0
Thumbs Up
Thumbs Down

6 Fakta Terbaru Pembunuhan Pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua

okezone
okezone - Tue, 11 Dec 2018 05:30
Dilihat: 523

JAKARTA - Petugas gabungan TNI-Polri terus melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Sebanyak lima korban tewas yang merupakan karyawan PT Istaka Karya juga dikabarkan dibawa oleh kelompok separatis itu ke pegunungan.

Sebelumnya, Satgas TNI-Polri pada Minggu, 9 Desember 2018 diberitakan telah berhasil merebut Distrik Yigi dan Kabupaten Nduga dari kelompok KKB, kini Satgas gabungan TNI-Polri terus mencari lima korban yang hilang dan memburu KKB di Papua.

Diketahui dari data kepolisian setempat, total 28 orang pekerja jembatan dari PT Istaka Karya mendapat kekerasan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Distrik Yigi, Nduga, Papua.

Berikut Okezone berhasil merangkum sejumlah fakta terbaru terkait pembunuhan pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua.

(Baca juga: Saat Pembantaian di Papua, Banyak Pekerja yang Kabur ke Hutan)

1. 16 Jenazah Korban KKB Telah Dievakuasi

Pada Jumat, 7 Desember 2018, sebanyak 16 jenazah pekerja jembatan PT Istaka Karya korban pembantaian KKB di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga telah di evakuasi oleh Satgas gabungan TNI-Polri.

Kabarnya 16 Jenazah tersebut telah di evakuasi ke Timikia, Kabupaten Mimika, Papua. Jenazah korban pembantaian KKB beserta keluarga korban yang ada di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, diterbangkan ke Timika menggunakan pesawat milik TNI.

2. Satu Jenazah Korban KKB di Temukan Dalam Hutan

Pada Minggu, 9 Desember 2018, sekira pukul 13.00 WIT, Satgas gabungan TNI-Polri kembali menemukan satu jenazah yang diyakini korban pembunuhan KKB di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua.

Tim yang dipimpin oleh Kombes Yeremias Rontini itu menemukan jenazah tersebut di dalam hutan sekira 1 kilometer dari lokasi penemuan 16 jasad korban sebelumnya di sekitar bukit Puncak Kabo.

Kondisi jasad korban saat itu ditemukan sudah mulai rusak atau membusuk, dengan ciri-ciri berkelamin laki-laki, berambut panjang dan menggunakan celana panjang warna putih. Jasad berkelamin laki-laki tersebut belum terindentifikasi identitasnya.

Saat ini, Jenazah telah tiba di Lapangan Batalyon 756/Wms dan selanjuntya akan dibawa ke RSUD Wamena untuk di identifikasi oleh tim medis.

(Baca juga: Polda Papua Minta Semua Pihak Tak asal Bicara soal Korban KKB)

3. Ditemukan Tiga Pekerja dalam Kondisi Selamat

Pada hari yang sama, Minggu 9 Desember 2018, Satgas TNI-Polri telah menemukan tiga pekerja balai desa yang sebelumnya menyelamatkan diri saat mendengar akan ada sweeping oleh KKB pasca-pembunuhan terhadap para pekerja jembatan Trans Papua di Kabupaten Nduga.

Mereka ditemukan dalam kondisi selamat di Distrik Yigi, Nduga, saat pasukan gabungan sedang mencari para pekerja korban KKB yang masih hilang. Ketiga orang yang ditemukan adalah Petrus Tondi (42), Toding Allo (20), Saputra (26).

Mereka sebelumnya diduga lari ke hutan untuk menyelamatkan diri karena ada informasi bahwa akan ada sweeping oleh KKB terhadap pendatang. Ketiga pekerja tersebut dikabarkan dalam kondisi sehat.

4. 5 Korban Tewas Dibawa KKB Papua ke Pegunungan

Sebanyak lima korban tewas yang merupakan karyawan PT Istaka Karya itu dikabarkan dibawa oleh kelompok separatis atau KKB ke pegunungan. Saat ini, petugas gabungan TNI-Polri masih terus melakukan pengejaran terhadap KKB di Papua.

Kadiv Humas Polri, Brigjen Pol M. Iqbal, di Semarang, pada Minggu, 9 Desember 2018 mengatakan, bahwa dari berbagai keterangan saksi yang masih hidup, lima orang tersebut diduga tewas dan dibawa KKB ke pegunungan. Dia memastikan, TNI-Polri akan berkomitmen terus mencari jenazah kelima korban tersebut hingga ditemukan.

Saat ini, TNI-Polri di bawah pimpinan Pangdam dan Kapolda Papua fokus untuk mencari lima orang yang diduga tewas akibat penembakan tersebut dan dibawa ke pegunungan.

5. TNI-Polri Telah Menguasai Distrik Yigi dan Mbua

Personel gabungan TNI-Polri telah berhasil menguasai Distrik Yigi dan Kabupaten Nduga, yang menjadi lokasi pembantaian Trans Papua dan rute pergerakan kelompok separatis bersenjata tersebut.

"Alhamdulillah TNI-Polri sangat profesional di bidang itu, kita dapat pukul mundur (KKB). Distrik Yigi dan Kabupaten Nduga sudah bisa kita kuasai," kata Kadiv Humas Polri, Brigjen M. Iqbal di sela peresmian Klinik Kesehatan Pratama Akpol Semarang, Minggu, 9 Desember 2018.

Meski demikian, Brigjen M. Iqbal, belum bisa memastikan dimana titik lokasi persembunyian KKB Saat ini. "Belum bisa pastikan, tapi yang jelas di bukit itu sudah clear. Tapi bisa saja di situ kan banyak bukit-bukit dan pegunungan-pegunungan," terangnya.

6. Satgas TNI-Polri Masih Mencari Sisa Jenazah Korban

Pagi tadi, Senin 10 Desember 2018, sekira 40 personel TNI-Polri melanjutkan pecarian terhadap karyawan PT Istaka Karya yang masih hilang sekaligus mengejar KKB di Puncak Kabo, Distrik Dal, Nduga, Papua.


TNI-Polri berkomitmen untuk terus mencari jenazah kelima korban tersebut hingga ditemukan. Selain itu petugas juga akan terus mengejar KKB hingga ke tempat persembunyian terakhir untuk digiring ke meja hukum untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Sumber: okezone

6 Fakta Terbaru Pembunuhan Pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua

6 Fakta Terbaru Pembunuhan Pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua

6 Fakta Terbaru Pembunuhan Pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua

6 Fakta Terbaru Pembunuhan Pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua

6 Fakta Terbaru Pembunuhan Pekerja PT Istaka Karya oleh KKB di Papua

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya