0
Thumbs Up
Thumbs Down

Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

Republika Online
Republika Online - Mon, 17 Feb 2020 23:45
Dilihat: 32
Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

BANDUNG- Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum secara resmi meluncurkan program Ajengan Masuk Sekolah (AMS) bersamaan apel pagi yang dihadiri para guru dan siswa SMA Negeri 20 Kota Bandung, Senin (17/2L).

Kang Uu mengatakan program AMS bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai moral dan akhlak kepada siswa yang disampaikan langsung oleh ajengan alias guru agama atau kiai yang bersumber dari kitab kuning untuk menjadi tameng bagi generasi muda dari dampak buruk perkembangan zaman dan kemajuan teknologi.

"Kegiatan yang bernuansa keremajaan tidak dilarang, tetapi harapan kami ada kegiatan-kegiatan yang bersifat keagamaan yang meningkatkan iman dan takwa para peserta didik," kata Kang Uu.

Nantinya, program AMS ini akan disesuaikan dengan berbagai kegiatan dan kurikulum yang telah ada di sekolah-sekolah di Jabar. Adapun saat ini Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menunjuk 300 ajengan untuk terlibat dalam AMS.

Selain itu, program AMS juga merupakan bentuk implementasi salah satu program prioritas Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yakni meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) termasuk dengan memanfaatkan bonus demografi.

"Maka, program AMS ini akan memberi warna tersendiri dalam pendidikan karakter anak," kata Kang Uu.

"Saya berharap dengan program ini, siswa SMA dan SMK di Jawa Barat, selain mempunyai ilmu pengetahuan yang bersifat duniawi yang hebat, juga mempunyai budi pekerti yang luhur," ujarnya.

Sementara itu, KH Hasan Nuri Hidayatullah, ajengan yang hadir dalam peluncuran program ini, mengatakan ilmu pengetahuan penting sebagai bekal kehidupan.

Sosok yang akrab disapa Gus Hasan ini pun menyatakan generasi muda saat ini adalah calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang.

Untuk itu, Gus Hasan menuturkan ada dua hal yang perlu dilakukan agar ilmu pengetahuan yang didapat menjadi berkah dan bekal di masa depan, yaitu niat dan belajar dengan modal kesungguhan.

"Dalam mencari ilmu niatkan karena Allah SWT, karena kehidupan kita di dunia ini karena Allah SWT. Dalam sebuah riwayat dikatakan, apabila kita mencari ilmu karena Allah maka kita akan beruntung," kata Gus Hasan.

"Kedua, niatkan mencari ilmu karena Rasulullah Muhammad SAW, karena didasari cinta kepada Rasulullah Muhammad SAW caranya dengan mengikuti perintah atau anjuran Rasulullah Muhammad SAW. Ketiga, niatkan bersyukur kepada Allah SWT karena akal yang diberikan oleh Allah kita syukuri akal yang ada diri kita," kata Ketua PWNU Jabar ini.

Program AMS disambut baik oleh para siswa di SMA Negeri 20 Kota Bandung, salah satunya Muhammad Rifa dari Kelas IPS II.

Rifa menilai program AMS baik untuk meningkatkan nilai-nilai keagamaan dirinya dan siswa lain. Dia pun berkomitmen untuk mengikuti program AMS dengan baik bersama teman-temannya.

"Alhamdulillah, ada program ini (AMS) saya harap bisa lebih memajukan siswa di sekolah dan lebih mengutamakan agamaya dan tidak melupakan sekolah," kata Rifa.


Berita Terkait
  • Ajengan Masuk Sekolah di Jabar Dimulai Februari Ini
  • Program Ajengan Masuk Sekolah di Jabar Dimulai Tahun Ini
  • Disdik Jabar Segera Matangkan Program Ajengan Masuk Sekolah
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

Alasan Pemprov Jabar Kirim Ajengan ke Sekolah-Sekolah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya