0
Thumbs Up
Thumbs Down

7 Tradisi Unik Imlek di Indonesia

okezone
okezone - Sun, 19 Jan 2020 04:11
Dilihat: 32

JAKARTA - Perayaan Tahun Baru Imlek 2571 Kongzili tahun ini jatuh pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Di Indonesia sendiri, sejumlah tradisi unik dilakukan masyarakat dalam menyambut Tahun Baru Imlek setiap tahunnnya.

Untuk itu, Okezone merangkum sejumah tradisi unik yang dilakukan masyarakat Tionghoa dalam merayakan Tahun Baru Imlek dari berbagai sumber. Berikut rangkumannya;

1. Bersih-Bersih Rumah Sebelum Imlek


Tradisi bersih-bersih rumah dilakukan masyarakat tionghoa satu hari menjelang imlek. Hal tersebut dimaksudkan untuk membuang semua keburukan dan hal negatif yang akan menghambat keberuntungan. Selain itu, membersihkan rumah pada saat imlek dipercaya akan membuang keberuntungan pada tahun tersebut.

2. Berkumpul dan Makan Bersama Keluarga


Perayaan Tahun Baru Imlek menjadi momen berkumpul bersama keluarga. Tradisi ini menggambarkan rasa syukur kepada Tuhan dan berdoa agar rezeki bertambah di tahun baru. Di momen ini pula para keluarga bisa berkumpul dan berkomunikasi lebih dekat.

Dengan menyantap aneka hidangan khas Imlek yang ada di tengah meja. Beberapa makanan tradisional yang disuguhkan dan dipercaya akan membawa keberuntungan dalam menyambut hari istimewa itu. Beberapa makanan yang ada di perayaan Imlek anatara lain yu sheng, ikan, buah jeruk, mi goreng, kue keranjang dan kue lapis.

3. Tradisi Makan Yu Sheng


Yu Sheng merupakan salah satu menu khas Imlek yang tidak boleh terlewat. Indonesia mengadopsi makanan tersebut karena memiliki makna yang unik.

Yu Sheng merupakan makanan berbahan baku utama ikan dan sayuran yang diberi bumbu-bumbu seperti kayu manis, wijen, minyak ayam, lada putih dan saus plum. Setiap bahan makanan di Yu Sheng memiliki makna dan mewakili doa serta harapan dalam menjalani tahun berikutnya.


Sebelum menyantap Yu Sheng diharuskan menuang taburan bumbu dan saat proses pengadukan makanan juga harus diangkat setinggi mungkin. Proses itu menunjukkan doa dan rezeki yang akan diperoleh kedepannya, semakin berantakan hidangan Yu Sheng di atas meja maka kian sedikit keberuntungan yang di dapat di tahun berikutnya.

Sumber: okezone

7 Tradisi Unik Imlek di Indonesia

7 Tradisi Unik Imlek di Indonesia

7 Tradisi Unik Imlek di Indonesia

7 Tradisi Unik Imlek di Indonesia

7 Tradisi Unik Imlek di Indonesia

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya