0
Thumbs Up
Thumbs Down

Apa Itu Image SEO?

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 18 Nov 2020 15:43
Dilihat: 39
Jakarta

Jika Anda seorang blogger atau penulis artikel untuk majalah atau surat kabar online, kemungkinan besar Anda akan bertanya-tanya apakah artikel yang Anda buat membutuhkan gambar atau tidak. Jawabannya adalah "Ya". Gambar memiliki peran besar bagi artikel dan juga berkontribusi pada SEO situs web Anda. Artikel ini akan menjelaskan pengertian dan manfaat gambar bagi strategi SEO serta memberikan beberapa petunjuk tentang penggunaan gambar untuk pengalaman pengguna terbaik.

Apa itu Image SEO?

Ketika berbicara mengenai pengoptimalan mesin pencarian (SEO), banyak orang yang beranggapan bahwa hal terpenting dalam melakukan strategi tersebut di situs web hanya mengacu pada optimasi waktu pemuatan dan teks alternatif saja. Terkadang gambar luput dari perbincangan. Namun, peran gambar dalam meningkatkan SEO sangat besar.Baca Juga: Apa Itu Internal Linking SEO?

Image atau gamabar SEO memengaruhi cara konten bergambar Anda untuk diberi peringkat di hasil pencarian gambar Google. Selain itu, gambar SEO juga memengaruhi potensi penelitian organik Anda secara keseluruhan sehingga mengoptimalkan gambar Anda untuk mesin pencari akan berdampak positif pada peringkat halaman Anda juga. Gambar sering kali ditampilkan di hasil pencarian.

Gambar, bila digunakan dengan benar, akan membantu pembaca untuk lebih memahami artikel Anda. Pepatah lama mengatakan, "Sebuah gambar bernilai seribu kata," mungkin tidak berlaku untuk Google, tapi hal itu menjadi benar jika Anda ingin menggambarkan apa yang Anda maksud dalam bentuk chart hingga diagram aliran data, atau hanya ingin membuat postingan media sosial lebih menarik.Baca Juga: Apa Itu Content SEO?

Untuk itu, tambahkan gambar ke setiap artikel yang Anda tulis agar menjadi lebih menarik. Terlebih lagi, karena penelusuran visual sekarang menjadi semakin penting, hal ini dapat memberikan sedikit trafik yang baik untuk Anda. Dan jika Anda memiliki konten visual, sangat masuk akal untuk menempatkan prioritas yang lebih tinggi pada penggunaan gambar SEO.

Beberapa waktu lalu, Google Images mendapat interface baru dengan filter, metadata, dan bahkan atribusi baru. Filter baru yang keren ini menunjukkan bahwa Google semakin mengetahui apa yang ada dalam sebuah gambar dan bagaimana gambar itu cocok dengan konteks yang lebih luas.

Di satu sisi, jika Anda mengisi atribut HTML gambar dengan benar, Anda memperkuat semantik halaman dan membantu mesin pencarian untuk memahami konten Anda.

Di sisi lain, pengoptimalan gambar dapat meningkatkan waktu pemuatan dan pengalaman pengguna Anda. Tidak ada artikel yang bagus tanpa gambar yang bagus.

Manfaat Melakukan Image SEO

Menggunakan gambar SEO sangatlah penting. Berikut adalah penjelasan mengapa penggunaan gambar penting bagi keberlangsungan strategi SEO:

Dampak pengoptimalan gambar untuk mesin pencari

Penelusuran gambar mewakili sekitar 30% dari semua kueri yang dihasilkan di 10 properti penelusuran web teratas AS;

Lebih dari 1/3 dari semua kata kunci pencarian hari ini dimuat di Google Images, dan satu dari dua gambar ketika berada di 10 hasil pencarian pertama, gambar tersebut berada di peringkat 3 posisi teratas;

Setiap hari lebih dari satu 1 miliar kueri dibuat di Google Images;

Ada lebih dari 600 juta pencarian di Pinterest setiap bulannya;

Gambar dikembalikan oleh Google untuk 34% dari hasil pencarian;

Tweet dengan gambar menerima retweet 150 persen lebih banyak;

Tingkatkan konversi Anda dengan gambar yang dioptimalkan

Konten dengan gambar yang dioptimalkan meningkatkan keterlibatan pengguna sebesar 90%;

Tweet dengan gambar menerima retweet 150 persen lebih banyak;

Rata-rata orang sudah tidak ingat sekitar 90% informasi setelah 72 jam konten tersebut di-posting. Menambahkan gambar yang bagus dapat meningkatkan daya ingat hingga 65%;

Sekitar 70% pelanggan mengatakan bahwa kualitas gambar pada lembar produk merupakan faktor penentu dalam memilih dan membeli produk;

Saat menggunakan gambar, iklan di Pinterest memiliki tingkat konversi 8,5% yang luar biasa.

Hal ini dapat menunjukkan bahwa mengoptimalkan gambar Anda akan meningkatkan trafik organik (pengoptimalan SEO) serta penjualan (UX Optimization) Anda.

8 Praktik Terbaik Image SEO

Ikuti langkah-langkah berikut untuk mempelajari bagaimana cara untuk menambahkan gambar yang ramah SEO ke situs Anda.

1) Tambahkan setidaknya satu gambar

Sebagai praktik terbaik untuk SEO, selalu sertakan setidaknya satu gambar atau grafik pada halaman tersebut. Sebuah gambar dapat memberi petunjuk kepada mesin pencari bahwa halaman tersebut bernilai lebih dan menarik yang akan berguna bagi pencari. Selain itu, gambar bermanfaat bagi pembaca karena membuat konten lebih mudah untuk dipindai dan dipahami.

2) Gunakan gambar berkualitas tinggi

Gambar akan lebih menarik bagi audiens Anda jika memiliki kualitas yang tinggi. Jika memungkinkan, lakukan kustomisasi gambar yang unik untuk halaman Anda. Ini akan membantu Anda untuk lebih terlihat menarik dalam pencarian gambar.

Jangan lupa, lebih banyak pengguna meng-klik melalui gambar yang mereka temukan di penelusuran untuk melihat gambar di halaman web. Jadi, menerbitkan konten SEO dengan gambar yang unik dan sudah dioptimalkan dapat menghasilkan trafik situs web yang lebih tinggi untuk situs Anda.

Jika Anda tidak dapat membuat gambar kustom, jangan sertakan gambar yang terlihat seperti stok foto yang telah direproduksi di banyak situs. Pastikan untuk selalu menggunakan gambar yang telah Anda beli atau memiliki lisensi untuk menghindari pelanggaran hak cipta.

3) Pilih jenis file terbaik

Jenis file gambar dapat memengaruhi cara grafik memuat atau muncul di halaman web. Jadi, saat Anda menambahkan gambar, pilih jenis file terbaik yang sesuai tujuan penggunaan.

Ada banyak jenis file yang bisa digunakan, antara lain:

JPG untuk foto

PNG untuk sebagian besar grafik, tangkapan layar, dan logo khusus (file PNG memiliki latar belakang transparan.)

SVG untuk grafik atau logo khusus yang akan dilihat dalam berbagai ukuran (file SVG berskala ke berbagai ukuran tanpa kehilangan kualitas.)

GIF untuk animasi atau grafik bergerak

4) Gunakan ukuran file gambar yang sesuai

Gambar yang besar dapat memperlambat waktu muat situs web. Waktu muat yang lambat menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk, sehingga berpengaruh pada hasil SEO jangka panjang yang buruk. Jadi gunakan praktik terbaik gambar SEO untuk menentukan ukuran. Ubah ukuran file gambar (bukan hanya ukuran gambar tampilan) ke ukuran tampilan yang diinginkan, kemudian kompres file tersebut sebelum Anda menguploadnya ke situs Anda.

5) Tambahkan dan optimalkan tag alt gambar

Apakah tag alt gambar membantu SEO? Jawabannya iya. Crawler penelusuran dapat membaca dan memahami kata-kata, tetapi mereka tidak dapat melihat dan memindai gambar. Tag Alt, atau dikenal sebagai "alt attributes" dan "alt descriptions" membantu mereka memproses gambar tanpa melihatnya dengan memberi tahu mesin pencari tentang gambar tersebut.

Selain membantu SEO, tag alt gambar juga membantu pengguna internet. Beberapa orang menonaktifkan tampilan gambar, browser mereka tidak dapat memuat grafik karena koneksi internet yang lemah, atau mereka menggunakan pembaca layar karena gangguan penglihatan. Dalam kasus ini, tag alt gambar memberi tahu pembaca informasi seputar gambar tersebut. Jadi menambahkan tag alt gambar dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan performa crawler penelusuran.

Cara Menulis Teks Alt yang Ramah SEO untuk Gambar Anda

Sertakan kata kunci halaman setidaknya satu tag alt per-gambar.

Buat teks alt Anda tetap pendek.

Bedakan teks alt pada setiap gambar di halaman Anda.

Buat teks alt dengan mempertimbangkan pembaca Anda, bukan hanya crawler pencarian.

6) Tambahkan kata kunci ke judul gambar

Cara lain untuk membuat gambar yang ramah SEO adalah dengan memasukkan kata kunci ke dalam judul gambar. Judul gambar adalah tag lain yang mengidentifikasi dan mendeskripsikan gambar. Ini tidak sepenting tag alt, tetapi masih relevan dan harus digunakan. Untuk praktik terbaik gambar SEO, gunakan frasa yang sama untuk tag alt gambar dan judul gambar Anda

7) Tambahkan kata kunci target ke nama file gambar

Nama file adalah tag atau label lain yang terhubung ke gambar. Ini adalah nama file gambar yang diunggah ke situs web. Label ini juga harus menyertakan kata kunci target halaman dan sesuai dengan format tag alt gambar untuk membantu pengoptimalan kata kunci.

8) Tambahkan data terstruktur

Data terstruktur, juga disebut sebagai schema markup, adalah cara lain untuk menambahkan detail backend ke gambar untuk membantu mesin pencari memahaminya. Data terstruktur juga meningkatkan kemungkinan gambar untuk muncul sebagai hasil yang bernilai di halaman pencarian.

Gambar SEO hanyalah salah satu bagian dari on-page SEO. Gambar SEO, pengoptimalan kata kunci, dan praktik terbaik SEO copywriting lainnya harus bisa saling bekerja sama untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Penulis: Patrick Trusto Jati Wibowo

Editor: Lestari Ningsih


Foto: Akbar Nugroho Gumay

Sumber: wartaekonomi

Apa Itu Image SEO?

Apa Itu Image SEO?

Apa Itu Image SEO?

Apa Itu Image SEO?

Apa Itu Image SEO?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya