0
Thumbs Up
Thumbs Down

Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

okezone
okezone - Fri, 16 Oct 2020 16:26
Dilihat: 51
Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

JAKARTA - PT Pertamina (Persero), PT PLN (Persero) akan bergabung dengan holding BUMN Pertambangan yakni Mind Id mengerjakan pembangunan pabrik baterai pertama di Indonesia. Ketiga BUMN tersebut di bawah koordinasi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, dalam koloborasi atau Joint venture tersebut. Pertamina nantinya fokus pada pada tahapan-tahapan produksi baterai.

Dari pengembangan manufacturing plant, mengintegrasikan komponen sel di dalam baterai hingga merakitnya ke dalam modul atau pack yang sesuai dengan peruntukannya. Pertamina juga akan bertugas sebagai pihak yang mendaur ulang (recycle) baterai.

"Nantinya Pertamina akan masuk ke dalam bagian di holding company tersebut dan juga dalam JV yang fokus di masing-masing proses bisnis terkait, terutama dalam pengembangan manufacturing plant dan mengintegrasikan komponen sel di dalam baterai dan merakitnya ke dalam pack sesuai dengan peruntukannya. Juga masuk dalam pemanfaatannya serta bersinergi untuk proses recycle baterai tersebut," ujar Fajriyah saat dihubungi, Jakarta, Jumat (16/10/2020).

Baca Juga: Punya Cadangan Nikel Terbesar, Mind Id Jadi Raja Baterai

Pertamina saat ini secara intensif melakukan kajian internal dan berkoordinasi dengan manajemen Mind Id dan PLN. Koordinasi itu terkait dengan hal-hal yang menjadi tugas Pertamina. "Hal ini masih dalam diskusi internal dan juga dengan BUMN lainnya," kata dia.

Fajriyah beralasan, keterlibatan perseroan dalam proyek strategis tersebut untuk mendorong dan menguatkan posisi Indonesia sebagai penyedia energi. Langkah itu sekaligus meng-capture demand EV Battery global yang dinilai memiliki pertumbuhan tinggi ke depannya.

Pertamina bersama-sama dengan kedua BUMN tersebut akan membangun ekosistem baterai di Indonesia yang menjadi rencana holding company BUMN dalam pengembangan Battery untuk Electric Vehicle.


Sementara terkait dengan lokasi pabrik, Direktur Utama holding BUMN pertambangan Mind Id Orias Petrus Moedak menyebut, pihaknya sudah menetapkan sejumlah lokasi pembangunan pabrik. Dalam catatan manajemen, ada sejumlah lokasi yang dipilih, meski begitu ada tiga wilayah yang nantinya menjadi kosentrasi pembangunan. Ketiganya adalah, Halmahera di Maluku Utara, Sulawesi Tenggara, dan Papua.

Sumber: okezone

Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

Bangun Pabrik Baterai, Apa Tugas Pertamina?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya