0
Thumbs Up
Thumbs Down

Apa Itu Saham Tidur?

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 20 Oct 2020 08:00
Dilihat: 39
Jakarta

Saham tidur adalah saham yang tidak diperdagangkan dalam waktu yang lama. Saham tidur berarti hampir tidak ada pergerakan sahamnya. Seiring berjalan jika fundamental dari saham tidur yang dibeli membaik maka saham tidur juga bisa menjadi saham aktif dan menjadi saham yang diincar di pasar modal.

Saham tidur tidak dapat bergerak bisa karena saham tersebut sedikit peminatnya atau harga dari saham tersebut yang melambung tinggi atau sebaliknya, saham tersebut harganya sudah mencapai batas harga terendah.

Baca Juga: Apa Itu Pendapatan Operasional?

Jika ingin saham nya aktif diperdagangkan di pasar modal maka perusahaan harus mempunyai kinerja yang baik untuk mempertahankan kualitas saham agar tetap laku terjual dipasar modal dan menajdi incaran bagi para pelaku investor.

Menurut BEI, suatu saham masuk kriteria saham tidak aktif apabila frekuensi perdagangan selama tiga bulan kurang dari 75 kali, lalu menjadi saham tidur dan tidak likuid.

Banyak faktor yang membuat saham tidur, mulai dari kinerja perusahaan yang buruk, aksi korporasi perseroan yang jarang, minimnya saham perseroan yang beredar hingga prospek perusahaan yang tidak jelas.

Selain itu, saham tidur juga rawan dari permainan para spekulan. Secara tiba-tiba, harga saham dapat melonjak tajam setelah dimainkan oleh para spekulan. Biasanya, saham ini dinamakan "saham gorengan".

Di bursa saham negara mana pun, selalu ada saham tidur. Bedanya, saham-saham tidur di bursa saham luar negeri bisa digerakkan oleh market maker. Market maker diperbolehkan menggerakkan saham-saham tidur , atas persetujuan otoritas pasar modal.

Namun, market maker ini hanya ada di pasar modal yang menerapkan sistem quote driven, seperti bursa saham Amerika Serikat (AS).

Quote driven market adalah sistem bursa saham elektronik di mana harga ditentukan dari penawaran dan permintaan penawaran yang dibuat oleh pembuat pasar, dealer, atau spesialis. Quote driven juga dikenal sebagai pasar yang digerakkan oleh harga, dealer mengisi pesanan dari inventaris mereka sendiri atau dengan mencocokkannya dengan pesanan lain.

Pasar quote driven adalah kebalikan dari pasar yang digerakkan oleh pesanan, yang menampilkan harga penawaran dan permintaan investor individu dan jumlah saham yang ingin mereka perdagangkan. Quote driven paling sering ditemukan di pasar obligasi, mata uang, dan komoditas. Pasar ini juga dikenal sebagai pasar dealer karena semua perdagangan dieksekusi melalui dealer.

Dealer bekerja dengan bank investasi, bank komersial, dan broker-dealer, memberikan quote driven untuk instrumen yang berbeda dan semua pelanggan perlu berdagang melalui mereka dengan harga quote driven.

Karena itulah dengan sistem quote driven, saham tidur bisa kembali bangki. Tetapi di Indonesia, saham tidur sangat berisiko merugikan. Hal ini karena investor tidak dapat menjualnya dengan mudah. Bahkan, saham tidur bisa bertahan di harga tidurnya dalam jangka waktu yang lama.

Seringkali saham tidur itu tidur karena memang tidak ada yang mempedulikannya dan adanya unsur negatif di dalam saham maupun perusahaannya. Sehingga memiliki saham tidur sangatlah berisiko. Namun jika fundamental berubah menjadi lebih baik, saham yang tertidur akan dilirik oleh investor dan menjadi lebih aktif di pasar.

Penulis/Editor: Fajria Anindya Utami


Foto: Galih Pradipta

Sumber: wartaekonomi

Apa Itu Saham Tidur?

Apa Itu Saham Tidur?

Apa Itu Saham Tidur?

Apa Itu Saham Tidur?

Apa Itu Saham Tidur?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya