0
Thumbs Up
Thumbs Down

Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

Republika Online
Republika Online - Wed, 26 Jan 2022 18:39
Dilihat: 75
Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

JAKARTA -- Beberapa maskapai internasional baru-baru ini membatalkan penerbangan ke beberapa bandara Amerika Serikat (AS) karena khawatir peluncuran teknologi komunikasi seluler 5G dapat mengganggu peralatan beberapa pesawat. Setelah peringatan tentang potensi masalah dari bos penerbangan dan Administrasi Penerbangan, perusahaan telekomunikasi AT&T dan Verizon menunda pengaktifan beberapa tiang 5G di sekitar bandara AS.

Bagaimana 5G bisa mengganggu pesawat dan apakah masalahnya bisa diperbaiki ? Dosen Utama, Direktur Kelompok Riset Teknik Telekomunikasi, Fakultas Sains dan Teknik, Universitas Anglia Ruskin menulis saat ini 5G sedang diterapkan di beberapa negara dunia. 5g dapat menawarkan kecepatan jaringan hingga 100 kali lebih cepat daripada 4G.

Dilansir dari Sciencealert, Rabu (26/1/2022), untuk memastikan kecepatan tinggi dengan jangkauan seluas mungkin, AT&T dan Verizon telah merencanakan menghasilkan internet 5G menggunakan sesuatu yang disebut frekuensi C-band, sejenis frekuensi radio antara 3,7 dan 3,98 GHz.

Frekuensi ini berdekatan dengan yang digunakan oleh pesawat modern untuk mengukur ketinggian. Bagian penting dari peralatan pesawat, yang disebut radio altimeter, beroperasi pada frekuensi C-band antara 4,2-4,4 GHz.

Pilot mengandalkan radio altimeter untuk mendaratkan pesawat dengan aman, terutama saat jarak pandang buruk, misalnya saat bandara dikelilingi pegunungan tinggi atau saat kondisi berkabut. Kekhawatirannya adalah karena kesenjangan yang sempit antara frekuensi 5G dan altimeter radio, gelombang radio dari menara 5G di dekat bandara dapat menyebabkan gangguan. Artinya, orang yang menggunakan 5G di ponsel mereka dapat secara tidak sengaja mendistorsi atau merusak sinyal altimeter radio.

Jika ini terjadi, bahkan selama beberapa detik, itu bisa berarti pilot tidak menerima informasi yang benar saat mendarat. Karena alasan inilah Administrasi Penerbangan Federal AS mengangkat kekhawatiran.

Jadi apa yang bisa dilakukan? Negara-negara lain yang meluncurkan 5G menggunakan frekuensi C-band yang tumpang tindih dengan atau dekat dengan altimeter radio, tanpa masalah yang dilaporkan. Misalnya, di Inggris, 5G naik ke 4 GHz. Tidak ada atau sedikit gunung di sekitar bandara mengurangi risiko.

Beberapa negara lain mengoperasikan 5G mereka pada frekuensi yang sedikit lebih jauh dari peralatan pesawat. Di Uni Eropa, misalnya, 5G naik ke 3,8 GHz. Ini bisa menjadi pilihan yang baik untuk bandara AS.

Pilihan terbaik, dalam jangka panjang, adalah menggunakan pita yang jauh lebih tinggi untuk 5G, seperti 24 GHz hingga 47 GHz. Pada frekuensi ini, kecepatan data secara signifikan lebih tinggi, meskipun area jangkauan setiap sel akan jauh lebih sedikit (sehingga membutuhkan lebih banyak menara).

Ada juga opsi untuk mengurangi kekuatan sinyal dari menara di sekitar bandara, yang kabarnya telah dilakukan di Prancis dan Kanada. Ini bukan tentang mengubah frekuensi-kekuatan sinyal diukur dalam desibel, bukan GHz-tetapi membatasi kekuatan sinyal dapat mengurangi kemungkinan interferensi dengan pita tetangga.


Berita Terkait
  • Jalan Berliku Teknologi5G di Indonesia
  • 3 Bisnis Model Pemanfaatan 5G pada 2022
  • Indonesia Buka Peluang Investasi Teknologi Pita Lebar
Berita Lainnya
  • 30 Persen Masyarakat di Surabaya Berpenghasilan Rendah
  • Mbappe Sanjung Achraf Hakimi Sebagai Bek Terbaik Dunia, Real Madrid Wajib Menyesal

Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

Benarkan Jaringan 5G Ganggu Keamanan Penerbangan?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya