0
Thumbs Up
Thumbs Down

Amnesty International Teriak, Kebiadaban Aparat Iran Terkuak!

genpi
genpi - Sat, 24 Jul 2021 01:20
Dilihat: 37

GenPI.co - Amnesty International menyoroti tindakan aparat hukum Iran terhadap aksi demonstrasi berhari-hari yang terjadi provinsi Khuzestan.

Dalam pernyataan pada Jumat (23/7), lembaga itu mengatakan bahwa Iran menggunakan kekuatan yang melanggar hukum dan berlebihan dalam tindakan keras terhadap protes atas kekurangan air di provinsi itu

Amnesty International mengatakan telah mengonfirmasi kematian sedikitnya delapan pengunjuk rasa dan pengamat, termasuk seorang remaja laki-laki.

Hal itu dikatakan karena pihak berwenang menggunakan peluru tajam untuk memadamkan protes yang dipicu oleh kekurangan air itu.

Media dan pejabat Iran mengatakan sedikitnya tiga orang telah tewas, termasuk seorang petugas polisi dan seorang pengunjuk rasa.

Mereka menuduh "kaum oportunis" dan "perusuh" yang menembaki pengunjuk rasa dan pasukan keamanan.

"Pasukan keamanan Iran telah mengerahkan kekuatan yang melanggar hukum, termasuk dengan menembakkan peluru tajam dan tembakan burung, untuk menghancurkan sebagian besar protes damai," kata Amnesty International.

Analisis lembaga itu terhadap rekaman video dari protes dan laporan saksi mata menunjukkan pasukan keamanan menggunakan senjata otomatis mematikan, senapan dengan amunisi yang tidak pandang bulu, dan gas air mata.

"Pihak berwenang Iran memiliki rekam jejak yang mengerikan dalam menggunakan kekuatan mematikan yang melanggar hukum. Peristiwa yang terjadi di Khuzestan memiliki gema mengerikan pada November 2019," kata Diana Eltahawy, wakil direktur Amnesty untuk Timur Tengah dan Afrika Utara.

Kelompok-kelompok hak asasi manusia menuduh Iran melancarkan tindakan keras terhadap protes nasional 2019 atas kenaikan harga bahan bakar yang, menurut Amnesty, menewaskan sedikitnya 304 orang.

Pernyataan senada juga datang dari Human Rights Watch (HRW). Kelompok itu mengatakan, Iran tampaknya telah menggunakan kekuatan berlebihan terhadap para demonstran.

Karena itu, mereka mendesak pemerintah Iran untuk menyelidiki secara transparan kematian yang dilaporkan.

"Pihak berwenang Iran memiliki catatan yang sangat mengganggu dalam menanggapi dengan peluru kepada para pengunjuk rasa yang frustrasi dengan meningkatnya kesulitan ekonomi dan memburuknya kondisi kehidupan," kata peneliti HRW Iran Tara Sepehri Far.(*)

Video populer saat ini:

Sumber: genpi

Amnesty International Teriak, Kebiadaban Aparat Iran Terkuak!

Amnesty International Teriak, Kebiadaban Aparat Iran Terkuak!

Amnesty International Teriak, Kebiadaban Aparat Iran Terkuak!

Amnesty International Teriak, Kebiadaban Aparat Iran Terkuak!

Amnesty International Teriak, Kebiadaban Aparat Iran Terkuak!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya