0
Thumbs Up
Thumbs Down

Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

Republika Online
Republika Online - Thu, 17 Sep 2020 20:24
Dilihat: 73
Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

JAKARTA - Pengembang aplikasi Hadirr yang selama ini dikenal sebagai aplikasi pencatatan presensi karyawan (mobile attendance) meluncurkan fitur contact tracing. Fitur ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah untuk melakukan penelusuran kontak (contact tracing) COVID-19. Khususnya di lingkungan perkantoran.

Aplikasi Hadirr yang selama masa pandemi dikenal sebagai aplikasi untuk menerapkan kebijakan bekerja di rumah (work from home/WFH) menghadirkan fitur Contact Tracing atau lacak kontak bagi perusahaan. Fitur yang memanfaatkan teknologi bluetooth ini diharapkan dapat membantu upaya pemerintah untuk melakukan lacak kontak di kawasan perkantoran dan menekan penyebaran COVID-19.

Hingga akhir Agustus 2020, tercatat sudah ada 150 perusahaan di wilayah DKI Jakarta yang melaporkan adanya kasus positif COVID-19 di lingkungan kerja mereka. Klaster perkantoran juga bermunculan di kota-kota lain dan mengakibatkan penutupan sejumlah kantor di Bandung, Pekanbaru, Ambon, dan bahkan telah menyebar ke kota-kota kecil seperti Cilegon, Bojonegoro, Batang, dan masih banyak lagi.

Contact tracing secara agresif merupakan satu dari tiga tahap pengendalian COVID-19 yang biasa disingkat dengan 3T (Testing, Tracing, Treatment). Sayangnya, contact tracing di Indonesia masih jauh memenuhi standar WHO karena sebagian besar dilakukan secara manual.

WHO merekomendasikan contact tracing dan tes terhadap minimal 30 orang yang terpapar tiap penderita COVID-19, sementara saat ini Indonesia hanya melakukan lacak kontak dan tes terhadap 1 hingga 5 orang per penderita.

Afia R Fitriati, CEO Fast8 Group yang merupakan pengembang aplikasi Hadirr dan aplikasi pengelolaan SDM Gadjian menjelaskan, teknologi dapat melengkapi dan meningkatkan efektivitas proses contact tracing manual.

"Dengan adanya fitur Contact Tracing di aplikasi Hadirr, kami berharap dapat berkontribusi dalam pelaksanaan 3T (Testing, Tracing, Treatment) dan menekan penyebaran COVID-19 yang semakin memprihatinkan di Indonesia," papar Afia dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Kamis (17/9).

Fitur Contact Tracing di aplikasi Hadirr dapat membantu perusahaan untuk mengidentifikasi karyawan yang melakukan kontak dengan sesama karyawan yang positif COVID-19 dalam kurun waktu 14 hari. Dengan fitur ini bisa sesegera mungkin memberi notifikasi kepada karyawan yang berpotensi tertular.

Dengan demikian, perusahaan dapat segera mengambil tindakan untuk memutus mata rantai penularan virus corona sekaligus meminimalisir risiko bisnis akibat penutupan kantor secara total.

Produsen vaksin Bio Farma dan perusahaan retail PT Transmarco adalah dua dari ribuan perusahaan yang telah menggunakan Hadirr. Aplikasi ini bahkan telah menjangkau beberapa perusahaan di Malaysia dan Singapura.
Fitur Contact Tracing dapat digunakan tanpa biaya tambahan bagi pelanggan aplikasi Hadirr.


Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • In Picture: Manekin Ber-APD MembawaPeti Mati
    • Djoko Tjandra Siapkan 10Juta USD untuk Pejabat Kejagung & MA

    Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

    Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

    Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

    Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

    Aplikasi Absensi Hadirr Kenalkan Fitur Lacak Kontak Covid-19

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    telsetNews
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    SeleBuzz
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    Beritakalimantan
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya