0
Thumbs Up
Thumbs Down

Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

Mobilmo
Mobilmo - Thu, 26 Apr 2018 00:42
Dilihat: 1264

Mobil dengan tampilan yang menarik tentu mempunyai kesan tersendiri bagi pemiliknya. Berbagai cara dilakukan seperti menambah berbagai aksesori untuk mempercantiknya. Selain itu ada pula yang melakukan pengecatan ulang sesuai dengan warna yang disukai. Dalam hal ini yang menjadi pertanyaan adalah, apakah boleh mencuci Mobil setelah di cat ulang?

Pertanyaan tersebut memang wajar, karena dikhawatirkan cat menjadi luntur dan harus dilakukan pengecatan ulang. Namun ternyata setelah pengecatan bodi Mobil dapat dilakukan pencucian dengan syarat menggunakan cara yang benar kemudian dikeringkan dengan oven yang menggunakan sinar inframerah.

Melakukan pengecatan membuat tampilan Mobil berbeda dengan yang lainnya

Seperti yang dikatakan oleh Gunawan Susilo yang merupakan Direktur Teknik PT Indomobil Sompo Japan. Bahwasanya anggapan tentang tidak boleh mencuci Mobil setelah pengecatan ulang itu tidaklah benar.

"Salah itu, boleh saja kok dicuci," katanya di Bekasi beberapa waktu lalu.

Bahkan dirinya juga menambahkan, bahwa anggapan lain seperti dapat mengurangi kualitas cat apabila dilakukan pencucian itu juga tidak benar. Jika terjadi perubahan warna berarti proses pengecatannya yang tidak benar. "Ya mungkin proses pengecatan enggak benar," katanya.

Pihaknya juga menjelaskan, bahwa terdapat banyak sekali bengkel cat yang telah menggunakan cat dengan jenis polyurethane. Selain itu proses pengeringan setelah pengecatan juga menggunakan oven.

Meskipun menggunakan cat jenis polyurethane, namun tetap membutuhkan waktu pengeringan selama 2 hari. hasil yang didapat juga bagus, terlebih lagi Mobil dapat dilakukan pencucian tanpa adanya penurunan kesan kinclong ataupun warnanya.

>>> Baca juga, Hal Yang Perlu Diwaspadai Untuk Menjaga Kondisi Cat Mobil Tetap Awet

"Jenis cat itu, polyurethane, sebenarnya proses pengeringan memang lebih lama, tapi kalau dengan dikeringkan dengan infra red atau oven yang benar, ya enggak masalah," katanya.

Mencuci Mobil setelah dicat ulang boleh saja asal dilakukan dengan benar

Melihat dari sisi lain, ternyata pengecatan yang menggunakan cat duco sudah mulai ditinggalkan. Adapaun alasammya karena kualitas yang dimiliki serta hasilnya tidak mampu bertahan cukup lama.

"Sementara cat duco seperti di pinggir jalan memang lebih cepat kering. Setelah kering, poles, maka langsung mengkilap, tapi setelah berapa lama bakal butek," pungkas dia.

Walaupun begitu, masih terdapat pula bengkel cat duco serta konsumen yang lebih memilihnya. Hal tersebut tidak terlepas dari kesenangan dan juga kepuasan terhadap penggunaan cat tersebut.

Selain masalah boleh atau tidaknya mencuci Mobil setelah di cat ulang. Perawatan juga perlu dilakukan setelah kondisinya maksimal atau mengering seutuhnya agar tetap kinclong dan tidak mudah kusam.

Menurut saran dari Suwanto yang merupakan kepala Mitsubishi Body and Paint Medan, bahwa melakukan pembersihan pada bodi Mobil menggunakan alat khusus.

"Untuk body, membersihkannya tidak boleh memakai bulu ayam, harus menggunakan kain mikro fiber," ujarnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

"Karena kain mikro fiber ada elektro statisnya. Memang harga kainnya sekitar Rp50.00-an, tapi begitu kita lap langsung lengket debu-debunya," Tambah Suwanto.

Selain itu penggunaan air juga harus diperhatikan, gunakanlah air yang bersih dan tidak mengandung kadar garam.

Pada saat melakukan pembersihan juga perlu waspada, perhatikan dengan teliti kain yang digunakan. Jangan sampai niatnya membersihkan malah menimbulkan goresan akibat terdapat batu kerikil yang ada pada kain.

Kadang kainnya mengandung batu sehingga menggores bodi," kata dia.

Perawatan juga perlu dilakukan agar kondisi cat Mobil tetap kinclong dan terjaga

Adapun faktor lain yang dapat menjadikan warna Mobil berubah adalah soal parkir. Saat memberhentikan mobilnya di rumah atau tempat lainnya, sebaiknya menghindari tempat parkir yang membuat Mobil terkena sinar matahari secara langsung.

"Parkir di luar warna putih pasti berubah. Jika hal tersebut dilakukan dalam jangka waktu yang lama, setahun misalnya, warna putih akan menguning," ujar Suwanto.

Namun jangan kawatir, karena mobil warna putih yang kusam dapat dibuat putih kembali.

"Kalau sudah begitu dipoles saja, poles standar biasa, warnanya sudah kembali lagi," tambah dia.

Demikianlah informasi mengenai boleh atau tidak mencuci Mobil setelah di cat ulang dan juga cara perawatannya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.


Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

The post Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang? appeared first on Mobilmo.Com.

Sumber: Mobilmo

Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

Apakah Boleh Mencuci Mobil Setelah Di Cat Ulang?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya