0
Thumbs Up
Thumbs Down

5 Makanan Pendongkrak Volume ASI, Bunda Wajib Tahu!

genpi
genpi - Tue, 15 Jun 2021 23:50
Dilihat: 31

GenPI.co - Pemberian ASI eksklusif selama 6 (enam) bulan pertama dan dilanjutkan hingga 2 (dua) tahun, sangat direkomendasikan untuk pertumbuhan si kecil.

Para orang tua pun kini sudah sangat peduli terhadap nutrisi untuk buah hatinya, terutama sang Bunda. Untuk mendapatkan ASI yang berkualitas, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang mereka suka, selama memenuhi kualitas gizi dan tak berpengaruh buruk ke kesehatan.

Di bawah ini terdapat 7 makanan yang bisa meningkatkan kualitas ASI seperti dihimpun berbagai sumber. Apa saja?

1. Ikan Salmon

Tahukah Bunda? Makanan untuk meningkatkan kualitas ASI bisa didapat dari panganan jenis ikan-ikanan, lho. Namun, untuk membuat ASI berkualitas dan kental, jenis ikan yang paling baik adalah ikan salmon.

Ikan salmon memiliki kandungan omega - 3 berjenis EPA (Eicosapentaenoic acid) dan DHA (Docosahexaenoic acid).

Nah, DHA ini sangat bagus bagi perkembangan saraf dan meningkatkan kecerdasan sang bayi, sedangkan EPA baik untuk jantung dan pembentukan sel darah.

Namun, pastikan Bunda memasak ikan salmon hingga matang, karena untuk mengantisipasi adanya kuman penyakit di makanan sehat untuk ibu menyusui satu ini.

2. Susu Kedelai

Saat ini, masih banyak banget Bunda yang memilih susu rendah lemak. Susu rendah lemak memang termasuk salah satu makanan sehat untuk ibu menyusui. Namun, untuk memperkaya nutrisi Bunda bisa mengombinasikannya dengan susu soya atau susu kedelai.

Susu kedelai ini sangat bermanfaat bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi alergi pada bayi. Selain itu, susu kedelai mengandung lesithin, antioksidan, saponin, dan juga isoflavon yang merupakan kandungan zat untuk pencegahan pertumbuhan sel yang nggak normal.

3. Daging Sapi Tanpa Lemak

Untuk Bunda yang suka makan steak sapi, makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi selama periode menyusui, lho. Tetapi, akan lebih baik jika Bunda mengkonsumsi daging sapi non-lemak.

Hal ini dikarenakan daging sapi non lemak mengandung banyak zat besi. Zat besi pada makanan untuk ibu menyusui ini sangat diperlukan oleh Bunda guna menambah energi yang terkuras pasca melahirkan dan menyusui.

4. Beras Merah

Makanan untuk ibu menyusui selanjutnya adalah beras merah. Beras merah mengandung senyawa galaktogogus yang baik untuk melancarkan ASI. Beras merah juga akan membantu proses pemulihan pasca melahirkan.

Selain itu, beras merah juga membantu meningkatkan nafsu makan dan menjada kadar gila dalam darah Bunda, lho.

Yang paling penting, makanan untuk ibu menyusui satu ini juga mengandung banyak senyawa yang akan meningkatkan kualitas ASI, lho. Saat si kecil sudah bisa mengonsumsi makanan selain ASI, beras merah juga bisa menjadi makanan pendamping ASI yang baik buat bayi.

5. Jeruk dan Sayuran

Buah-buahan merupakan bahan makanan yang kaya akan vitamin. Tentu pada masa menyusui Bunda memerlukan banyak asupan vitamin, khususnya vitamin C. Bahkan, faktanya vitamin C lebih dibutuhkan oleh Bunda saat menyusui dibanding saat hamil lho.

Jadi, untuk meningkatkan kualitas ASI, Bunda bisa menambah konsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, kiwi, nanas, mangga, dan sejenisnya.

Sedangkan, kalau sayuran, sudah jelas bermanfaat bagi nutrisi dan pencernaan buah hati. Sayur-sayuran yang bisa dimanfaatkan sebagai makanan sehat untuk ibu menyusui antara lain adalah bayam, jangung, dan juga kentang.(*)

Simak video berikut ini:

Sumber: genpi

5 Makanan Pendongkrak Volume ASI, Bunda Wajib Tahu!

5 Makanan Pendongkrak Volume ASI, Bunda Wajib Tahu!

5 Makanan Pendongkrak Volume ASI, Bunda Wajib Tahu!

5 Makanan Pendongkrak Volume ASI, Bunda Wajib Tahu!

5 Makanan Pendongkrak Volume ASI, Bunda Wajib Tahu!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya