0
Thumbs Up
Thumbs Down

Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

inilahcom
inilahcom - Sun, 20 Oct 2019 18:00
Dilihat: 21
Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

SAAT ini, begitu seringnya kita melihat orang yang memelihara anjing. Bahkan bukan hanya non muslim saja, sebagian kaum muslimin pun memelihara hewan yang jelas-jelas haram dan najis. Pada posting kali ini, kita akan melihat beberapa hadits yang berkenaan dengan memelihara anjing. Setelah membaca tulisan ini, silakan pembaca lihat, bagaimanakah hukum memelihara anjing untuk sekedar menjaga rumah? Apakah diperbolehkan?

Dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa memelihara anjing, maka amalan sholehnya akan berkurang setiap harinya sebesar satu qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud), selain anjing untuk menjaga tanaman atau hewan ternak."

Ibnu Sirin dan Abu Sholeh mengatakan dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam mengatakan, "Selain anjing untuk menjaga hewan ternak, menjaga tanaman atau untuk berburu." Abu Hazim mengatakan dari Abu Hurairah bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Selain anjing untuk berburu atau anjing untuk menjaga hewan ternak." (HR. Bukhari)

[Bukhari: 46-Kitab Al Muzaro'ah, 3-Bab Memelihara Anjing untuk Menjaga Tanaman]

Dari Ibnu 'Umar, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk menjaga binatang ternak, maka amalannya berkurang setiap harinya sebanyak dua qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud)." (HR. Muslim: 23 Kitab Al Masaqoh).

An Nawawi membawakan hadits di atas dalam Bab "Perintah membunuh anjing dan penjelasan naskhnya, juga penjelasan haramnya memelihara anjing selain untuk berburu, untuk menjaga tanaman, hewan ternak dan semacamnya."

Dari Salim bin 'Abdullah dari ayahnya -'Abdullah-, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Barangsiapa memelihara anjing selain anjing untuk menjaga binatang ternak dan anjing untuk berburu, maka amalannya berkurang setiap harinya sebanyak satu qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud)." (HR. Muslim: 23 Kitab Al Masaqoh). 'Abdullah mengatakan bahwa Abu Hurairah juga mengatakan, "Atau anjing untuk menjaga tanaman."

An Nawawi membawakan hadits ini dalam bab yang sama dengan hadits sebelumnya.

Dari Salim bin 'Abdullah dari ayahnya -'Abdullah-, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Rumah mana saja yang memelihara anjing selain anjing untuk menjaga binatang ternak atau anjing untuk berburu, maka amalannya berkurang setiap harinya sebanyak dua qiroth (satu qiroth adalah sebesar gunung uhud)." (HR. Muslim: 23 Kitab Al Masaqoh). An Nawawi membawakan hadits ini dalam bab yang sama dengan hadits pertama.

Syaikh Muhammad bin Sholeh Al Utsaimin mengatakan, "Adapun memelihara anjing dihukumi haram bahkan perbuatan semacam ini termasuk dosa besar -Wal 'iyadzu billah-. Karena seseorang yang memelihara anjing selain anjing yang dikecualikan (sebagaimana disebutkan dalam hadits-hadits di atas, pen), maka akan berkurang pahalanya dalam setiap harinya sebanyak 2 qiroth (satu qiroth = sebesar gunung Uhud)." (Syarh Riyadhus Shalihin, pada Bab "Haramnya Memelihara Anjing Selain Untuk Berburu, Menjaga Hewan Ternak atau Menjaga Tanaman")


Kesimpulan: Hukum memelihara anjing adalah haram dan termasuk dosa besar kecuali anjing yang digunakan untuk berburu, untuk menjaga tanaman dan hewan ternak. Semoga Allah menjauhkan kita dari setiap perkara yang Dia larang. Hanya Allah yang beri taufik. [Muhammad Abduh Tuasikal]

Sumber: inilahcom

Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

Anda Islam tapi Memelihara Anjing?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya