0
Thumbs Up
Thumbs Down

Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

Republika Online
Republika Online - Sat, 20 Jul 2019 00:27
Dilihat: 74
Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

MALANG -- Semburan abu vulkanis dari Gunung Bromo yang mengalami erupsi disertai lahar dingin pada Jumat (19.7) sore sekitar pukul 16.37 WIB, mengarah ke wilayah Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hujan abu tipis pun muncul.

Humas Taruna Siaga bencana (Tagana) Kabupaten Malang Ali Usman mengatakan bahwa pihaknya mencatat setidaknya ada dua wilayah di Kabupaten Malang terkena semburan abu vulkanik Gunung Bromo yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut. "Berdasarkan laporan awal ada hujan abu di Desa Gubuklakah, dan Dusun Drigu Poncokusumo," kata Ali.

Ali menambahkan, meskipun di dua wilayah di Kabupaten Malang tersebut terkena hujan abu vulkanis dari Gunung Bromo, volume abu masih bisa dikatakan tipis. Desa Gubuklakah terletak di wilayah Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang. Jaraknya terbentan kurang lebih berjarak kurang lebih 14,4 kilometer. Sementara Dusun Drigu Desa Poncokusumo Kabupaten Malang, memiliki jarak kurang lebih 20 kilometer.

Erupsi Gunung Bromo yang terjadi kurang lebih pukul 16.37 WIB tersebut, terjadi selama tujuh menit 14 detik. Erupsi tersebut terekam pada seismograf dengan amplitudo maksimum 37 milimeter.

Namun, tinggi kolom abu vulkanik Gunung Bromo hingga saat ini tidak bisa terdeteksi akibat cuaca di lokasi tertutup kabut pada saat terjadi erupsi. Saat ini status Gunung Bromo berada pada Level II (Waspada). Masyarakat sekitar serta wisatawan tidak diperbolehkan mendekat dengan radius satu kilometer dari kawah.

Cuaca di sekitar Gunung Bromo dilaporkan berawan, mendung, dan hujan dengan curah hujan 0,4 milimeter. Angin bertiup lemah ke arah Selatan, Barat Daya, dan Barat laut

Berdasar catatan, pada Maret 2019, Gunung Bromo juga sempat menyemburkan abu vulkanik tipis, dan menyebabkan hujan abu di wilayah Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo. Gunung Bromo merupakan gunung berapi aktif. dengan ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut, yang terletak di Jawa Timur, dan mempunyai kawah dengan garis tengah 800 meter dari arah utara ke selatan, serta 600 meter dari timur ke barat.

Gunung tersebut berada di empat wilayah, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.


Berita Terkait
  • Gunung Bromo Erupsi Disertai Lahar Dingin
  • Yadnya Kasada Promosikan Wisata Gunung Bromo
  • Populasi Tumbuhan Langka di Bromo Menurun
Berita Lainnya
  • Arsenal Sedikit Lagi Dapatkan Striker Brasil Everton Soares
  • Wisatawan Masih Gemar Panjat Batu Uluru Australia

Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

Abu Vulkanis Gunung Bromo Mengarah ke Malang

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya