0
Thumbs Up
Thumbs Down

Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

okezone
okezone - Sat, 24 Jul 2021 16:21
Dilihat: 49
Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

ITALIA menyimpan harta karun berharga berkaitan dengan dunia kuliner. Ya, di salah satu lokasi wisata sejarah sekaligus alam, berdiri restoran bernama Hostaria Antica Roma di Appian Way milik Paolo Magnanimi.

Tak banyak yang tahu bahwa restoran itu sudah sangat tersohor sejak masa Romawi. Restoran yang letaknya berada di dekat Mausoleum of Cecilia Metella itu digambarkan sangat indah dengan pemandangan cantik dikelilingi taman bunga dan sayur.

Menurut laporan BBC, daftar menu restoran ini akan sulit Anda temukan di rumah makan lain di Italia, bahkan di belahan dunia manapun. Orang di balik kreasi kulinernya adalah Magnanimi itu sendiri.

"Dia merupakan juru masak yang bergairah menyajikan makanan yang berakar kuat dari sejarah zaman Romawi kuno di Taman Arkeologi Appia Antica," terang BBC dikutip Okezone, Sabtu (24/7/2021).

Jika bicara mengenai makanan khas Romawi kuno, jangan Anda bayangkan sesuatu yang menggugah mata dengan tampilan cantik. Sebab, makanan khas Romawi kuno, khususnya yang dimakan orang kaya, malah identik dengan sesuatu yang 'menyeramkan' misalnya saja testis banteng, ambing babi, dan kelinci yang dihiasi sayap menyerupai Pegasus.

Tapi, beda cerita jika kita membahas makanan Romawi kuno untuk rakyat jelata dan itu yang coba dihidangkan Magnanimi di restorannya.

Ya, menu yang tersaji bukan makanan eksotis, melainkan makanan rakyat Romawi.

"Biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, telur, dan keju adalah makanan dasar rakyat Romawi. Buah dan madu melengkapi ragam panganan tersebut sebagai pemberi rasa manis," kata BBC.

Magnanimi mempelajari secara detail mulai dari sejarah hingga bumbu-bumbu yang dipakai para koki di masa Romawi. Dan karena 'into it' pada sejarah bangsa Romawi, Magnanimi membutuhkan waktu lebih dari 25 tahun sampai akhirnya merasa cukup tahu banyak hal soal kuliner Romawi kuno.

Ada hal unik dari proses makanan Romawi kuno. Diterangkan Magnanimi, awalnya bangsa tersebut suka sekali mengonsumsi daging (kebanyakan babi) dan ikan dalam jumlah kecil. Sampai akhirnya 'rasa India' masuk dengan penambahan lada dan 'rasa Persia' dengan lemonnya.

Akulturasi tersebut semakin memperkaya rasa dari makanan Romawi kuno. Bahkan Garum (mirip dengan saus ikan Asia) pun masuk ke Romawi dan kala itu digunakan untuk menambah rasa umami (sekarang kita sebut gurih).

"Semua makanan itu dinikmati dengan anggur madu saat makan malam yang disebut dengan 'cinvivium'. Istilah ini mereka maknai sebagai pertemuan merayakan kehidupan dan musim yang membawa cuaca dan nuansa berbeda," lapor BBC.

Lebih lanjut, menu Romawi kuno Magnanimi pertama yang dipuja banyak orang ialah 'Pullum Oxizomum' atau hidangan ayam. Jadi, hidangan itu terbuat dari daun bawang dan makanan pendampng khas Pantai Amalfi yang terbuat dari ikan teri yang difermentasi.

Orang Jepang diketahui sangat suka menu tersebut. Sampai-sampai Magnanimi diabadikan dalam film dokumenter di Jepang. Keren banget, kan?

"Penduduk Roma datang berbondong-bondong setelah film Jepang itu beredar luas di dunia. Kemudian Pullum Oxizumum dipuji di koran New York Times," kata Magnanimi.

Menu restoran Hostaria sekarang menawarkan standar kuliner Roma, seperti pasta amatriciana dan carbonara. Ada juga hidangan Romawi kuno yang membuat Magnanimi menarik perhatian internasional dan membuat ayahnya yang dulu skeptis bangga.

Menu lainnya yang cukup populer adalah Patina Cotidiana yang merupakan lasagna tanpa tomat. Jadi menu tersebut dibuat menggunakan lasagna, roti pipih yang dilaspisi daging, ikan, dan keju. Tapi, menu versi Magnanimi lebih sederhana dengan menggunakan daging babi giling, adas, dan keju pecorino.


"Untuk membuat hidangan berusia 2.000 tahun tersebut, Magnanimi memulainya dengan resep buku dari buku masak Romawi abad ke-1 Masehi bertajuk 'De Re Coquinaria'. Itu merupakan salah satu buku resep yang masih ada dari zaman Roma kuno yang dikaitkan dengan Apicius, si rakus kaya yang pernah disebut Gaius Plinius Secundus sebagai 'Pemboros yang Paling Rakus'," tambah BBC.

Sumber: okezone

Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

Berusia 2.000 Tahun, Ini Makanan Kuno Kegemaran Rakyat Romawi

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya