0
Thumbs Up
Thumbs Down

Banten Siaga! BMKG Warning Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

genpi
genpi - Fri, 03 Dec 2021 05:40
Dilihat: 49

GenPI.co - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati blak-blakan mengungkapkan, bahwa sejumlah potensi bencana yang dapat terjadi di Indonesia pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2022, berada di Selat Sunda.

Pernyataan tersebut diungkapkan Dwikorita dalam rapat kerja Komisi V DPR dengan Pemerintah, Rabu (1/12/2021).

Menurut Dwikorita, potensi bencana itu ada di daerah Selat Sunda, tepatnya Cilegon Banten, di mana bencana yang dimaksud adalah tsunami.

"Kami berikan informasi zona yang rawan tsunami misalnya di Cilegon, Banten. Itu juga tempat wisata di Selat Sunda, dapat berpotensi skenario terburuk mengalami tsunami dengan ketinggian hingga 8 meter," tegas Dwikorita.

Oleh sebab itu, karena ancaman potensi bencana tsunami setinggi 8 meter pada libur natal dan tahun baru di Kota Cilegon, Banten itu dikeluarkan oleh BMKG, hal tersebut membuat pemerintah setempat bergerak cepat.

Pemerintah Kota Cilegon pun langsung bergerak cepat membuatkan surat imbauan kepada masyarakat, dan sudah melakukan mitigasi penanggulangan apabila potensi tsunami tersebut benar-benar terjadi.

Menurut Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Cilegon, Utang Sutardi mengaku, bahwa pemerintah daerah sudah melakukan imbauan, edukasi kepada masyarakat dan memberikan pelatihan serta simulasi menghadapi bencana tsunami.

"Simulasi kami sifatnya tidak hanya BPBD yang melakukan. Tapi kami bersama industri juga melakukan simulasi, setahun satu, dua kali simulasi yang melibatkan unsur masyarakat," jelas Utang Sutardi dalam keterangannya, Rabu (1/12).

Menurutnya, jalur-jalur evakuasi warga sudah dipersiapkan untuk masyarakat yang berada tak jauh dari pesisir selat sunda untuk berlindung ke dataran tinggi.

Selain itu, Pemkot Cilegon juga sudah melakukan mitigasi dampak dari tsunami yang juga akan menghantam kawasan industri.

Apalagi, wilayah pesisir daerah tersebut didominasi industri bahan baku kimia.

"Kami sudah membuat forum pengurangan risiko bencana yang isinya semua unsur termasuk dari pihak perusahan di zona satu, dua dan tiga. Forum itu dibuat sejak 2017," jelas Utang Sutardi.

Menurut Utang Sutardi, bahwa dunia industri juga terus memberikan edukasi kepada masyarakat, baik itu masyarakat industri maupun masyarakat luas mengenai cara mengantisipasi dan meminimalisir korban ketika terjadi bencana.

"Sudah melatih ketanggapan, sehingga ketika hal yang tidak diinginkan itu terjadi kita semua tidak panik dan meminimalisr korban," pungkas Utang Sutardi.(*)

Video viral hari ini:

Sumber: genpi

Banten Siaga! BMKG Warning Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

Banten Siaga! BMKG Warning Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

Banten Siaga! BMKG Warning Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

Banten Siaga! BMKG Warning Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

Banten Siaga! BMKG Warning Potensi Tsunami 8 Meter di Selat Sunda

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya