0
Thumbs Up
Thumbs Down

AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

okezone
okezone - Sun, 05 Jul 2020 17:41
Dilihat: 226
AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

JAKARTA - PT Angkasa Pura II (Persero) bersama stakeholder penerbangan nasional memasuki menyiapkan strategi pemulihan (recovery) lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian. Strategi recovery terdiri dari 4 langkah, optimalisasi slot time di bandara, pengaktifan kembali rute-rute domestik, peningkatan frekuensi di setiap rute, dan normalisasi jam operasional bandara.

President Director PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, perseroan bersama stakeholder mengupayakan lalu lintas penerbangan dapat pulih kembali mulai bulan ini.

Baca Juga: 2.300 Pilot Maskapai Penerbangan AS Terancam Dirumahkan

"Mulai Juli 2020, kami menekankan dimulainya recovery lalu lintas penerbangan guna mendukung aktivitas perekonomian di Indonesia. Fokus pemulihan pada tahap awal adalah rute domestik untuk memperkuat konektivitas kota-kota di Indonesia. Tentunya sektor penerbangan nasional tetap mengedepankan protokol kesehatan dan keamanan," ujar Awaluddin, dalam keterangannya, Minggu (5/7/2020).

1.Optimalisasi slot hingga 30%

Pada tahap awal recovery pada bulan ini , Angkasa Pura II menargetkan slot time di 19 bandara dapat digunakan 30%. Misalnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dalam satu hari terdapat 1.100 slot time penerbangan, maka ditargetkan dalam satu hari dapat digunakan sebanyak 330 slot time.

"Slot time ditargetkan meningkat bertahap. Pada Juli ini, kami targetkan rata-rata 30% dari sebelumnya di tengah pandemi ini berkisar 10%-20%. Kemudian pada tahap berikutnya target akan ditingkatkan," ujar Awaluddin.

Baca Juga: Babak Belur Dihantam Corona, 5 Maskapai Penerbangan Disuntik Rp362 Triliun

2. Pengaktifan kembali rute penerbangan

Optimalisasi slot time dapat dilakukan melalui pengaktifan kembali rute-rute yang masih ditutup, dan PT Angkasa Pura II bersama maskapai tengah berkoordinasi intensif terkait hal ini. Pengaktifan kembali rute-rute yang diikuti dengan meningkatnya permintaan akan dapat meningkatkan utilitasi pesawat.

Ketua Umum Indonesia National Air Carrier Association (Inaca) Denon B. Prawiraatmadja mengatakan, optimalisasi utilitas pesawat penting dilakukan maskapai, dan diharapkan hal tersebut dapat dilakukan ketika sektor penerbangan sudah memasuki fase recovery.

"Stakeholder di sektor penerbangan nasional antara lain regulator, maskapai, KKP Kemenkes dan operator bandara harus memperkuat koordinasi dan kerja sama agar penerbangan nasional dapat melakukan recovery. Sektor penerbangan memilki peran sangat penting dalam mendukung aktivitas perekonomian di Indonesia yang merupakan negara kepulauan," tuturnya.


"Inaca mematuhi setiap prosedur di tengah pandemi Covid-19, dan sangat mengapresiasi berbagai upaya atau pemanfaatan teknologi yang bisa digunakan agar prosedur dapat dijalankan dengan sederhana," ujar Denon B. Prawiraatmadja.

Sumber: okezone

AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

AP II Bertekad Recovery Lalin Penerbangan Mulai Juli 2020

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya