0
Thumbs Up
Thumbs Down

Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

Mobilmo
Mobilmo - Wed, 11 Apr 2018 10:34
Dilihat: 363

Bahan bakar merupakan salah satu hal yang yang sangat diperlukan untuk membuat mesin Mobil dapat bekerja. Seperti yang sudah diketahui, bahwa Mobil dapat melakukan perjalanan sampai jauh dengan ukuran berapa liter kapasitas tangki yang dimilikinya. Karena 1 liter bahan bakar dapat menempuh jarak beberapa kilometer saja. Bahkan terdapat cadangan bahan bakar di tangki BBM yang disematkan pada kendaraan.

Untuk mengetahui kapasitas tangki bisa diketahui dengan melihat buku pedoman pemilik yang ikut disertakan saat membeli. Biasanya jumlah tersebut telah disertakan BBM cadangan di dalamnya. Lantas sebenarnya berapakah cadangan bahan bakar di tangki BBM pada Mobil?

Bahan bakar sangat diperlukan pada kendaraan

Perlu diketahui, bahwa cadangan yang diberikan oleh pihak pabrikan akan dikonsumsi kendaraan ketika indikator bahan bakar menyala warna kuning. Lampu indikator ini letaknya pada panel dashboard di depang pengemudi atau kursi bagian depan.

"Kalau indikator bahan bakar mobil menyala itu menunjukkan bensin akan habis, tapi mobil masih bisa berjalan karena ada bensin cadangan," ucap Yosep Kuma yang merupakan Technical Training Manager dari PT Eurokars Artha Utama Porsche Indonesia yang berlokasi di Jakarta Selatan.

Adapun tujuan dari penambahan cadangan bahan bakar di tangki BBM adalah untuk mengantisipasi saat kehabisan bahan bakar dan belum menemukan SPBU. Pada umumnya cadangan tersebut berkisar 10% dari total kapasitas tangki.

Seperti yang dikatakan oleh Dedi Hendriadi selaku Division Head Aftersales & Business Division PT Toyota Astra Motor. "Jumlahnya (BBM cadangan) berbeda-beda setiap mobil, tapi biasanya sekitar 10 persen dari kapasitas tangki,".

>>> Baca juga, Ketahui Penyebab Mobil Injeksi Boros Bahan Bakar dan Tenaga Berkurang

Contohnya tangki bahan bakar mempunyai kapasitas 60 liter, maka cadangannya adalah 6 liter. Apabila 1 liter mampu menempuh jarak 10 km maka dengan 6 liter bahan bakar Mobil masih dapat menempuh jarak sampai 60 km.

Tangki BBM memiliki cadangan bahan bakar untuk keadaan darurat

Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan soal kapasitas tangki bahan bakar. Seperti baru-baru ini terdengar kabar bahwa ada kendaraan dengan merek Nissan yakni Serena mengisi bahan bakar mampu menampung 78,1 liter. Padahal untuk kapasitasnya hanya 60 liter saja. Bahkan dari pihak SPBU juga menyatakan tidak adanya kecurangan dengan melakukan uji tera.

Akan tetapi yang menimbulkan pertanyaan adalah, pihak pemilik Mobil Nissan Serena tersebut tidak mau memberikan keterangan lebih lanjut mengenai hal tersebut. Jadi masih belum tahu tentang kebenarannya, apakah tangki bahan bakarnya sudah dimodifikasi untuk menghasilkan keuntungan dalam menambah jarak tempuh atau yang lainnya. padahal tidak ada penambahan saja sudah mendapatkan cadangan bahan bakar di tangki BBM yang diberikan oleh pihak pabrikan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya

Perlu diketahui, bahwa menambah kapasitas tangki bahan bakar sebenarnya merupakan salah satu tindakan yang melanggar hukum. Jika melakukan hal tersebut, pelaku bisa saja terkena sanksi pidana yang tentunya tidak diinginkan semua orang. Bahkan hal tersebut telah diatur dalam Undang-undang tahun 2001 Pasal 55 tentang minyak dan gas bumi. Peraturan ini ditujukan kepada pemilik Mobil yang melakukan modifikasi kapasitas tangki BBM kendaraan yang dimiliki.

Modifikasi tangki ukuran tangki bahan bakar bisa terkena sanksi pidana

Berikut bunyi pasalnya:

"Setiap orang yang menyalahgunakan Pengangkutan dan/atau Niaga Bahan Bakar Minyak dan disubsidi Pemerintah dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) tahun dan dengan paling tinggi Rp 60.000.000.000 (enam puluh miliar Rupiah)".

Tidak hanya itu saja, pelaku juga bisa terjerat pasal 53 dengan UU yang sama masalah izin usaha pengelolaan migas. Untuk ancaman hukuman yang diberikan paling lama 5 tahun dalam kurungan penjara dan dendanya paling tinggi adalah Rp. 50 miliar.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan mengenai Cadangan bahan bakar di tangki BBM pada Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.


Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

The post Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil? appeared first on Mobilmo.Com.

Sumber: Mobilmo

Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

Berapa Sebenarnya Cadangan Bahan Bakar Di Tangki BBM Pada Mobil?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya