0
Thumbs Up
Thumbs Down

AS Sebut Adik Presiden Honduras Terima Rp15 M Narkoba dari...

wartaekonomi
wartaekonomi - Thu, 03 Oct 2019 22:27
Dilihat: 16
New York

Jaksa penuntut Amerika Serikat (AS) mengatakan raja narkoba Meksiko yang saat ini mendekam di penjara, Joaquin "El Chapo" Guzman memberikan USD1 juta (sekira Rp14 miliar) kepada adik dari Presiden Honduras sebagai uang suap untuk sang kepala negara. Tuduhan itu dibacakan pada persidangan adik Presiden Juan Orlando Hernandez di New York.

Juan Antonio Hernndez, adik dari Juan Orlando ditangkap dalam operasi anti-narkoba di Miami pada November 2018. Presiden Juan Orlando mengatakan klaim bahwa uang suap itu ditujukan untuk dirinya "100 persen salah, absurd, dan konyol".

Pemimpin konservatif Honduras yang mendapat dukungan kuat dari pemerintahan Trump itu menyebut tuduhan tersebut "tidak lebih serius dari dongeng Alice in Wonderland". Demikian diwartakan BBC.

Baca Juga: Ngeri Banget! Sudah Bandar Narkoba, Jadi Dalang Pembunuhan 100 Orang Pula

Dalam sebuah tweet dengan kata-kata yang keras, presiden berusia 50 tahun itu juga menunjukkan bahwa jaksa penuntut tidak mengatakan dia telah menerima uang yang diduga diberikan kepada saudaranya. Juan Orlando belum didakwa terkait kasus penyelundupan narkoba yang menjerat saudaranya.

Juan Antonio "Tony" Hernndez, 41 tahun, menghadapi empat dakwaan terpisah, termasuk konspirasi narkoba untuk mengimpor kokain ke AS dan pelanggaran senjata. Dia membantah tuduhan itu. Jika terbukti bersalah, ia menghadapi hukuman penjara seumur hidup.

Jaksa menuduh Juan Antonio mendapat perlindungan dan memiliki akses kepada saudaranya, dan mengklaim Juan Orlando mendapatkan jutaan dolar uang narkoba.

"Terdakwa dilindungi oleh dan memiliki akses ke saudaranya, presiden Honduras saat ini, seorang lelaki yang dirinya sendiri telah menerima jutaan dolar dalam suap uang narkoba," kata Asisten Jaksa AS Jason Richman.

Pengacara Tony Hernndez, Omar Malone, mengatakan ia menjadi sasaran karena kebijakan keras Presiden Hernndez terhadap para penjahat, termasuk mengekstradisi penyelundup obat terlarang ke AS.

Baca Juga: Raja Kokain Ini Kebal Hukum, AS Sebut Pelaku Adik dari Presiden Honduras

Presiden Hernndez menghadapi seruan untuk mundur menyusul dikeluarkannya dokumen pengadilan yang terkait dengan kasus saudaranya. Seruan itu menuduh kampanyenya pada 2013 dibiayai oleh uang narkoba dan melabelinya sebagai komplotan. Juan Orlando membantah klaim tersebut.

Honduras adalah rute transit utama untuk kokain yang diselundupkan dari Kolombia dan negara-negara Amerika Selatan lainnya ke AS. Ribuan warga Honduras telah meninggalkan negara itu dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk AS, karena kekerasan dan kemiskinan.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: Reuters

Sumber: wartaekonomi

AS Sebut Adik Presiden Honduras Terima Rp15 M Narkoba dari...

AS Sebut Adik Presiden Honduras Terima Rp15 M Narkoba dari...

AS Sebut Adik Presiden Honduras Terima Rp15 M Narkoba dari...

AS Sebut Adik Presiden Honduras Terima Rp15 M Narkoba dari...

AS Sebut Adik Presiden Honduras Terima Rp15 M Narkoba dari...

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya