0
Thumbs Up
Thumbs Down

Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

okezone
okezone - Sun, 16 Feb 2020 09:17
Dilihat: 34
Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

JAKARTA - Awal pekan ini komoditas pangan bawang putih menjadi sorotan. Pasalnya, harganya sempat mengalami lonjakan hingga Rp14.150 sehingga bawang putih pada Senin (10/2/2020) dibanderol dengan harga Rp70.108 per kilogramnya.

Hal ini tentu ditanggapi serius oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo karena bawang putih adalah salah satu kebutuhan pangan terpenting bagi masyarakat Indonesia. Penyebab kenaikkan harga bawang putih ini diketahui masih disebabkan oleh virus mematikan korona dan proses distribusi yang terhambat.

Pada Minggu (16/2/2020), Okezone merangkum fakta terkait kenaikan harga bawang putih.

1. Korona Masih Jadi Penyebab

Virus korona yang baru dinamakan Covid-19 ternyata masih menjadi penyebab melambungnya harga bawang putih. China adalah pengimpor utama bawang putih untuk Indonesia.

"...Itu hanya karena adanya pemberitaan wabah virus korona..," tutur Syahrul Yasin

Mengatasi hal ini, Menteri Pertanian Syahrul Yasin mengatakan adanya solusi yang sedang ia gencarkan. Solusi ini diharapkan dapat mengatasi lonjakkan harga bawang putih.

2. Cari Alternatif Impor

Solusi tersebut adalah mencari alternatif impor bawang putih selain dari China. Menteri Pertanian Syahrul Yasin mengatakan nantinya tak akan ada lagi pembicaraan naiknya harga bawang putih karena terhentinya impor.

"Kalau harga dari Rp30 ribu tiba-tiba naik jadi Rp70 ribu lebih ya itu tidak boleh terjadi. Itu hanya karena adanya pemberitaan wabah virus korona, besok tidak ada lagi bawang putih karena stop impor," tuturnya, seperti dikutip dari VOA Indonesia

3. Distrusi Terhambat

Juru bicara Satgas Pemberantasan Mafia Pangan di Solo, AKBP Iwan Saktiadi mengatakan pihaknya masih menelusuri penyebab meroketnya harga bawang putih impor dari China. Dia menilai distribusi yang terhambat bisa jadi salah satu penyebabnya.

"Kenaikan harga yang cukup signifikan ini disebabkan oleh apa? Distribusi yang terhambat atau stok di produsen yang tidak ada. Nanti kita dapatkan dulu data dan fakta dari tim lapangan dan dinas terkait di pemkot Solo. Setelah itu baru kita tentukan cara bagaimana kalau lonjakan harga ini di luar batas kewajaran. Artinya kita membantu masyarakat bisa memperoleh komoditi bahan pangan yang mereka butuhkan dengan harga sesuai kewajaran. Informasi yang kita terima saat ini lonjakan harga bahan pangan ada di bawang putih dan cabai," jelasnya.

4. India atau Amerika Jadi Alternatif Impor Bawang Putih

Sementara itu Syahrul Yasin mengungkap India dan Amerika Serikat dapat menjadi alternatif impor menggantikan China yang sedang dilanda virus Covid-19.

"Mudah-mudahan wabah virus korona mereda. Kalaupun tidak reda, kita punya alternatif impor bawang putih selain China tempat virus itu mulai mewabah. Kita bisa ke India atau Amerika. Kalau saya seperti itu sih," ungkapnya.

5. Stok Bawang Putih 2-3 Bulan Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin menegaskan bahwa masyarakat tak perlu khawatir akan ketersediaan bawang putih. Pasalnya stok bawang yang ada masih mencukupi.

"Kami sudah hitung bawang putih masih ada stok 84 ribu hingga 120 ribu ton, cukup itu. Kenapa terlalu panik," tutur Syahrul, seperti dikutip dari VOA Indonesia.

Menurutnya, jumlah pasokan bawang putih akan segera bertambah. Panen bawang pada akhir bulan ini sampai Maret mencapai 50 ribu ton.


"Kalau begitu sampai 2-3 bulan tidak ada masalah," tambahnya.

Sumber: okezone

Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

Benarkah Virus Korona Bikin Harga Bawang Putih Mahal? Ini Faktanya

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya