0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

covesia
covesia - Mon, 26 Sep 2022 17:43
Dilihat: 69
5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

Covesia.com - Sumatera Barat (Sumbar) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki keunikan dan ciri khas tersendiri.

Sumbar memiliki keindahan alam yang indah. Selain alam, Sumbar juga kaya akan kuliner khas yang terkenal lezat. Tidak hanya itu, adat dan budaya serta etnisnyang ada di Sumbar menambah kesemarakan daerah Sumbar.

Sebagai salah satu provinsi terkemuka, Sumbar menyimpan banyak kebanggaan yang membuatnya mendunia.

Berikut 5 kebanggan Sumbar yang mendunia

1. Makanan Terenak di Dunia

Siapa yang tidak mengenal rendang? Makanan khas Minangkabau ini menjadi makanan yang umumnya diminati oleh semua orang. Rendang sangat cocok dimakan dengan nasi putih hangat, lalapan pucuk ubi, sayur nangka, dan sambal hijau.

Berdasarkan survei CNN Internasional pada 2011, rendang menduduki peringkat pertama dalam World's 50 Delicious Food. Dalam survei tersebut, rendang mengalahkan berbagai makanan dari negara-negara lain, seperti sushi dari Jepang, pad thai dari Thailand, hingga peking duck dari China.

2. Tempat Surving Terbaik Di Dunia

Kepulauan Mentawai terkenal sebagai surganya para perselanjar. Kepulauan yang terdiri dari 4 pulau kecil yaitu banyak memiliki "Spot Surfing" terbaik idaman para peselancar dunia yang disebut-sebut sebagai surganya dunia surfing ketiga setelah Hawaii dan Tahiti.

Hal ini dikarenakan ombak di Kepulauan Mentawai bisa mencapai tinggi 7 meter sehingga Surfing Magazine yang berbasis di Australia menobatkan Kepulauan Mentawai masuk 10 Besar Tempat Surfing Terbaik di Dunia.

3. Tato Tertua di Dunia

Salah satu tradisi terkenal dari Suku Mentawai adalah Titi atau Tato Mentawai. Tato ini diukir di atas tubuh para anggota suku tersebut. Hebatnya, Tato Mentawai merupakan seni rajah tertua yang ada di dunia.

Tato memiliki makna filosofis mendalam bagi masyarakat Suku Mentawai. Ada beragam motif yang dilukiskan pada tubuh mereka. Fungsi dan makna tato bagi Suku Mentawai yakni untuk menunjukkan jati diri dan menunujukkan perbedaan status sosial atau profesi.

4. Masyarakat Matrelinial Terbesar di dunia

Kebudayaan adat Minangkabau menetapkan keturunan mengambil garis keturunan ibu yang disebut dengan matrelinial. Melansir Town and Country, dari tahun 2017 hingga saat ini Minangkabau masih merupakan masyarakat matrilineal terbesar di dunia.

Adat Minangkabau mengungkap bahwa perempuan memegang peranan penting dalam kehidupan masyarakat dan domestik. Hal ini menjadi keunikan dan keistimewaan perempuan Minangkabau.

5. Desa Terindah di Dunia

Pariangan merupakan sebuah pemukiman tradisional Minangkabau. Letaknya di Tanah Datar, Sumatera Barat.

Daya tarik utama desa ini adalah arsitektur rumah-rumahnya yang masih konvensional. Selain itu sawah-sawah yang berjejer dan dikelilingi oleh perbukitan menambah keindahan desa ini.

Desa ini juga memiliki masjid bersejarah yang menjadi atraksi tersendiri bagi wisatawan domestik maupun asing yang berkunjung ke Pariangan.


(*)

Sumber: covesia

5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

5 Kebanggaan Sumbar yang Mendunia

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya