0
Thumbs Up
Thumbs Down

Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

Mobilmo
Mobilmo - Fri, 13 Apr 2018 19:04
Dilihat: 420

Perjalanan yang ditunggu-tunggu oleh kebanyakan orang adalah mudik. Yang dimana hal tersebut terjadi pada umumnya 1 tahun sekali. Biasanya dilakukan saat hari raya idul fitri untuk merayakannya di kampung halaman. Jika ingin mudik lebaran sebaiknya melakukan persiapan Mobil untuk mudik. Bagaimana tidak, perjalanan pasti akan macet panjang dan semua orang terburu-buru supaya segera sampai tujuan.

Persiapan Mobil untuk mudik lebaran biasanya dilakukan sebelum hari keberangkatannya. Namun kenyataannya bengkel sudah ramai dipenuhi kendaraan yang juga akan digunakan untuk mudik. Bahkan ada pula yang nekat tidak adanya persiapan pada Mobil, sehingga berakibat tidak baik saat dalam perjalanan.

Untuk lebih baiknya sebaiknya melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Tujuannya supaya kondisinya tetap prima dan tidak perlu ikut antri panjang di bengkel saat akan mudik lebaran. Berikut ini merupakan beberapa hal yang harus diperhatikan saat mempersiapkan Mobil untuk mudik lebaran.

  1. Tune Up mesin dan general check-up

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membawa Mobil untuk perjalanan jauh adalah dengan melakukan tune up mesin. Anda bisa melakukannya di bengkel langganan untuk dilakukan pengecekan pada bagian vital seperti mesin, oli transmisi, perseneling dan masih banyak lagi. Selain itu pengecekan juga dilakukan pada bagian sistem pengereman, minyak rem, power steering dan juga masih banyak lagi. Tidak lupa pula bagian wiper serta cairan wiper untuk dilakukan pengecekan supaya dapat bekerja dengan maksimal.

Memeriksa tiap komponen mesin Mobil untuk memastikan kondisinya bagus

Selain hal tersebut, pastikan bahwa pihak mekanik melakukan pengecekan pada sistem kelistrikan dan juga fitur penting lain seperti AC, lampu utama, lampu sein, fog lamp, lampu hazard, lampu rem dan bagian lain yang mendukung dalam kenyamanan serta keamanan ketika berkendara. Tujuannya saat melakukan perjalanan bisa dengan mudah berakselerasi ataupun bermanuver. Coba bayangkan jika saat perjalanan dan dalam keadaan macet tapi Ac Mobil tidak berfungsi, maka di dalam Mobil akan terasa panas dan terasa tidak nyaman.

>>> Baca juga, Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

  1. Memeriksa kaki-kaki Mobil secara menyeluruh

Persiapan Mobil untuk mudik selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada bagian kaki-kaki. Mengingat perjalanan yang akan dilakukan sangat jauh, maka penting sekali memastikan kondisi kaki-kaki maksimal. Jangan sampai muncul bunyi-bunyian dari komponen kaki-kaki, karena bisa saja terdapat masalah yang serius. Bawalah ke bengkel jauh hari sebelum mudik untuk memeriksa bagian ini. Apabila terjadi masalah pada handling yang tidak baik maka bisa dilakukan spooring pada Mobil Anda.

Suspensi yang baik dapat memberikan kenyamanan saat perjalanan

Ketika Mobil Anda diperiksa di bengkel pada bagian kaki-kaki, sebaiknya cek pula bagian pengereman Mobil. mengingat perjalanan sangat jauh membutuhkan kondisi rem yang sangat baik. Biasanya dalam melakukan pengecekan bagian rem Mobil setiap enam bulan sekali. Namun jika akan melakukan perjalanan jauh seperti wisata atau mudik, maka hal ini menjadi wajib dilakukan supaya tetap aman dalam perjalanan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

Selain bagian suspensi dan sistem pengereman, bagian ban Mobil juga tidak boleh luput dari perhatian. Tentunya Anda tidak mau buka melakukan perjalanan jauh dengan kondisi ban yang sudah gundul. Pastinya sangat berbahaya dan beresiko selip. Apabila kondisinya masih bagus jangan lupa mengecek tekanan angin pada ban Mobil. selain itu jangan sampai ketinggalan untuk selalu membawa ban cadangan pada Mobil Anda.

  1. Kotak perkakas dan P3K

Kotak perkakas merupakan salah satu persiapan Mobil untuk mudik yang penting. Fungsinya untuk berjaga-jaga saat ban kempes atau bocor di jalan. Selain itu kotak P3K juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi pengemudi atau penumpangnya. Isinya bisa berupa minyak gosok, betadin, plester dan kebutuhan obat lainnya.

Kotak P3K sangat dibutuhkan dalam keadaan darurat
  1. Interior dan eksterior

Yang terakhir dalam persiapan Mobil untuk mudik lebaran adalah membersihkan bagian eksterior dan juga interior Mobil. Bersihkan kabin Mobil supaya terhindar dari debu dan kotoran yang masuk. Untuk bagian eksterior Anda bisa mencucinya dan hilangkan jamur pada kaca Mobil jika ada.

Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com


The post Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan appeared first on Mobilmo.Com.

Sumber: Mobilmo

Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

Beberapa Persiapan Mobil Untuk Mudik Lebaran Yang Perlu Diperhatikan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya