0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Butuh Kesabaran Luar Biasa

carmudi
carmudi - Tue, 15 Oct 2019 17:00
Dilihat: 97
Buka pintu mobil terkunci dari dalam sedikit sulit

Jakarta - Salah satu hal sepele yang bisa saja terjadi dengan mobil kita yaitu kunci mobil tertinggal di dalam. Lebih merepotkan, kita tidak bisa masuk karena pintu mobil juga terkunci. Kondisi yang tak disengaja ini jelas merepotkan, karena kita terpaksa harus membobol pintu mobil kita sendiri.

Bila kondisi ini terjadi pada kalian, maka Carmudian pasti akan kesal sekaligus jengkel. Carmudian juga tidak bisa menyalahkan orang lain saat pintu mobil terkunci dari dalam, karena hal itu merupakan kesalahan dari diri sendiri.

Ada beberapa cara yang bisa kita praktikkan untuk buka pintu mobil yang terkunci dari dalam. Saat melakukan cara ini, kita harus ekstra sabar dan jangan panik. Tidak perlu buru-buru panggil tukang kunci, kita bisa kembali masuk ke dalam mobil.

Saat pintu mobil terkunci, butuh trik khusus apabila seluruh jendela tertutup rapat tanpa celah. Terlebih, teknologi central lock membuat kita tidak bisa lagi masuk lewat pintu tengah karena semuanya dikunci otomatis. Cara membuka pintu ini lebih mudah dilakukan pada sistem kunci konvensional daripada keyless.

Kondisi kunci yang masih tertinggal di dalam kabin bukanlah kejadian langka yang jarang terjadi. Tak jarang, pintu mobil menutup tiba-tiba dan kemudian terkunci saat mobil sedang diparkir atau diperbaiki. Misalnya saja, kita sedang membuka kap untuk memasang aki, tiba-tiba saja pintu menutup karena ada hentakan atau gerakan mobil saat pemasangan.

Dengan 'cara halus', kita juga tidak perlu sampai memecahkan kaca mobil. Cara kuno memecahkan kaca mobil jelas ampuh tapi juga akan menambah kerugian besar. Kita harus mengganti kaca yang pecah, selain itu angin juga langsung masuk kabin sehingga bikin perjalanan jadi tidak nyaman.

Setidaknya, ada tiga cara yang menurut Carmudi cukup ampuh dan terbukti sukses untuk buka pintu mobil yang terkunci. Cara ini juga dilakukan oleh bengkel mobil apabila terjadi kondisi serupa saat sedang perbaikan. Sekalipun sudah mengetahui beberapa cara ini, Carmudian sebaiknya jangan teledor dan dibiasakan mencabut atau membawa kunci saat akan keluar mobil.

Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam Pakai Bola TenisCara Membuka Pintu Mobil Saat Kunci Ketinggalan

Cara kurang lazim ini hanya bisa dilakukan pada mobil dengan kunci konvensional. Artinya, masih ada lubang kunci di pintu mobil. Bola tenis yang sudah dilubangi berfungsi sebagai pompa untuk mendorong udara di lubang kunci tadi.

Untuk antisipasi, Carmudian bisa menyiapkan alat sederhana ini. Sediakan bola tenis, kemudian buatlah lubang kecil yang cukup dalam. Untuk melubanginya, cukup tusuk bola tenis memakai obeng yang dipanasi dengan api dari kompor atau korek gas.

Obeng yang panas membuat permukaan bola tenis lebih lunak saat dilubangi. Tusuk perlahan sampai obeng itu tembus ke dalam rongga bola tenis. Nah, lubang yang dibuat cukup satu saja karena kita akan memanfaatkan dorongan udara dari dalam rongga bola tenis tersebut.

Cara Membuka Pintu Mobil Saat Kunci Ketinggalan di Dalam (Foto: Youtube)

Untuk mempraktikkannya, arahkan bagian lubang di bola tenis tepat di depan lubang kunci. Tekan dengan cepat dan sekuat tenaga hingga bola tenis itu gepeng. Pastikan dorongan udara dari dalam bola tenis masuk dan menekan kuat di celah lubang pintu.

Apabila kunci masih gagal terbuka, ulangi langkah tadi. Tekan bola tenis dengan tekanan yang lebih kuat dan lebih cepat, pastikan lubang udara persis mendorong lubang kunci.

Tekanan udara yang sangat besar dan cepat dari dalam bola tenis menggerakkan komponen mekanis yang ada di dalam lubang kunci. Dorongan ini membuat konektor kunci pintu bisa bergerak dan akhirnya terbuka.

Congkel Pengait Pintu Tengah

Kunci mobil karena mempunyai bentuk yang kecil, sangat rentan sekali hilang atau tertinggal. Tidak jarang orang lupa, untuk mengambil kunci mobil yang posisinya masih tergantung pada kontak starter atau di konsol untuk yang keyless.

Cara selanjutnya yang bisa kalian praktikkan yaitu dengan membuka dari pintu tengah. Cara ini biasa dilakukan bengkel pada si kembar Avanza dan Xenia. Tidak harus dari pintu depan, kita juga bisa mensiasatinya dengan pintu lain yang lebih mudah.

Buka karet sekat pintu kanan belakang, jangan sampai terlipat karena akan rusak. Kemudian, intip sela-sela kaca dan body, di dalamnya akan ada besi yang terkait ke plastik yang posisinya di bawah tombol pengait kunci (door lock). Plastik warna putih menghubungkan besi dari pengait tadi dengan kunci di sisi pintu.

Gunakan kawat kecil yang ujungnya dibengkokkan sebagai pengait. Panjang kawat ini minimal sekitar 20 cm. Masukkan kawat tersebut di antara bagian pembatas pintu dengan jendela di lapisan karetnya. Geser kawat tersebut hingga menyentuh tuas pengait yang dipakai untuk membuka pintu mobil.

Tarik ke atas pengait tadi dengan perlahan dan jangan dipaksakan. Bila Carmudian melihat tuas kunci bergerak atau suara 'klek' berarti pintunya sudah tidak terkunci. Mengail pengait ini sangat mudah dan ringan, sehingga kalau keras berarti itu salah tarik.

Buka Pintu Mobil Terkunci Pakai PenggarisCongkel pengait pakai penggaris besi

Cara lainnya yang bisa Carmudian lakukan untuk bisa membuka pintu yang terkunci dari dalam yaitu membobolnya pakai penggaris besi yang ukurannya ramping. Cara ini bisa juga digunakan pada mobil yang sudah berteknologi keyless. Namun, sebaiknya hati-hati saat menyelipkan penggaris, agar tidak terkena kabel yang ada di balik pintu.

Pertama, lepas karet bawah samping kaca terlebih dahulu untuk memasukkan penggaris ke pengait kunci dengan mudah. Tenang saja, karet pada kaca mobil sangat mudah sekali untuk dilepas kemudian dipasang kembali.

Selanjutnya, masukkan penggaris ke bagian dalam celah kaca pintu, kedalamannya kurang lebih 60 sampai 80 cm. Geser dan rasakan titik panel kunci dengan cara melihat pergerakan panel kunci. Tekan di bagian handle pintu, cari bagian semacam batang yang kalau di tekan penggaris bisa naik turun elastis layaknya pegas.

Jika sudah ketemu, langsung saja tekan batang yang keras tadi sambil menarik handle pintu. Apabila belum berhasil, ulangi langkah dari yang menekan batang berpegas tadi. Perlu kesabaran dan juga trik yang sempurna untuk bisa melakukan cara di atas.

Nah, caranya tidak sulit, kan? Jadi, Carmudian tidak perlu lagi khawatir ketika pintunya terkunci dan kuncinya tertinggal di dalam. Memang, akibat dari lupa membawa kunci mobil ini cukup merepotkan dan menjengkelkan.

Untuk Carmudian yang belum pernah sama sekali mengalami masalah tersebut, alangkah baiknya mengantisipasinya dengan terlebih dahulu mencoba trik tadi di garasi rumah. Pastikan, cabut kunci mobil terlebih dahulu untuk jaga-jaga apabila triknya gagal.

Kunci pintu mobil dari luar kemudian coba salah satu trik di atas untuk eksperimen selagi waktu luang. Bila sudah terbiasa, maka Carmudian bisa membantu orang lain apabila terjadi masalah serupa. Hal terpenting, sebaiknya selalu sedia bola tenis yang dilubangi atau penggaris besi untuk antisipasi.

Proses membuka pintu mobil yang terkunci dari dalam kadang butuh waktu lama. Berhati-hatilah untuk tidak merusak bagian dalam pintu mobil serta kabel-kabel di balik pintu. Dan jangan lupa, selalu berjaga-jaga untuk konsekuensi kesalahan yang terjadi akibat trik ini.

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas


Baca Juga:Cara Membuka Tutup Bensin Mobil yang Belum Banyak Diketahui
Sumber: carmudi

Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Butuh Kesabaran Luar Biasa

Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Butuh Kesabaran Luar Biasa

Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Butuh Kesabaran Luar Biasa

Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Butuh Kesabaran Luar Biasa

Cara Buka Pintu Mobil yang Terkunci dari Dalam, Butuh Kesabaran Luar Biasa

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya