0
Thumbs Up
Thumbs Down

Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

inilahcom
inilahcom - Thu, 12 Sep 2019 19:00
Dilihat: 26
Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

Badung - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat memuji pengelolaan anggaran dana desa di Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Bandung, Bali.

Apresiasi dari orang nomor satu di republik ini, lantaran dana desa yang digelontorkan pemerintah pusat, berdampak positif bagi perekonomian daerah. Bahkan bisa melahirkan keuntungan bagi desa tersebut.

Ketika INILAHCOM yang difasilitasi Bank Mandiri berkesempatan untuk menyambangi desa tersebut, banyak hal yang bisa dipetik. Banyak hal yang bermanfaat dan bisa diterapkan di daerah lain. Tentu saja disesuaikan dengan kearifan lokal di masing-masing tempat.

Kepala Desa Adat Kutuh, I Made Wena mengungkapkan sedikit rahasia dibalik suksesnya desa yang ia pimpin. Di mana, Desa Kutuh mampu memanfaatkan dana desa untuk hal-hal yang positif serta efektif. "Kita memiliki dualisme pemimpin yakni pemimpin adat bendesa dan pemimpin administrasi kades, dimana kedua ini berjalan dengan seirama," kata I Made di Desa Kutuh Kabupaten Badung, Bali, Kamis (12/9/2019).

Dia bilang, dana desa kebanyakan digunakan untuk membangun sarana dan prasarana desa yang menunjang sektor pariwisata daerah. Serta untuk mendirikan 9 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan 3 Usaha Layanan di bawah naungan Badan Usaha Milik Daerah (BUMDa), guna menopang pendapatan desa secara jangka panjang.

Informasi saja, Desa Kutuh kini menjelma menjadi desa yang berdaya dan mandiri, karena penggunaan dana desa yang optimal, melalui BUMDes. Sebelum disuntik dana desa, Desa Kutuh merupakan desa miskin.

Setelah mendapat dana desa, kini Kutuh disulap menjadi desa wisata dan sukses meningkatkan perekonomian warga serta menarik minat wisatawan. Salah satu destinasi yang dikelola baik di Desa Kutuh yakni Pantai Pandawa dan Wisata Paralayang.

Sementara itu Kepala Desa Kutuh I Wayan Purja mengatakan buah manis dari pemanfaatan dana desa tersebut kini Desa Kutuh menjadi salah satu desa wisata yang wajib di kunjungi jika ke Bali, ini tentunya menjadi berkah karena mendatangkan pundi-pundi uang ke desa yang memiliki luas 80 hektar tersebut.

"Tahun lalu laba bersih Desa Kutuh mencapai Rp14,5 miliar dengan pendapatan mencapai Rp50 miliar, tentunya dengan penopang utama sektor pariwisata atau sport tourism," kata I Wayan. [ipe]






Sumber: inilahcom

Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

Berkat Dana Desa, Desa Kutub Bali Dipuji Jokowi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya