0
Thumbs Up
Thumbs Down

Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

Citra Indonesia
Citra Indonesia - Thu, 22 Nov 2018 14:48
Dilihat: 2000
Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

JAKARTA, - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, mengklaim penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) pada produk sektor industri manufaktur semakin tinggi. Hal ini tercermin dari meningkatknya jumlah SNI diterapkan baik secara sukarela maupun wajib, serta konsumen juga sudah semakin jeli dan cerdas dalam memilih produk yang berkualitas.

'(SNI) menjadi daya dorong bagi industri untuk memproduksi barang yang berkualitas dan terjamin keamanan dan keselamatannya bagi konsumen', kata Airlangga Hartarto ketika menghadiri acara Malam Penganugerahan SNI Award 2018 di Jakarta, Rabu (21/11/2018).

Sekedar informasi, barang- barang tidak sesuai SNI masih banyak ditemukan petugas di lapangan. Misalnya dalam sidak dan pengawasan Ditjen PKTN di Kota Batam pekan lalu diamankan Mainan anak- anak bernilai miliaran rupiah diduga tidak sesuai SNI, parahnya SNI ditempel di barang itu diduga milik perusahaan orang lain. Makanya terpaksa diamankan dipasang PPNS-PK line. Jadi barang abal- abal itu jadi versusSNI Award 2018.

'SNI- nya diduga milik orang lain', ujar petugas penyidik PPNS-PK Ditjen PKTN, di Kota Batam, Kamis (8/11/2018).

  • Kemendag Amankan Mainan Anak-anak di Empat Toko di Batam
  • Veri: UU No 7/2014 Ada Pasal Sapu Jagad!
Dirjen PKTN Kemendag RI, Veri Anggrijono didampingi Dirwas Ojak Simon Manurung dan Dir TN Wahyu Widayat amankan puluhan ribu mainan anak- anak diduga diduga tidak sesuai SNI di Kota Batam 8 November 2018. Foto olo

Menperin menjelaskan, jumlah penerapan SNI semakin bertambah secara signifikan baik itu untuk penerapan SNI produk, proses, sistem maupun personel. 'Penerapan SNI diyakini dapat memberikan kontribusi besar bagi upaya peningkatan daya saing industri manufaktur nasional di pasar domestik dan ekspor', tuturnya.

Hingga saat ini, Kementerian Perindustrian telah memberlakukan 105 SNI secara wajib di berbagai sektor industri manufaktur. Sektor tersebut antara lain industri makanan dan minuman, tekstil dan aneka, logam, kimia dasar, kimia hilir, otomotif, serta elektronika.

Karenanya Menperin mengapresiasi Badan Standardisasi Nasional (BSN) yang menyelenggarakan SNI Award itu. Kegiatan ini dinilai menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya.

'SNI Award ini diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar', paparnya.

Sementara itu Kepala BSN Bambang Prasetya menyampaikan, pada tahun 2018 ini atau penyelenggaraan yang ke-14, SNI Award diberikan kepada 56 organisasi atau perusahaan. Setiap tahun pesertanya terus meningkat. 'Di tahun 2018, sebanyak 208 organisasi atau perusahaan yang mendaftar', ungkapnya.

Dari jumlah tersebut, yang lolos sampai tahap onsite atau kunjungan lapangan sebanyak 71 organisasi atau perusahaan. Pada tahap berikutnya, penilaian dilakukan oleh dewan juri kompeten yang antara lain berasal dari industri, pemerintah, perguruan tinggi, dan pakar manajemen. (linda)


The post Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018 appeared first on Citra Indonesia.

Sumber: Citra Indonesia

Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

Barang SNI Abal- abal Versus SNI Award 2018

  
Berita Trending Industri
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya