0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

okezone
okezone - Sat, 23 May 2020 06:04
Dilihat: 39
5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memberi tugas khusus kepada para Direktur Utama BUMN untuk membuat task force menyikapi new normal di tengah pandemi virus corona. Maksudnya, setiap BUMN menyiapkan skema kerja baru dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Setelah task force dibentuk, Erick meminta para Dirut untuk memonitoring dan mengevaluasi jika kembali perubahan-perubahan di tengah pandemi virus corona.

Okezone pun merangkum fakta-fakta terkait kesiapan BUMN menyikapi new normal Covid-19, Sabtu (23/5/2020):

1. Skenario New Normal BUMN

Erick meminta para Dirut untuk membuat task force penanganan Covid-19. Hal ini dilakukan dalam rangka mengantisipasi secara lebih dini skenario the new normal pada BUMN.

"Kami minta saudara (Dirut BUMN) untuk setiap BUMN wajib membentuk Task Force Penanganan Covid-19 dengan fokus perhatian saat ini khususnya pada melakukan antisipasi skenario the new normal," tulis Erick dalam Surat Edaran Nomor S-336/MBU/05/2020.

2. Apa Fungsi Task Force

Setiap task force penanganan Covid-19 BUMN segera menyusun timeline pelaksanaan skenario the new normal. Bisa berpedoman pada kebijakan Kementerian BUMN, komando Kementerian/Lembaga terkait (khususnya Badan Nasional Penanggulangan Bencana dan Kementerian Kesehatan) serta keunikan masing-masing klaster/sektor dan/atau daerah.

Dirinya juga meminta para Dirut BUMN untuk monitoring dan evaluasi atas pelaksanaan skenario the new normal di masing-masing BUMN.

"Ini tanggung jawab Direktur Utama dan agar dilaporkan secara berkala kepada Wakil Menteri BUMN terkait," ujarnya.

3. Fase New Normal BUMN

Dalam Surat edaran bernomor surat edaran Nomor S-336/MBU/05/2020 tentang Antisipasi Skenario The New Normal Badan Usaha Milik Negara, dijelaskan lima tahap skenario menghadapi fase the new normal tersebut.

Di mana tahap I sebagai fase persiapan yang akan dimulai pada 25 Mei 2020, tahap II pada 1 Juni 2020, tahap III pada 8 Juni 2020, tahap IV pada 29 Juni 2020, dan tahap V pada 13 dan 20 Juli 2020 sebagai tahap evaluasi.

Deputi SDM, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Alex Denni mengatakan, surat edaran tersebut merupakan imbauan kepada perusahaan BUMN untuk menyiapkan protokol untuk menghadapi kondisi new normal. Kondisi new normal merupakan situasi di mana masyarakat atau perusahaan sudah bisa beroperasi seperti biasa namun dengan pola kerja yang berbeda.


Misalnya saja dalam pola rapat perusahaan. Biasanya, untuk rapat-rapat perusahaan dilakukan di luar seperti restoran, kafe hingga hotel, namun dengan adanya kondisi new normal ini menjadi berubah.

Sumber: okezone

5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

5 Fakta New Normal BUMN, Seluruh Bisnis Berubah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya