0
Thumbs Up
Thumbs Down

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

Republika Online
Republika Online - Thu, 04 Jun 2020 12:51
Dilihat: 28
ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

JAKARTA -- Guna mendukung kebutuhan makan masyarakat selama Ramadhan dan pandemi Covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kalimantan Timur terus membagikan makanan gratis. Aksi ini sudah berlangsung sejak April lalu dan semakin digencarkan saat Ramadhan.

Untuk mendukung kegiatan ini, ACT Kaltim menggandeng berbagai komunitas lokal untuk berkolaborasi setiap Jumat. Melalui program Iftar Akbar pada beberapa waktu lalu, puncak Operasi Makan Gratis dilakukan dengan membagikan lebih dari 2.000 porsi.

"Alhamdulillah target kami yang tadinya hanya 2.020 porsi, untuk hari Jumat terakhir di Ramadan, bisa tembus hingga 2.500 porsi. Jika dikalkulasi sejak awal, total hampir 5.000 penerima manfaat yang merasakan program ini," ujar Koordinator Program MRI Kaltim, Alfa Siera, dikutip dari laman resmi ACT, Kamis (4/6).

Mewakili ACT, Alfa mengatakan merasa sangat bersyukur karena masyarakat Balikpapan sangat dermawan. Paket makanan yang diberikan berisi kudapan, nasi lengkap, dengan lauk sahur dan protein, air minum dan buah.

Kolaborasi antarkomunitas ini melibatkan beragam komunitas. Di antaranya; Sijum Balikpapan, Balikpapan Youth Spirit, Gerakan Kebaikan Balikpapan, Donasi Ceria, Let's Go Sedekah, Ikhtiar Bumi, Kurir Kebaikan, Gerakan Mukena Bersih, Gerakan Roti Syaban, dan Sedekah Seribu Sehari.

Operasi Makan Gratis ini juga ditujukan untuk berbagai segmen sosial. Mulai dari panti asuhan, pesantren, rumah tahfiz, petugas medis, guru mengaji, petugas SPBU, masyarakat prasejahtera, dan pekerja informal.

Program ini menjangkau masing-masing kecamatan di Balikpapan. Antara lain Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat, Balikpapan Kota, hingga Balikpapan Timur.

"Terima kasih banyak ACT, makanan gratis ini sangat meringankan kami apalagi sepulang kerja gini, jadi bisa menghemat semoga program-program seperti ini dapat terus ada dan bisa jadi inspirasi masyarakat banyak di luar sana," ucap petugas kebersihan di Kota Balikpapan, Asih.


Selain Operasi Makan Gratis, ACT Kaltim juga telah mendistribusikan lebih dari seribu paket pangan kepada masyarakat. Kini, serentak di seluruh cabang ACT program Sahabat Usaha Mikro Indonesia tengah digencarkan. Program ini ditujukan untuk para ibu rumah tangga yang menjadi tulang punggung keluarga dengan memiliki usaha menengah ke bawah.

Berita Terkait
  • ACT Bantu Modal Penyintas Bencana Sulteng Berwirausaha
  • ACT Aceh: Sedekah Modal Usaha Bangkitkan Ekonomi Mikro
  • ACT Maluku Santuni Anak Yatim di Desa Liang
Berita Lainnya
  • Gas Air Mata Dapat Timbulkan Cedera Serius
  • Din Sarankan Bunga Setoran Haji Diberikan ke Calhaj

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

ACT Kaltim Gandeng Komunitas Bagikan Makan Gratis

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya