0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cantik dan Permai, Yuk Berwisata Kebun Teh di Jateng, Anda Pilih yang Mana?

Antvklik
Antvklik - Sun, 20 Sep 2020 11:24
Dilihat: 29

Berwisata di masa pandemi memang gampang-gampang susah. Mau cari yang dekat, ramai. Cari yang agak sepi, jauhan. Tapi mau gimana lagi, sementara ini semua memang harus adaptasi. Tapi semua terbayar asyik kalau ada di 4 lokasi wisata kebun teh di Jawa Tengah.

antvklik.com - Nah, kalau akhir pekan nanti mau berwisata jauh dari keramaian tapi nyaman dan bebas dari kerumunan, Kebun teh jawabannya. Tempatnya hijau meluas sehingga bisa pilih lokasi mana yang tak banyak orang bergerombol.

Di Jawa Tengah, banyak lho tempat piknik di kebun teh. Ini dia pilihannya.

Perkebunan Teh Kemuning Karanganyar

Lokasinya tak jauh dari Solo. Paling cuma 45 menit berkendara. Dari Semarang pun 2 jam saja lewat jalan tol. Kebun teh Kemuning masuk wilayah Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.

Kebun teh Kemuning Karanganyar. Foto: Dok. Pemprov Jateng

Tak perlu berkeringat untuk sampai ke sini karena lokasi kebun ada di tepi jalan aspal. Bebas, Anda mau pilih lokasi di mana, karena kebunnya luas. Sepanjang lebih tiga kilometer adalah kebun teh.

Udaranya dijamin segar karena berada di lereng Gunung Lawu dengan ketinggian perkebunan ada di 1.500 meter dari permukaan laut. Bisa sekedar jalan-jalan menyusuri jalan setapak perkebunan, maupun sembari olahraga agar daya tahan tubuh tambah kuat.

Perkebunan Teh Tambi Wonosobo

Ini salah satu perkebunan favorit dengan panorama alam yang memukau. Kebun tehnya luas dan cenderung datar, dengan kombinasi terasiring tapi tidak begitu ekstrim. Latar belakangnya Gunung Sindoro di sisi selatan dan pegunungan Dieng di sisi barat laut.

Kebun teh Tambi Wonosobo. Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

Lokasinya kalau dari kota Wonosobo Kota hanya 15 kilometer atau setengah jam berkendara. Secara administratif masuk Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo.

Suasana di kebun teh sangat nyaman dan berudara dingin. Kalau datang ke sini pas hari libur, pengunjungnya meskipun banyak tapi tersebar di beberapa titik. Jadi masih banyak pilihan untuk mencari tempat yang sepi tak banyak kerumunan. Jalan-jalan di area perkebunan teh tambi tak begitu melelahkan karena banyak jalur trekking yang datar tapi rimbun dengan tanaman teh.

Perkebunan Teh Medini Kendal

Perkebunan yang ini dekat dengan Kota Semarang. Sekitar 40 kilometer ke arah barat daya.

Aksesnya masih butuh perjuangan. Bisa berkendara, namun batas aspal hanya sampai kawasan wisata Gonoharjo Kendal. Selanjutnya jalan berupa beton tapi agak repot kalau papasan mobil lain.

Kalau lewat Boja Kendal juga bisa tapi jalannya agak rusak menjelang sampai perkebunan.

Kebun teh Medini Kendal. Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

Tapi jangan kawatir, sampai di lokasi kebun teh semua terbayar lunas. Panoramanya termasuk juara dengan latar belakang Gunung Ungaran. Ada banyak bukit yang mengelilingi area perkebunan teh dan sangat alami.

Bahkan sesekali beberapa satwa langka menampakan diri. Seperti burung rangkong, elang, atau kalau pas timingnya bisa melihat lutung dan kijang kalau mau trekking dekat hutan.

Jalur trekking agak naik turun sehingga cocok bagi yang suka hiking dan aktifitas kebugaran. Dengan ketinggian 1.500 meter dari permukaan laut udaranya segar cenderung agak dingin. Jadi pas kalau datang ke sini jam sembilan pagi ke atas.

Perkebunan Teh Pagilaran Batang

Kebun teh ini sangat mudah diakses. Dari gerbang tol Semarang-Batang hanya butuh 45 menit saja berkendara. Lokasi kebun teh berada di tepi jalur aspal yang menghubungkan Batang dengan Kendal maupun Dieng.

Kebun teh Pagilarang Batang. Foto: Teguh Joko Sutrisno | ANTV

Hampir sama dengan kebun teh di Tambi, perkebunan teh Pagilaran Batang ini juga banyak area datar yang nyaman buat trekking tipis-tipis. Namun yang doyan hiking juga banyak pilihan jalur yang naik turun.

Areal kebunnya sangat luas jadi banyak pilihan titik untuk turun dan trekking di tengah perkebunan teh. Lebih-lebih kalau pas hari biasa, lebih leluasa karena tak seramai hari libur.


Teguh Joko Sutrisno | Semarang, Jawa Tengah

Sumber: Antvklik

Cantik dan Permai, Yuk Berwisata Kebun Teh di Jateng, Anda Pilih yang Mana?

Cantik dan Permai, Yuk Berwisata Kebun Teh di Jateng, Anda Pilih yang Mana?

Cantik dan Permai, Yuk Berwisata Kebun Teh di Jateng, Anda Pilih yang Mana?

Cantik dan Permai, Yuk Berwisata Kebun Teh di Jateng, Anda Pilih yang Mana?

Cantik dan Permai, Yuk Berwisata Kebun Teh di Jateng, Anda Pilih yang Mana?

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya