0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

okezone
okezone - Mon, 30 Nov 2020 20:38
Dilihat: 54
Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

BANYAK pemain yang setelah pensiun memilih pelatih sebagai profesi berikutnya. Lalu, bagaimana cara untuk menjadi pelatih klub di Indonesia? Hal pertama yang harus dipahami, adalah seseorang tanpa pengalaman bermain profesional pun bisa menjadi pelatih.

Prosedur kursus kepelatihan di setiap negara mengikuti aturan konfederasi sepakbola benua masing-masing. Indonesia mengacu pada prosedur Federasi Sepakbola Asia (AFC) untuk mendapatkan lisensi kepelatihan. Ada empat lisensi kepelatihan menurut AFC, yaitu Grassroots (lisensi D Nasional), C AFC, B AFC, A AFC, dan AFC Pro.

Lisensi kepelatihan tertinggi saat ini adalah AFC Pro. Setiap orang, yang ingin memiliki lisensi AFC Pro, harus memiliki lisensi lebih rendah, mulai dari lisensi D Nasional hingga A AFC.

Tahapan pertama yang harus dilalui, adalah mendapatkkan lisensi D Nasional. Sesuai namanya, lisensi D Nasional bisa didapatkan jika seseorang mengikuti kursus yang diadakan oleh federasi sepakbola masing-masing.

PSSI menyelenggarakan kursus kepelatihan lisensi D Nasional melalui Asprov (Asosiasi Sepakbola Tingkat Provinsi) atau Askot (Asosiasi Sepakbola Tingkat Kota). Ada persyaratan yang wajib dilengkapi oleh setiap peserta kursus.

Setiap peserta harus mendapatkan surat rekomendasi dari SSB (Sekolah Sepakbola) yang terdaftar di Asprov atau Askot. Setelah mengikuti kursus dan lulus, lisensi D Nasional bisa dimiliki dan Anda bisa melatih SSB. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti kursus kepelatihan C AFC asal melengkapi beberapa syarat, yaitu mantan pemain tim nasional atau lisensi D Nasional, aktif melatih di level grassroots (SSB) selama minimal enam bulan.

BACA JUGA: Mendiang Papa Bouba Diop Sempat Bikin Legenda Man United Kerepotan

Jika lulus kursus, Anda akan mendapatkan lisensi C AFC. Anda bisa menjadi pelatih kepala klub Liga 3, pelatih kepala Elite Pro Academy (U-18 dan U-16), pelatih kepala klub Liga 1 putri, dan asisten pelatih kepala klub Liga 2 dengan lisensi C AFC.


Setelah minimal dua tahun melatih dengan lisensi C AFC, Anda bisa mengikuti kursus kepelatihan B AFC. Jika lulus dari kursus ini, Anda berpeluang menjadi pelatih kepala klub Liga 2, asisten pelatih kepala klub Liga 1, dan pelatih kepala di Elite Pro Academy U-20.

Sumber: okezone

Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

Cara Menjadi Pelatih Klub Sepakbola, Apa Saja?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya