0
Thumbs Up
Thumbs Down

Blackout layanan data di Papua langgar HAM

Indotelko
Indotelko - Fri, 23 Aug 2019 09:27
Dilihat: 31
Blackout layanan data di Papua langgar HAM

JAKARTA (IndoTelko) - Internet Development Institute atau ID Institute menilai pemblokiran akses layanan data telekomunikasi di Papua dan Papua Barat sejak Rabu (21/8) melanggar Hak Asasi Manusia (HAM) yakni hak dasar publik dalam mengakses informasi.

"Jika shutdown dilakukan untuk meredam hoaks, justru tidak tepat. Ketika seseorang sudah terpapar hoaks, justru orang tersebut harus melakukan konfirmasi dengan mencari info dari sumber lain. Nah sekarang sarana mencari informasinya dimatikan, di-shutdown, lalu bagaimana orang tersebut bisa mendapatkan informasi yang benar?" jelas Ketua ID Institute Svaradiva dalam keterangan kemarin.

Disarankannya, pemerintah harus membuat parameter yang jelas dan terukur jika melakukan hal yang membatasi akses informasi berikut.

"Harus ada parameter yang jelas, tertulis, objektif, transparan, terukur, dan dapat dipertanggungjawabkan kalau mau throttling ataupun shutdown. Ini negara demokratis kok," tambah Ketua Dewan Pengawas ID Institute Salahuddien.

anggota Pembina ID Institute Irwin Day meminta pemerintah menindak penyebar hoaks bukan menjadikan publik sebagai korban dengan dibatasinya akses informasi.

Ketua Dewan Pembina ID Institute Sigit Widodo menyatakan penyebaran hoaks di Papua tidak semasif waktu pemilu 2019. "Tidak sebanding, lah. Memang dipertanyakan ini parameternya apa kok sampai shutdown?" tanyanya.

Sebelumnya, Kominfo memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan Data telekomunikasi di Papua dan Papua Barat mulai Rabu (21/8). (Baca: Blokir Data)

PLT Kepala Biro Humas Kominfo Ferdinandus Setu dalam rilisnya Rabu (21/8) malam, menjelaskan keputusan tersebut diambil guna mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya.

"Ini dilakukan setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait. Pencabutan blokir dilakukan setelah keadaan di sana normal," tutupnya.(dn)


Read More...

Sumber: Indotelko

Blackout layanan data di Papua langgar HAM

Blackout layanan data di Papua langgar HAM

Blackout layanan data di Papua langgar HAM

Blackout layanan data di Papua langgar HAM

Blackout layanan data di Papua langgar HAM

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya