0
Thumbs Up
Thumbs Down

Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

Republika Online
Republika Online - Thu, 13 Feb 2020 20:55
Dilihat: 27
Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Arab Saudi salah satu negara paling gersang di dunia dengan curah hujan kurang dari 100 milimeter per tahun. Karena itu, tahun ini Arab Saudi berencana membuat program hujan buatan untuk meningkatkan curah hujan.

Kabinet Saudi telah menyetujui program penyemaian awan atau hujan buatan tersebut. Program ini diyakini akan meningkatkan curah hujan hingga 20 persen.

Serta Kementerian Lingkungan Hidup, Air dan Pertanian juga mengatakan bahwa program tersebut baru dikembangkan setelah meninjau dan berkunjung ke negara-negara lain yang juga melakukan praktek hujan buatan. Hal ini dilakukan untuk mempelajari pengalaman mereka dalam melakukan hujan buatan.

Hujan buatan perlu dilakukan seiring dengan pertumbuhan populasi di Arab Saudi. Serta pertumbuhan yang cukup signifikan di sektor industri, energi, transportasi, pertambangan dan pertanian di mana kebutuhan air hampir mencapai 24 miliar meter kubik pertahun.

Dilansir dari Arabnews, Kamis (13/2), hampir 2,7 miliar meter kubik air laut mengalami desalinisasi setiap tahun. Dan sekitar 80 hingga 85 persen permintaan air dipenuhi oleh sumber air tanah. Tingkat ekstraksi ini lebih besar daripada tingkat penggantian, mengingat curah hujan yang rendah.

Kementerian mengatakan program hujan buatan ini menargetkan jenis awan tertentu untuk merangsang curah hujan. Katalis ditaburkan, beberapa di antaranya alami, di awan-awan ini untuk melepaskan air sebanyak mungkin.

Kementerian menekankan bahwa hujan buatan ini tidak menciptakan awan. Namun sebaliknya, ia meningkatkan curah hujan dengan menyediakan inti kondensasi awan

Kerajaan mulai mempelajari hujan buatan pada 1976 bekerja sama dengan Organisasi Meteorologi Dunia. Sebuah perjanjian telah ditandatangani dengan Universitas Wyoming, di AS, untuk melakukan percobaan penyemaian awan pertama, yang berlangsung di Asir pada tahun 1990.

Eksperimen ini terus berlanjut di wilayah pusat Kerajaan, khususnya Riyadh, Qassim dan Hail, juga sebagai barat laut dan barat daya, dengan partisipasi sekelompok ilmuwan spesialis Saudi. Hasilnya membuktikan bahwa awan memiliki potensi penyemaian.


Berita Terkait
  • Minim Hujan di Sumba Timur Akibat Tekanan Rendah Australia
  • Curah Hujan Rendah, Luas Area Tanam Belum Maksimal
  • Modifikasi Cuaca Kurangi Curah Hujan di Jabodetabek
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

Arab Saudi Berencana Membuat Hujan Buatan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya