0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

Republika Online
Republika Online - Mon, 30 Mar 2020 14:15
Dilihat: 28
Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

JAKART -- Aplikasi yang diinisiasi oleh pemerintah untuk melacak penyebaran virus corona, Peduli Lindungi, telah tersedia dan dapat diunduh di Play Store untuk pengguna Android. Sebelumnya, aplikasi ini hanya tersedia dalam file .apk di laman http://www.pedulilindungi.id.

"Aplikasi Peduli Lindungi mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat berpergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilakukan," demikian penjelasan di kolom "Tentang Aplikasi."

Aplikasi tersebut hanya berbobot 6,69MB dan terahir kali dilakukan pembaruan pada 27 Maret. Sejauh ini, Peduli Lindungi telah diunduh lebih dari 500 kali.

Setelah mengunduh aplikasi Peduli Lindungi, pengguna akan diarahkan untuk menjadi partisipan. Selanjutnya, untuk menjadi partisipan, Anda harus mengisi nama lengkap dan mendaftarkan nomor ponsel yang digunakan.

Setelah itu, untuk menjaga keamanan, pengguna akan mendapatkan kode OTP melalui SMS. Peduli Lindungi selanjutnya akan meminta persetujuan untuk mengambil data nomor ponsel agar dapat segera menghubungi Anda jika ditemukan adanya riwayat kontak dengan seseorang yang terinfeksi virus corona.

Terakhir, Peduli Lindungi akan meminta izin untuk mengakses Bluetooth dan pengaturan akun pun selesai. Karena menggunakan bluetooth, pengguna disarankan untuk mengaktifkan mode Power Sharing. Pastikan Peduli Lindungi aktif saat Anda berada di tempat umum.

Cara kerja aplikasi
Aplikasi Peduli Lindungi menggunakan Bluetooth untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Pertukaran data akan terjadi ketika ada gadget lain dalam radius Bluetooth yang juga terdaftar di Peduli Lindungi.

Peduli Lindungi selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP). Hal ini akan membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak.


Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika pernah pernah berada dalam jarak tertentu dengan penderita Covid-19 positif, PDP dan ODP. Peduli Lindungi didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Kesehatan, Kementerian BUMN, dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Berita Terkait
  • Lebih dari 32 Ribu Pekerja Migran Pulang ke Tanah Air
  • Trump Perpanjang Kebijakan Social Distancing untuk Warga AS
  • Pesan Jokowi ke Kepala Daerah yang Warganya Telanjur Mudik
Berita Lainnya
  • Wabah Pes Buat Belanda Karantina Jamaah Haji di Pulau Onrust
  • Pemkot Depok Akui APD Tenaga Kesehatan dari Jas Hujan

Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

Cara Kerja Aplikasi Pelacak Penyebaran Virus Corona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya