0
Thumbs Up
Thumbs Down

Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

okezone
okezone - Wed, 28 Oct 2020 08:44
Dilihat: 51
Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

Secara mengejutkan Aliansi Dokter Dunia muncul di media sosial dan menyampaikan pesan bahwa Covid-19 tidak berbahaya seperti apa yang disampaikan media. Pandemi ini pun mereka klaim hanya menakuti masyarakat.

Dalam keterangan di video tersebut, Aliansi Dokter Dunia mengaku bernaung di bawah ACU2020.org. Salah seorang dokter asal Jerman, Heiko Schoning menjelaskan, Aliansi Dokter Dunia berisikan dokter, ilmuwan, dan aktivis perdamaian.

"Kami semua mengatakan peristiwa Covid-19 itu tidaklah benar dan kami memiliki tugas, terutama sebagai dokter untuk menyampaikan kebenaran," terang Schoning dalam video yang sedang viral tersebut.

Hadir dalam konferensi yang diakui berlangsung pada 10 Oktober 2020 di Berlin, Jerman, Ketua dan Presiden Aliansi Dokter Dunia. Sebagai ketua, ia adalah Dokter Mohammad Adil, seorang konsultan ahli bedah dengan catatan 30 tahun tanpa kesalahan saat bekerja untuk layanan kesehatan nasional di Inggris Raya.

Dokter Mohammad Adil juga merupakan seorang anggota dari Royal College of Surgeons of United Kingdom dengan kontribusi signifikan terhadap ilmu kedokteran.

Di video ini, Ketua Aliansi Dokter Dunia menyatakan bahwa pandemi ini tidak seberbahaya yang sudah dikarang. "Kami coba menyampaikan kebenaran pada publik terkait virus corona yang disebut berbahaya. Ini bukan virus corona, dan ini tidak seberbahaya seperti yang telah dikarang," tegasnya.

Sementara itu, Presiden Aliansi Dokter Dunia adalah Profesor Dolores Cahil yang memiliki latar belakang biologi molekuler dan imunologi. Dalam keterangannya, disampaikan bahwa Covid-19 adalah flu musiman yang menyebabkan penyakit dan gejala dari Desember hingga April.

"Mereka yang mengalami gejala dari infeksi ini mendapat perawatan seperti menghirup steroid, hydroxychloroquine, dan zinc. "Jadi, tidak perlu lockdown, tidak perlu takut, tidak perlu pakai masker untuk pembatasan sosial maupun karantina," kata Profesor Cahil.

Lantas, bagaimana pemerintah Indonesia dalam hal ini Satgas Penanganan Covid-19 menyikapi informasi dari Aliansi Dokter Dunia ini?

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito angkat bicara. Dalam penjelasannya ke publik, dia dengan tegas mengatakan bahwa informasi yang disampaikan Aliansi Dokter Dunia seutuhnya keliru atau misinformasi.

"Penting untuk diketahui oleh masyarakat bahwa konten pada video yang disebarkan oleh Aliansi Dokter Dunia masuk dalam kategori misinformasi," tegas Prof Wiku dalam siaran langsung perkembangan kasus Covid-19, Selasa (27/10/2020).

Dia melanjutkan, ada tiga bentuk misinformasi terkait Covid-19. Pertama adalah misinformasi terhadap keyakinan yang bersifat umum, kedua adalah misinformasi terhadap keyakinan konspirasi, dan yang ketiga adalah keyakinan dari agama. "Konten informasi dalam video ini dapat diidentifikasikan sebagai misinformasi yang muncul dengan menyamakan Covid-19 dengan influenza," sambungnya.

Prof Wiku menambahkan, penting untuk diketahui bahwa penyebab, dinamika transmisi, dan akibat dari kedua penyakit tersebut sangat berbeda.

Baca juga: 5 Potret Airport Style Wika Salim, Kece Badai!

"Satgas mengingatkan kepada masyarakat, misinformasi dapat memengaruhi respons seseorang terhadap suatu informasi. Oleh karena itu, masyarakat harus mengevaluasi kredibilitas informasi yang diterima serta merujuk informasi tentang Covid-19 pada lembaga yang dapat dipercaya seperti Badan Kesehatan Dunia (WHO), PBB, dan CDC, dan khusus di Indonesia, tentunya sumber terpercaya diperoleh dari Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19," papar Prof Wiku.

Sumber: okezone

Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

Aliansi Dokter Dunia Sebut Covid-19 Tak Berbahaya, Satgas: Itu Misinformasi!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya