0
Thumbs Up
Thumbs Down

Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

Republika Online
Republika Online - Wed, 23 Sep 2020 11:28
Dilihat: 65
Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

JAKARTA -- Pesawat antariksa NASA New Horizons membuat sejarah baru. Pesawat ruang angkasa ini berhasil menjelajahi objek terjauh yang pernah dilakukan oleh sebuat pesawat ruang angkasa.

New Horizon berhasil menjelajahi 2014 MU69 dengan objek terjauh yang pernah dijelajahi. Objek ini secara resmi disebut Arrokoth.

Untuk diketahui, New Horizons diluncurkan pada 2006 lalu. New Horizons menjadi pesawat ruang angkasa pertama yang menunjungi sistem Pluto pada 14 Juli 2015 lalu.

Dua tahun setelah penemuan bersejarah planet kerdil Pluto, New Horizon NASA memulai petualangan besar berikutnya. Pesawat ini akan menjelajahi wilayah es dari pinggiran tata surya yang disebut Sabuk Kuipler.

Sabuk Kuiper adalah sebuah wilayah yang berada di sekitar orbit Neptunus, berjarak sekitar 30 sampai 50 satuan antariksa dari matahari.

Wilayah ini mengelilingi tata surya dan diisi dengan triliunan es batu yang belum dieksplorasi. Di sinilah 2014 MU69 atau Arrokoth berada.

Penamaan 2014 MU69
Pada 2017, tim New Horizons meminta saran ke publik untuk julukan objek fi sabuk kuiper ini. Awalnya berdasarkan keputusan akhir yang diajukan sekitar 40 orang, dinamakan Ultima Thule. Namun, istilah itu menuai kontroversi karena namanya mengandung unsur Nazi.

Tim New Horizons sempat mempertahankan nama itu. Pada November 2019 tim mengumumkan nama resmi 2014MU69 adalah Arrokoth yang berarti "langit" dalam bahasa suku Amerika.

Para astronom menggunakan bantuan tiga bintang berbeda untuk mempelajari Arrokoth. Dengan menggunakan cahaya bintang untuk mempelajari target yang jauh. Arrokoth melakukan perjalanan antara bumi dan beberapa bintang yang berbeda.

"Upaya ini dilakukan selama enam bulan, tiga pesawat antariksa, 24 teleskop portabel berbasis darat, dan observatorium udara SOFIA NASA. Dan kami berhasil! Kami melihat bentuk dan ukuran 2014MU69 untuk pertama kalinya," kata Stern.

Berdasarkan pengamatan tahun 2017 terungkap Arrokoth tidak mengorbit di tempat yang diharapkan.

Sebelum New Horizons mencapai 2014MU69, detailnya sulit diketahui bahkan melalui lensa teleskop luar angkasa Hubble. Ukurannya kira-kira satu persen dari ukuran Pluto.

New Horizons mengambil gambar pertama objek itu pada Agustus 2018 dalam upaya pertama saat jaraknya lebih dari 100 juta mil. Saat pesawat antariksa mendekat, objek tersebut tetap sulit untuk diuraikan. Namun, akhirnya dapat diambil gambarnya yang berukuran dua piksel. Adapun bentuknya, terlihat sangat membingungkan.

Beberapa waktu kemudian, misteri dapat terpecahkan, objek itu berputar seperti jarum jam yang menghadap pesawat antariksa. Pertemuan itu juga mengungkapkan periode rotasi sekitar 15 jam.


New Horizons membutuhkan waktu 20 bulan untuk mengirim datanya kembali ke Bumi. Sementara para ilmuwan mempelajari data itu selama bertahun-tahun yang akan datang untuk mempelajari sebanyak mungkin tentang Sabuk Kuiper.

Berita Terkait
  • Pengamatan Atmosfer Pluto Terus Bikin Bingung Ilmuwan
  • Fakta-Fakta Mengejutkan Pluto yang Baru Terungkap
  • Kabut Warna Biru di Atmosfer Pluto, Ini Penjelasan Ilmuwan
Berita Lainnya
  • Transaksi MyPertamina Melonjak 800 Persen di Jateng dan DIY
  • China Daily: Tak Ada Alasan untuk Setujui Kesepatan Tiktok

Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

Arrokoth, Objek Terjauh yang Dijelajahi Pesawat Antariksa

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya