0
Thumbs Up
Thumbs Down

CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

Republika Online
Republika Online - Tue, 22 Sep 2020 20:23
Dilihat: 45
CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

ATLANTA -- Seorang penumpang dalam penerbangan London, Inggris ke Hanoi, Vietnam telah menyebarkan Covid-19 kepada 15 penumpang lainnya. Fakta yang diungkap dalam penelitian Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat itu memperkuat bukti bahwa risiko penularan Covid-19 di pesawat adalah nyata.

Para peneliti mengidentifikasi seorang perempuan berusia 27 tahun dari Vietnam yang mengalami sakit tenggorokan dan batuk sebelum penerbangan sebagai sumber wabah tersebut. Sebanyak 12 penumpang di kelas bisnis dan dua di ekonomi serta seorang anggota awak kabin terinfeksi virus penyebab Covid-19, SARS-CoV-2, pada penerbangan 1 Maret itu.

Setelah tiba di London, gejala yang dirasakan penumpang itu berkembang lebih jauh. Perempuan tersebut dinyatakan positif Covid-19 empat hari kemudian.

Pekerja Garuda Maintenance Facility (GMF) dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap melakukan penyemprotan cairan disinfektan pada seluruh bagian kabin pesawat Garuda Indonesia di Hanggar GMF AeroAsia Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (13/8/2020). Hal tersebut dilakukan sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19. - (Antara/Muhammad Iqbal)


Pada 10 Maret, pelacakan kontak dilakukan kepada 217 penumpang di dalam penerbangan Vietnam Airlines. Peneliti mengatakan, sebelum melakukan penerbangan, perempuan itu telah melakukan perjalanan ke-15 provinsi di Vietnam. Namun, tidak ada bukti kuat yang mendukung potensi pajanan Covid-19 kepada orang lain di luar pesawat.

"Risiko penularan SARS-CoV-2 di dalam pesawat selama penerbangan panjang adalah nyata dan berpotensi menyebabkan klaster Covid-19. Temuan kami menyerukan skrining yang diperketat dan tindakan pencegahan infeksi oleh otoritas kesehatan masyarakat, regulator, dan industri penerbangan," kata peneliti seperti dikutip dari NBC News, Selasa (22/9).

Pejabat kesehatan mengatakan bahwa pada saat kedatangan penerbangan VN54 kala itu, penumpang dan awak tidak diharuskan memakai masker di pesawat atau di bandara. Semua penumpang dari daerah yang terinfeksi Covid-19, termasuk Inggris, di-skrining dengan pencitraan suhu badan pada saat kedatangan, tetapi penelitian tidak mengatakan apakah perempuan tersebut diketahui bergejala.

The Washington Post melaporkan, sejak Maret, CDC telah menemukan bahwa hampir 11 ribu orang telah terpapar virus corona dalam penerbangan. Dalam pedoman kesehatan masyarakatnya, CDC menyatakan bahwa virus tidak mudah menyebar di pesawat karena ada sistem penyaringan udara. Tetapi, berada dalam jarak dua meter dari orang lain dan menyentuh permukaan yang sering digunakan dalam penerbangan jarak jauh dapat meningkatkan risiko tertular Covid- 19.

Para penulis studi penerbangan Vietnam merekomendasikan pengetatan protokol kesehatan, seperti penggunaan masker dan face shield, cuci tangan, dan tes Covid-19 rutin, serta kebijakan karantina untuk penumpang yang datang dari negara berisiko tinggi.


"Selama Covid-19 menjadi ancaman pandemi global tanpa adanya tes perawatan yang baik, tindakan pencegahan infeksi di dalam kabin yang lebih baik dan pengetatan prosedur pemeriksaan kedatangan diperlukan agar penerbangan berjalan aman," kata peneliti.

Berita Terkait
  • Pemerintah tidak akan Ubah Definisi Kematian karena Covid-19
  • Sesame Street Bantu Anak dengan Autisme Belajar Pakai Masker
  • Wiku: Evaluasi Protokol Kesehatan di Seluruh Tempat
Berita Lainnya
  • Besok Sidang Perdana Jaksa Pinangki Digelar
  • Dua Kelurahan di Banjarmasin Deklarasi Setop BAB di Sungai

CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

CDC AS: Satu Penumpang Pesawat Tularkan Covid-19 ke 15 Orang

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya