0
Thumbs Up
Thumbs Down

5G apik di kawasan PIK

Indotelko
Indotelko - Wed, 22 Sep 2021 09:23
Dilihat: 51
5G apik di kawasan PIK
JAKARTA (IndoTelko) - Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) menjadi salah satu area yang sudah ditebar sinyal 5G Telkomsel. Tak tanggung-tanggung, Telkomsel menebar sinyal generasi ke-5 ini di beberapa titik di kawasan pinggir pantai yang terdiri dari perumahan, perkantoran, dan pasar sejak pertama kali diluncurkan secara komersil.
Ada 2 spot 5G yang bisa dirasakan pelanggan Telkomsel bila berkunjung ke kawasan PIK. Selain di titik keramaian Sedayu Indo City, Telkomsel pun menebar 5G di sepanjang area Fresh Market. Khusus kawasan Fresh Market, boleh jadi Telkomsel mematok spot di kawasan ini lebih dari satu titik. Terbukti, sinyal 5G nya bisa ditangkap hingga ke seberang jalan pasar segar kebanggan warga PIK ini.
Bagi pelanggan Telkomsel yang areanya sudah dijangkau sinyal 5G, bisa langsung mengakses jaringan tersebut tanpa perlu mengganti kartu SIM, asalkan sudah memakai tipe USIM atau 4G. Diperkirakan, kecepatan akses data 5G Telkomsel ini mencapai 750 Mbps.
Sayangnya, untuk sementara tidak semua ponsel 5G yang beredar di Indonesia bisa tersambung ke jaringan 5G Telkomsel. Hanya tipe-tipe tertentu saja yang mampu mendeteksi sinyal 5G terutama yang mendukung penggunaan pita frekuensi 2.300 MHz (band n40).
Akses super
Penasaran dengan kecepatan akses jaringan 5G Telkomsel di kawasan Pantai Indah Kapuk, tim IndoTelko pun bergerak menuju kawasan yang dekat dengan pantai utara Ibukota ini. Seberapa apik kekuatan 5G Telkomsel di PIK ini?
Pengukuran dan uji coba kami lakukan di kawasan Fresh Market. Dipilihnya kawasan ini karena di area ini lah jaringan 5G Telkomsel dapat ditangkap dari ujung sebelah kiri Fresh Market hingga ujung sebelah kanan, bahkan seberang jalan. Bagaimana kekuatannya?
Pengujian pertama kami lakukan menggunakan aplikasi nPerf. Proses uji meliputi browser, streaming, download, dan lain sebagainya. Hasilnya, kekuatan unduh yang bisa dicapai sebesar 228,11 Mbps, upload 62,87 Mbps, dan latency 11 ms. Total ponin dalam pengujuan ini sebesar 126.608 nPoints.
Pengujian kedua menggunakan aplikasi SpeedTest. Pengujian pertama dengan aplikasi ini menghasilkan kekuatan unduh sebesar 198 Mbps, upload 47,5 Mbps, dengan ping 8 ms. Selanjutnya pengujian kedua, menghasilkan kekuatan unduh yang lebih baik dari pengujian pertama. Kekuatan unduhnya mencapai 205 Mbps, upload 52,4 Mbps, dan ping 9 ms.
Kami pun penasaran ingin mengetahui perbandingan kecepatan akses 5G Telkomsel dengan 4G Telkomsel di kawasan ini. Apakah perbedaannya sangat signifikan, atau justru tidak begitu berbeda. Pengujian keduanya kami lakukan menggunakan aplikasi nPerf dan juga SpeedTest.
Sinyal 5G yang kami dapat sangat sempurna alias full bar, sementara sinyal 4G nya pun tak kalah gahar. Indikator sinyal di ponsel 4G yang kami gunakan mencapai indikator 4G+ alias LTE A (advanced). Hasilnya, kekuatan unduh sinyal 4G+ nya 43,65 Mbps, upload 32,18 Mbps, latency 45 ms, dan skor akhir di angka 62.318 nPoints. Sedangkan kekuatan unduh 5G Telkomsel pada perbandingan pengujian dengan 4G adalah mencapai 230 Mbps untuk download nya, upload di angka 60,93 Mbps, dengan latency 10 ms, dan sor akhir mencapai angka 132.916 nPoints.
Selanjutnya pengukuran perbandingan kekuatan 4G dan 5G juga kami lakukan dengan aplikasi SpeedTest. Hasilnya pun tak begitu berbeda dengan pengujian sebelumnya dengan nPerf. Kekuatan unduh 4G mencapai 6,47 Mbps, upload 13,8 dengan ping 31 ms. Sedangkan kekuatan 5G nya, unduh mencapai angka 232 Mbps, upload 53,3 Mbps, dan ping 9 ms.
Secara umum, setelah melakukan uji coba kekuatan 5G Telkomsel di kawasan ini, kami menyimpulkan bahwa kekuatan akses 5G Telkomsel di PIK ini stabil dan sangat direkomendasikan untuk dinikmati pelanggan Telkomsel. (sg)
Proses pengujian :

Read More...

Sumber: Indotelko

5G apik di kawasan PIK

5G apik di kawasan PIK

5G apik di kawasan PIK

5G apik di kawasan PIK

5G apik di kawasan PIK

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya