0
Thumbs Up
Thumbs Down

Awas! Makan Taoge Ternyata Sangat Berbahaya

genpi
genpi - Thu, 26 Nov 2020 07:50
Dilihat: 21

GenPI.co - Taoge atau kecambah memang dikenal mengandung segudang nutrisi. Meski begitu, taoge mentah ternyata mengandung bakteri berbahaya. Sehingga diperlukan cara yang tepat untuk mengolahnya.

Taoge terdiri dari vitamin B, vitamin C, vitamin B1, vitamin B6, vitamin K dan juga vitamin A.

BACA JUGA: Keberuntungan Tingkat Dewa, 4 Zodiak Jauh Sial dan Cepat Kaya

Selain itu, taoge juga dapat menjadi sumber makanan yang kaya akan zat besi, magnesium, fosfor, kalsium, kalium, dan mangan, serta asam lemak omega 3.

Tak hanya dikenal meningkatkan kesuburan bagi pria, taoge atau kecambah ini juga bisa mencegah anemia hingga menyehatkan jantung agar terhindar dari stroke.

Kendati demikian, taoge mentah ternyata mengandung bakteri yang cukup berbahaya bagi kesehatan manusia. Itulah sebabnya Kamu harus berhati-hati dalam mengolah taoge sebelum mengonsumsinya.

BACA JUGA: Mahfud MD Tak Berkutik Dibongkar FPI, Buktinya Nyata

Tujuannya tak lain agar Kamu yang mengonsumsi kecambah ini bisa senantiasa tetap sehat, serta mendapatkan manfaat dari banyaknya nutrisi yang terkandung dalam taoge.

Menurut NHS UK, terdapat bakteri salmonella dan escherichia coli (E. coli) di dalam tauge mentah. Kedua bakteri ini paling sering menyebabkan keracunan makanan pada manusia.

Bakteri lain, seperti Bacillus cereus, Staphylococcus aureus dan Listeria monocytogenes juga kadang-kadang diketahui menyebabkan penyakit yang berhubungan dengan taoge alias kecambah.

BACA JUGA: IPW Bongkar Bahayanya Habib Rizieq, Ngeri!

Bahkan di Inggris sendiri, kasus keracunan taoge yang disebabkan oleh bakteri salmonella cukup banyak.

Sama halnya seperti produk segar apa pun yang dikonsumsi mentah atau dimasak setengah matang, taoge dapat membawa risiko penyakit bawaan makanan jika terkontaminasi.

Apalagi, kondisi hangat dan lembap yang ada pada tanaman taoge merupakan kondisi ideal bagi pertumbuhan bakteri. Termasuk salmonella, listeria, dan E. coli.

Untuk menghindari berbagai penyakit itu, semua taoge harus dimasak sampai benar-benar matang. Hal ini tak lain agar manfaatnya dapat terasa bagi kesehatan, serta aman untuk dikonsumsi. Pasalnya, mencuci kecambah saja tidak cukup untuk menghilangkan bakteri.

Sementara itu, saat menyimpannya, simpan di lemari es pada suhu 5 derajat Celcius, atau di bawahnya dan hanya dikonsumsi dalam waktu 2 hari.

Sebaiknya, jangan konsumsi taoge yang melewati masa penggunaannya berdasarkan tanggal (jika dibeli dalam produk pabrikan).

Jangan juga memakan kecambah yang warnanya sudah menjadi cokelat atau berubah warna. Karena kondisi tersebut jelas tidak membuat yang memakannya akan menjadi sehat.

Penting untuk diketahui bahwa risiko tinggi kontaminasi bakteri ini membuat makanan taoge mentah tak cocok untuk beberapa orang.

Orang-orang tertentu, termasuk anak-anak, orang tua, wanita hamil dan orang-orang dengan sistem kekebalan tubuh rendah harus menghindari makan taoge yang dimasak mentah atau setengah matang.(*)

Video viral hari ini:

Sumber: genpi

Awas! Makan Taoge Ternyata Sangat Berbahaya

Awas! Makan Taoge Ternyata Sangat Berbahaya

Awas! Makan Taoge Ternyata Sangat Berbahaya

Awas! Makan Taoge Ternyata Sangat Berbahaya

Awas! Makan Taoge Ternyata Sangat Berbahaya

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya