0
Thumbs Up
Thumbs Down

Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

Republika Online
Republika Online - Fri, 29 May 2020 19:52
Dilihat: 36
Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

JAKARTA -- Kebutuhan baju alat pelindung diri (APD) yang dibutuhkan para tenaga medis yang berhadapan langsung dengan pasien virus corona SARS-CoV2 (Covid-19) masih tinggi. Baju APD buatan Indonesia telah dinyatakan lolos ISO 16604 Class 3.

Ketua Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanggulangan Covid-19 Doni Monardo telah mendapatkan informasi lolosnya baju APD buatan Sritex yang digunakan untuk penanganan Covid-19. "Saya ikut senang mendengar kabar dari Konsul Jenderal Republik Indonesia di New York, Arifi Saiman bahwa 27 Mei 2020 waktu New York, hasil uji lab APD Coverall dan sampel bahan baju PT. Sritex untuk sertifikasi ISO 16604 Class 3 di Intertek HQ, Cortland, New York, dinyatakan Pass atau lolos uji lab," ujar Doni seperti dalam keterangan tertulis yang diterima Republika, Jumat (29/5).

Dia menambahkan, baju APD dengan standar tinggi atau ISO 16604 Class 3 merupakan spesifikasi yang wajib dikenakan para tenaga medis sehingga keamanan dan keselamatan terjamin. Baju APD yang lolos ISO 16604 Class 3 diusulkan PT Sritex. Otomatis baju APD ini memenuhi standar internasional yang ditetapkan Badan PBB untuk Kesehatan Dunia (WHO). Hasil pengujian dilakukan oleh Intertek Headquarter yang berbasis di Cortland, New York, Amerika Serikat (AS).

Dia menjelaskan, baju APD bersertifikasi ISO 16604 Class 3 memiliki ketahanan terhadap masuknya bakteri atau virus dengan ukuran yang sangat kecil. ISO 16604 Kategori kelas 3 berkualitas lebih tinggi dibandingkan tingkat kelas 2 atau ISO 16604 Class 2. Gugus Tugas Nasional juga melaporkan, beberapa perusahaan Indonesia lain sedang mengajukan permohonan untuk uji lab produk mereka. Konjen RI berharap produk-produk lain bisa lolos dan mendapatkan sertifikat ISO yang sama.

Sementara itu, Presiden Dirut PT Sritex Iwan Lukminto menjelaskan bahwa pihaknya bekerja khusus untuk mendapatkan formula bahan baku yang bisa memenuhi Standar WHO. "Paling tidak satu bulan kami bekerja keras dan saya memimpin langsung pengembangan produk APD agar bisa mendapatkan ISO 16604 Class 3," ujar Iwan.

Sritex selama ini sudah mampu menghasilkan produk dengan standar tinggi. Iwan mengatakan bahwa salah satu yang sudah dihasilkan Sritex adalah pakaian nubika atau Chemical Biological Radiological Nuclear (CBRN). Sejak Januari lalu, Sritex membuat APD mulai yang Class 1, Class 2dan terakhir ini Class 3.

Lolosnya baju APD dengan ISO 16604 Class 3 menjawab kebutuhan APD yang tinggi untuk penanganan pasien COVID-19. Ketersediaan baju APD tidak lagi akan menjadi kendala.

"Sritex mampu untuk memproduksi baju APD kelas 1 sampai 500 ribu buah setiap bulannya," katanya.


Berita Terkait
  • Covid-19 di Jatim Terus Bertambah, PMI Kerahkan Relawan
  • Sleman Turut Perpanjang Tanggap Darurat
  • Kasus Positif Covid-19 di Lampung Bertambah 13 Orang
Berita Lainnya
  • Fakta-fakta Sour Candy, Lagu Kolaborasi Lady Gaga dan Blackpink
  • BIN Terjun Langsung ke Surabaya Atasi Covid-19

Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

Baju APD Buatan Indonesia Lolos ISO 16604 Class 3

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya