0
Thumbs Up
Thumbs Down

Arab Saudi Stop Umrah, Reaksi Menag: Harap Maklum

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 28 Feb 2020 00:14
Dilihat: 34
Jakarta

Menteri Agama, Fachrul Razi, meminta jemaah umrah yang batal berangkat untuk memahami keputusan pemerintah Kerajaan Arab Saudi itu. Akibat penghentian sementara itu, jemaah yang hendak berangkat terpaksa tertunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Kata Fachrul, kebijakan itu diambil tentu dengan mempertimbangkan kepentingan umat yang lebih besar yakni menghindarkan penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Saya sangat memahami kebijakan tersebut. Apalagi, kebijakan itu bertujuan untuk memberi perlindungan kepada jemaah. Kesehatan jemaah umrah kita adalah hal utama," kata Fachrul Razi di Jakarta, Kamis 27 Februari 2020.

Baca Juga: Maskapai Diminta Umumkan Larangan Umrah ke Calon Penumpang

Arab Saudi, kata dia, juga bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan masyarakatnya dari penyebaran virus mematikan itu. Sekaligus mengamankan kelangsungan ibadah haji pada Juni-Agustus 2020.

"Kami mengimbau agar calon jemaah umrah dapat memahami kebijakan Saudi dan sikap pemerintah, demi kebaikan jemaah itu sendiri," katanya.

Menag mengaku sudah meminta pada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama, untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri, Kedutaan Besar Arab Saudi di Indonesia, maupun Konsul Haji KJRI di Jeddah.

"Kita akan segera rumuskan langkah terbaik menyikapi kebijakan Saudi ini dengan penyelenggara umrah. Untuk saat ini, harap jemaah umrah memahami ketertundaan keberangkatannya," tuturnya.

Dia berharap, dalam waktu dekat akan ada jalan keluar yang sama-sama menguntungkan. Baik itu untuk kepentingan masyarakat Arab Saudi agar terhindar dari penyebaran virus Corona, maupun jemaah umrah dalam menjalankan ibadah.

"Semoga Pemerintah Saudi bisa segera menemukan upaya terbaik dalam pencegahan virus Corona sehingga niat jemaah untuk beribadah umrah bisa terlaksana kembali," harapnya.

Sebelumnya, Arab Saudi telah melarang sementara peziarah agama mengunjungi Mekah atau Madinah untuk mencegah penyebaran virus Corona. Kementerian Luar Negeri di Kerajaan Arab Saudi menyatakan bahwa mereka telah mengikuti perkembangan virus Corona selama beberapa waktu.

"Sementara menangguhkan masuk ke Kerajaan untuk tujuan umrah dan mengunjungi Masjid Nabi," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri dikutip VIVAnews dari Dailymail, Kamis, 27 Februari 2020.

Pihak kerajaan juga menangguhkan masuknya warga negara luar yang bepergian ke Kerajaan dengan visa turis. Utamanya, jika mereka datang dari negara-negara di mana virus telah menyebar.

Penulis: Redaksi

Editor: Cahyo Prayogo


Foto: Prasetia Fauzani

Sumber: wartaekonomi

Arab Saudi Stop Umrah, Reaksi Menag: Harap Maklum

Arab Saudi Stop Umrah, Reaksi Menag: Harap Maklum

Arab Saudi Stop Umrah, Reaksi Menag: Harap Maklum

Arab Saudi Stop Umrah, Reaksi Menag: Harap Maklum

Arab Saudi Stop Umrah, Reaksi Menag: Harap Maklum

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya