil bagian dari kegiatan TKM ini karena usaha galeri yang sudah memiliki tempat tersendiri di masyarakat. Kami sangat bersyukur bisa ikut disini, apalagi besok akan ada menteri, semoga usaha galeri kita ini bisa terus didukung oleh pemerintah pusat ataupun provinsi," ujarnya. *isu
Sumber: Nusabali

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

40 Kelompok Usaha Ikuti TKM Expo 2019

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya