0
Thumbs Up
Thumbs Down

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

Republika Online
Republika Online - Mon, 02 Aug 2021 23:53
Dilihat: 41
70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan, rencananya sebanyak 70 juta dosis vaksin Covid-19 akan didatangkan ke Indonesia selama periode Agustus 2021 hingga September 2021. Kemenkes menargetkan bisa vaksinasi utamanya di delapan wilayah aglomerasi Jawa-Bali yaitu 1,2 juta dosis per hari.

"Vaksinasi yang paling banyak (datang) Agustus dan September. Perkiraan kami sekitar 70 juta sudah pasti datang di Agustus dan September," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat konferensi virtual Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Senin (2/8) malam.

Dia menambahkan, Kemenkes melakukan vaksinasi berbasis risiko. Sehingga, setelah vaksin hadir, Kemenkes konsentrasi menyasar konsentrasi vaksinasi ke daerah yang kasusnya paling banyak dan kematiannya paling tinggi yaitu daerah Jawa-Bali khususnya daerah aglomerasi besar Jawa-Bali yaitu Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Solo Raya, Yogyakarta, Surabaya Raya, dan juga Malang Raya plus Bali.

Dia menambahkan, tujuh daerah ini adalah daerah yang tingkat kasus aktifnya paling banyak dan kematiannya paling tinggi. "Jadi, kami sasar duluan (vaksinasi delapan daerah aglomerasi Jawa-Bali) untuk dengan cepat mengurangi tekanan penularan dan tekanan kematian," ujarnya.

Sebab, dia menambahkan, capaian imunisasi Covid-19 di daerah tersebut sekarang hanya 382 ribu per hari dan ditargetkan harus meningkat jadi 1,2 juta per hari. Artinya ada kenaikan target vaksinasi sebanyak hampir empat kali lipat. Sehingga, dia mengakui beban vaksinasi Indonesia kedepannya akan sangat tinggi.

"Tugas (vaksinasi) selama Agustus dan September akan lebih berat. Oleh karena itu, kami berharap rekan-rekan bisa terus bekerja sama dengan TNI/polri, kepala daerah, kemudian semua civil society organisasi kemasyarakatan," katanya.

Budi optimistis semua pihak bisa bersama-sama melakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19. Sementara itu, terkait vaksin Covid-19 yang telah didatangkan ke Indonesia, Budi menyebutkan jumlah vaksin yang datang ke Tanah Air sebanyak 90 juta dosis vaksin selama kurun waktu Januari 2021 hingga Juli 2021. Kemudian, dia melanjutkan, Kemenkes telah menyelesaikan vaksin 90 juta dosis vaksin tersebut dalam waktu tujuh bulan atau cakupannya baru sekitar 22 persen.

"Jadi, kalau ada kekurangan vaksin di daerah, memang karena baru 22 persen (jangkauannya)," katanya.

Sehingga, pihaknya menargetkan 70 juta dosis yang datang bulan ini dan September mendatang bisa semakin mendekati target vaksinasi sebesar 80 persen.

Sejauh ini, Kemenkes mencatat total vaksin yang sudah pasti datang ke Indonesia sebanyak 258 juta dosis.

Jika 70 juta vaksin datang selama Agustus-September, kata dia, maka artinya stok vaksin yang diamankan sekitar 331 juta. Namun, pihaknya mencatat pemerintah Indonesia masih membutuhkan sekitar 70 juta dosis vaksin.


Berita Terkait
  • Covid-19 Tambah 472 Kasus di Lampung
  • Filipina Perpanjang Jam Malam Respons Naiknya Covid-19
  • Kejar Target Vaksinasi, Stok Vaksin di Yogyakarta Kurang
Berita Lainnya
  • Bupati Bogor Selaraskan Aturan Perpanjangan PPKM Level 4
  • BRI Salurkan KUR Hingga Rp 1 triliun di NTB

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

70 Juta Dosis Vaksin akan Tiba, Ini Skenario Pemerintah

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya