0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKM

rumah123
rumah123 - Mon, 23 Nov 2020 12:00
Dilihat: 43
Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKMMumpung masih dibuka hingga akhir November, yuk simak cara daftar BPUM UMKM sebesar Rp2,4 juta yang bisa dilakukan dengan mudah.

Ini dia ulasan lengkapnya!

Cara Daftar BPUM Periode 2

Seperti yang dikutip langsung dari laman resmi Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, ini dia langkah-langkah yang perlu diikuti kalau kamu berniat untuk tahu cara daftar BPUM:

1. Mendaftarkan usahanya ke Dinas Koperasi dan UKM kabupaten atau kota dengan melampirkan bukti memiliki usaha mikro dari pengusul.

2. Pendaftaran bisa lewat offline dengan datang langsung ke kantor Dinas Koperasi UKM setempat atau online sesuai mekanisme yang ada.

3. Selanjutnya, Kementerian Koperasi akan melakukan penilaian kelayakan bersama Kementerian Keuangan dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

4. Jika pelaku UMKM dinilai layak, maka BPUM langsung ditransfer ke rekening penerima bantuan.

Persyaratan dan Kriteria Penerima Bantuan Langsung Tunai UMKM

Pastikan juga kamu sudah memenuhi kriteria calon penerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) berikut sebelum mulai cara daftar BPUM.

1. Para pelaku UMKM tidak sedang menerima kredit dari perbankan;2. Pelaku UMKM adalah Warga Negara Indonesia (WNI);3. Punya Nomor Induk Kependudukan (NIK);4. Memiliki UKM yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul sebagai lampiran resmi;5. Bukan ASN/PNS, anggota TNI/POLRI, atau pegawai BUMN/BUMD.

Terkait dengan surat usulan, kamu dapat meminta dibuatkan oleh lembaga yang sudah ditentukan oleh Kementerian Koperasi dan UKM, yakni:

1. Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM di wilayah setempat;2. Koperasi yang telah disahkan sebagai Badan Hukum;3. Kementerian/Lembaga;4. Perbankan dan perusahaan pembiayaan yang terdaftar di OJK.

Kalau kamu tertarik untuk mendaftarkan diri, jangan lupa untuk melengkapi berbagai syarat BPUM 2020 susulan seperti yang tertera berikut:

1. NIK (Nomor Induk Kependudukan) - bisa ditemukan ditemukan di KTP pada bagian paling atas2. Nama lengkap3. Alamat tempat tinggal (sesuai KTP)4. Bidang usaha yang digeluti5. Nomor telepon yang masih aktif6. Apabila kamu dinyatakan lolos dan memenuhi seluruh persyaratan sebagai penerima bantuan, maka dana bantuan tersebut akan langsung cair ke nomor rekening secara tidak bertahap.7. Jika penerima belum memiliki nomor rekening, tidak perlu khawatir, nanti akan dibuatkan pada saat pencarian oleh bank penyalur (BRI, BNI, dan Bank Syariah Mandiri).

Baca Juga:Tilang Elektronik Jakarta (Mekanisme, Cek Tilang, Hingga Titik Kamera)

Jenis Bantuan Langsung Tunai BPUM UMKM 2020

Supaya kamu tidak sampai salah kaprah dan meminimalisir resiko penipuan, jenis bantuan yang diberikan oleh pemerintah untuk UMKM ini sifatnya adalah hibah.

Dana hibah yang berbeda dengan sistem pinjaman atau kredit yang mewajibkan penerima untuk mengembalikan dalam jangka waktu tertentu.

Dalam proses administrasi cara daftar BPUM maupun pencairan dananya nanti kamu dipastikan tidak akan dikenakan biaya apapun.

Hingga tanggal tanggal 21 September 2020 saja, penyerapan BLT UMKM ini baru mencapai 64,5 persen.

Penyaluran BLT UMKM tahap satu disebutkan berhasil mendistribusikan dana ke lebih dari 9 juta penerima yang berasal dari berbagai daerah di Tanah Air.

Baca Juga:Rumah Mewah Gatot Nurmantyo Seharga Rp112 Miliar dan Luas 6 Hektar

Cara Mengecek Penerima Bantuan BPUM UMKM

Jika kamu sudah berhasil mengumpulkan persyaratan dan memenuhi kriteria dengan standar yang sudah ditetapkan, jangan lupa untuk mengecek status penerimaan lewat laman bank penyalur.

Jangan sampai kamu sudah menyelesaikan cara daftar BPUM dan kebingungan menunggu informasi mengenai aplikasi Bantuan Langsung Tunai yang sudah dimasukkan.

Contoh yang kami berikan ini untuk pengecekan lewat bank BRI yang bisa dilakukan secara online tanpa harus pergi ke bank.

- Masuk ke laman resmi https://eform.bri.co.id/bpum- Setelah masuk akan muncul dua kolom yang harus diisi yakni nomor KTP dan kode verifikasi- Isi kedua kolom tersebut- Klik tombol "Proses Inquiry"- Jika terdaftar sebagai penerima sesuai dengan NIK yang didaftarkan, maka akan muncul pemberitahuan di laman tersebut.

Demikian cara daftar BPUM yang dapat kamu ikuti.

Temukan beragam informasi menarik lainnya di artikel.rumah123.com!


Intip juga proyek properti terbaik di Cleon Park Apartment!

]]>
Sumber: rumah123

Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKM

Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKM

Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKM

Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKM

Cara Daftar BPUM Rp2,4 Juta, Bantuan Pemerintah Buat UMKM

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya