0
Thumbs Up
Thumbs Down

ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

Republika Online
Republika Online - Mon, 17 Feb 2020 03:54
Dilihat: 159
ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

MAKASSAR -- Aksi Cepat Tanggap (ACT) telah mengirim bantuan masker tahap pertamanya ke tiga negara di Asia Tenggara yakni, Hong Kong, Singapura, dan Taiwan untuk mengantisipasi penularan virus baru corona (Covid-19).

"Yang mengirim itu kantor pusat, kami di ACT Sulsel dan ACT daerah lainnya di Indonesia hanya mengumpulkan donasi masyarakat lalu disatukan di kantor pusat. Selanjutnya, pusat akan mengadakan kebutuhannya yang akan dikirimkan," ujar Ketua ACT Sulsel Faizal Agunisman di Makassar, Ahad (16/2).

Ia mengatakan pengiriman masker ke tiga negara itu berdasarkan data dari BNP2TKI. Hong Kong, Taiwan, dan Singapura termasuk tiga dari empat negara dengan jumlah tenaga kerja asal Indonesia terbanyak.

Para TKI ini sangat membutuhkan perlindungan dari ancaman merebaknya virus corona. Terlebih, kelangkaan masker seketika tak terhindarkan di negara-negara tersebut. Antrean panjang para pencari masker dilaporkan masih terjadi di toko-toko farmasi di sana.

Faizal menyatakan semua donasi masyarakat dikumpulkan untuk membantu warga negara Indonesia yang bekerja di luar negeri, dan untuk kebutuhan masyarakat negara tujuan. Dia menjelaskan, ACT sebagai lembaga kemanusiaan global akan selalu hadir untuk memberikan bantuan dan manfaat kepada siapa saja, apalagi dengan adanya wabah virus corona saat ini.

"ACT adalah lembaga kemanusiaan global dan kami hadir untuk memberikan bantuan dan manfaat. Salah satu bantuan yang sangat dibutuhkan saat ini adalah masker untuk mengurangi penularan virus corona," katanya.

Tim Global Humanity Response (GHR)-ACT Sucita mengatakan ACT mengirimkan 1.610 kotak masker dengan keterangan 1.210 kotak ke Hong Kong, 300 kotak ke Taiwan, dan 100 kotak ke Singapura. Dia menyebutkan, ACT akan terus mengupayakan pencarian stok masker untuk warga negara Indonesia maupun masyarakat umum di Hong Kong, Makau, Singapura, dan Taiwan.

"Alhamdulillah, Ahad malam sudah kami kirim sebagai tahap pertama ke Hong Kong, Taiwan, dan Singapura. Insya Allah upaya pencarian stok untuk pengiriman selanjutnya masih terus kami lakukan agar bisa melayani lebih banyak lagi saudara-saudara kita," katanya.

Ia mengatakan, jumlah tersebut baru 65 persen dari total target masker yang dikirimkan, yaitu 2.500 kotak. Menurut Sucita, keadaan tersebut disebabkan harga masker yang naik hingga dua kali lipat dalam hitungan jam.


"ACT akan terus berikhtiar memberikan bantuan terbaik dalam mengantisipasi penularan Covid-19 ini," ucapnya.

Berita Terkait
  • Terima Kasih Natuna
  • Kematian Virus Corona Lampaui 1.600 Jiwa
  • Pastor Rusia Pimpin Doa untuk China
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

ACT Kirim Bantuan Masker ke Tiga Negara Asia Tenggara

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya