0
Thumbs Up
Thumbs Down

6 Prioritas Ini Antarkan RI Jadi 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 13 Sep 2019 12:27
Dilihat: 22
Jakarta

Pemerintah Indonesia harus fokus pada optimalisasi dan peningkatan kualitas enam hal fundamental untuk mewujudkan cita-cita sebagai negara berpendapatan tinggi, bahkan masuk dalam lima negara dengan ekonomi terbesar di 2045.

Enam hal tersebut ialah infrastruktur, sumber daya manusia (SDM), teknologi, birokrasi, tata ruang wilayah, dan pendalaman sektor keuangan (inclusivism).

"Isu-isu fundamental bagi kita ada enam hal; infrastruktur, SDM, kemampuan mengadopsi dan mengadaptasi teknologi termasuk meng-create inovasi, birokrasi pemerintahan, tata ruang wilayah dan sumber daya ekonomi dan keuangan," kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati, seperti dikutip dari laman Kemenkeu, Jumat (13/9/2019).

Baca Juga: Ekonomi Stabil, Indonesia Undang Investor Jepang Tanam Duit di RI

Menurut Sri, seluruh visi (Indonesia masuk dalam lima negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada 2045) tidak mungkin terjadi dengan sendirinya. Indonesia harus mampu menggunakan kesempatan dan SDM yang ada untuk menjalankan isu-isu fundamental yang penting, tidak hanya saat ini, tapi juga ke depan.

Namun, optimalisasi enam hal tersebut tidak menjamin Indonesia terbebas dari ancaman krisis ekonomi. Sri mencontohkan Korea Selatan seperti Indonesia sempat sama-sama mengalami krisis ekonomi pada 1997-1998, namun negara tersebut cepat kembali pada jalur yang tepat sehingga pemulihan ekonominya jauh lebih cepat dari rata-rata negara lain yang mengalami krisis ekonomi saat itu.

"Kita semua ingat Korea (Selatan) bersama kita mengalami krisis ekonomi 97-98. Dalam perjalanan menuju vision tidak ada guarantee bahwa everything is gonna be smooth, fine, and safe. There is always a dynamic yang harus kita waspadai," kata dia.

Baca Juga: Wow! Riset Membuktikan Indonesia Siap Terapkan Teknologi Omnichannel

Namun, dia menekankan, fokus pada hal-hal fundamental tersebut akan membuat Indonesia memiliki kemampuan daya tahan dan keuletan dalam menghadapi berbagai goncangan, baik dari dalam maupun luar negeri menuju pencapaian visi 2045 tersebut.

Karenanya dia menegaskan perlunya strategi dan kebijakan yang tepat dalam memperbaiki enam hal yang fundamental secara berkesinambungan. Apabila pemerintah bekerja sama dengan stakeholders terkait sukses dalam meningkatkan enam hal fundamental di atas rata-rata negara lain, maka impian Indonesia untuk menjadi negara berpenghasilan tinggi dan menjadi salah satu dari lima negara dengan ekonomi terbesar pada 2045 bukan tidak mungkin akan tercapai.

Penulis: Redaksi

Editor: Rosmayanti


Foto: Sigid Kurniawan

Sumber: wartaekonomi

6 Prioritas Ini Antarkan RI Jadi 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia

6 Prioritas Ini Antarkan RI Jadi 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia

6 Prioritas Ini Antarkan RI Jadi 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia

6 Prioritas Ini Antarkan RI Jadi 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia

6 Prioritas Ini Antarkan RI Jadi 5 Negara Ekonomi Terbesar di Dunia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya