0
Thumbs Up
Thumbs Down

BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

Republika Online
Republika Online - Wed, 09 Oct 2019 23:14
Dilihat: 22
BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

BANDA ACEH -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Tengah mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai terjadinya bencana longsor. Imbauan mengingat Aceh Tengah dan sejumlah wilayah lain di Aceh telah memasuki musim penghujan dengan intensitas tinggi.

Kepala Pelaksana BPBD Aceh Tengah, Thamrin Elashri mengatakan daerah dataran tinggi tersebut kerap dilanda bencana tanah longsor bahkan banjir jika sudah memasuki musim penghujan.

"Ini memang diperkirakan sudah masuk musim penghujan, makanya kami mengimbau masyarakat agar berhati-hati. Bagi pengendara yang melewati jalan jika ada tebing yang rawan longsor agar tetap waspada," katanya di Aceh Tengah, Rabu (9/10).

Dia menjelaskan, saat ini bencana longsor akibat guyuran hujan sudah mulai terjadi di beberapa titik yang dianggap rawan longsor di daerah tersebut. "Tadi pagi sekitar pukul 7.30 WIB kami terima informasi longsor menutupi badan jalan Takengon-Isaq di kawasan Bur Lintang," kata dia.

Menurut dia, longsor tersebut sempat mengganggu jalur lintasan para pengguna jalan arah Takengon-Isaq karena material longsor menutupi badan jalan sepanjang empat meter. Namun tak berlangsung lama karena pihaknya telah membersihkan material longsor menggunakan alat berat.

"Kita langsung koordinasi dengan PPK sekitar pukul 08.00 WIB, alat berat berangkat dan sekitar pukul 11.00 WIB tadi kita konfirmasi jalan sudah dapat dilalui kendaraan umum," katanya.

Selain itu mereka juga menerima laporan bencana longsor di jalur lintasan yang menghubungkan kecamatn Ketol dan kecamatan Silih Nara, kabupaten Aceh Tengah. Katanya, mereka sedang melakukan pengecekan terhadap informasi tersebut.

Namun, dia berharap kepada masyarakat yang mengetahui terjadinya longsor di wilayah masing-masing agar melaporkannya ke BPBD Aceh Tengah untuk bisa segera mendapatkan penanganan.

Sementara saat ini, Thamrin mengaku pihaknya dengan menerjunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) juga terus memantau titik-titik rawan longsor lainnya di daerah itu. "Sekarang TRC pun sudah keliling Danau Lut Tawar untuk memantau apakah ada titik longsor yang terjadi atau ada pohon tumbang," katanya.

Menurut Thamrin, berdasarkan pengalaman tahun lalu di saat musim penghujan, peristiwa tanah longsor dan banjir terjadi di hampir seluruh wilayah Aceh Tengah.



Berita Terkait
  • Pemakaman Korban Longsor Cianjur tak Disaksikan Pejabat
  • BNPB Ingatkan Potensi Longsor di Awal Musim Hujan
  • BNPB Sebut Musim Hujan di Jawa Dimulai Akhir Oktober
Berita Lainnya
  • Daerah Harus Bantu Kota Bandung Uraikan Kemacetan
  • Pengamat Sebut Album Kamila Siap Tembus Pasar Internasional

BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

BPBD Aceh Tengah Imbau Masyarakat Waspadai Longsor

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya