0
Thumbs Up
Thumbs Down

Akses Energi Gas Bumi PGN Kian Mengekor

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 17 Oct 2019 18:10
Dilihat: 21
Jakarta

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) terus berkomitmen memperkuat dan memperluas pemanfaatan gas bumi di Indonesia melalui pembangunan infrastruktur berbagai sektor salah satunya adalah jaringan gas (jargas) untuk rumah tangga berbagai daerah di Indonesia

Di Kabupaten Probolinggo dan Pasuruan Jatim misalkan yang kini sudah resmi dialari jargas PGN merupakan bukti nyata bahwa, perusahaan gas yang resmi menjadi holding gas ini dapat mengoptimalkan pemanfaatan infrastruktur dan pemenuhan gas bumi sebagai energi terbaik.

Daerah yang dipimpin Gubernur Khofifah Indar Parawansa ini, kini sudah tersambungan gas rumah tangga dengan terbagi menjadi 11 sektor yakni, di Kabupaten Probolinggo sebanyak 5 sektor dan selebihnya di Pasuruan.

"Ada 8.150 total sambungan rumah tangga dengan alokasi gas sesuai kebutuhan sebesar 0,2 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD) yang dipasok langsung dari Husky CNOOC Madura LTd," kata Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Migas, Djoko Siswanto di Probolinggo, Rabu (16/10/2019) kemarin.

Baca Juga: Bersama PGN, PTPP Mau Bangun 500 Ribu Jaringan Gas

Djoko mengungkapkan, bahwa pemanfaatan jargas berbagai daerah di Indonesia ini menjadi pusat perhatian pemerintah pusat yang tertuang di Perpres No. 6 Tahun 2019 tentang Penyediaan Dan Pendistribusian Gas Bumi Melalui Jaringan Transmisi dan/atau Distribusi Gas Bumi Untuk Rumah Tangga dan Pelanggan Kecil.

Untuk itu kata Djoko, dukungan Pemerintah Daerah (Pemda) terhadap pembangunan jargas ini sangat penting sekali mengingat pemanfaatan gas bumi Indonesia adalah Proyek Strategis Nasional.

Walaupun demikian lanjutnya, pembangunan infrastruktur yang dilakukan pemerintah pusat masih terdapat beberapa kendala non teknis seperti perizinan maupun permasalahan sosial yang terjadi pada saat pelaksanaan pembangunan akibatnya akan menghambat.

"Berdasarkan pengalaman selama ini, kalau pembangunan bisa lancar, maka semuanya (sambungan rumah) akan terbangun dengan baik. Untuk itu, dukungan Pemda sangat dibutuhkan oleh kami," bebernya.

Terkait pembangunan jargas Djoko menunturkan, bahwa pembangunan tersebut adalah bagian dalam Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) Tahun 2015-2030 mendatang . Hal itu, dapat memenuhi kebutuhan energi yang bersih, bersaing, ramah lingkungan dan efisien. Hingga saat ini melaksanakan pembangunan jargas sejak dilakukan tahun 2009 sampai dengan tahun 2018 dengan jumlah sambungan sebesar 325.852 Sambungan Rumah (SR) di 16 Provinsi meliputi 40 kabupaten/Kota.

Djoko menjelaskan, bahwa tahun 2020 nanti pemerintah akan membangun sebanyak 293.533 SR di 54 Kabupaten/Kota. Dari pembangunan jargas jumlahnya sangat besar jika dibandingkan hasil dibangun selama 2009 hingga 2018 yaitu sebanyak 325.852 SR di 16 Provinsi meliputi 40 Kabupaten/Kota.

"Jumlah ini sangat besar sekali jika dibandingkan jargas yang dibangun selama 10 tahun lalu Tahun 2020 nanti, cuma setahun tapi SR yang dibangun jumlahnya hampir sama dengan 10 tahun lalu," jelas Djoko

Sementara itu Bupati Probolinggo, Puput Tantriana Sari menyatakan, pihaknnya (Pemda) akan mempermudah perizinan dan mensupport langkah-langkah yang dilakukan PGN dalam jargas di Probolinggo mengingat kebutuhan pasokan gas sangat diperlukan oleh masyarakat.

"Kami terus mendukung PGN dan siap mensupportnya. Tidak hanya dari Pemda saja seluruh stakeholder di Probolinggo siap menerima jaringan gas baru ini," kata Puput.

Penulis: Mochamad Ali Topan

Editor: Vicky Fadil


Foto: Feny Selly

Sumber: wartaekonomi

Akses Energi Gas Bumi PGN Kian Mengekor

Akses Energi Gas Bumi PGN Kian Mengekor

Akses Energi Gas Bumi PGN Kian Mengekor

Akses Energi Gas Bumi PGN Kian Mengekor

Akses Energi Gas Bumi PGN Kian Mengekor

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya