0
Thumbs Up
Thumbs Down

Cihuy! BUMN Tower Akan Dibangun di Ibu Kota Baru, Mirip Petronas

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 08 Jan 2020 14:33
Dilihat: 19
Jakarta

Kementerian BUMN berencana membangun BUMN Tower di ibu kota baru. Bangunannya disebut mirip Petronas Tower Malaysia. Menara ini sebelumnya direncanakan akan dibangun di kompleks Kementerian BUMN di Jakarta.

Melansir Antaranews, Selasa (7/1/2020), Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga memastikan BUMN Tower yang sebelumnya direncanakan akan dibangun di BUMN Center di Jakarta, dialihkan pembangunannya ke ibu kota baru di Kalimantan Timur.

Baca Juga: RI-UEA Rencana Bikin Dana Abadi, Biayai Pembangunan IKN

"Kementerian BUMN mau pindah ke ibu kota baru Negara, dan pastinya kita akan bangun BUMN Tower di sana," ujar Arya Sinulingga di Jakarta.

Menurut Arya, kemungkinan BUMN Tower di ibu kota baru nanti akan menjadi pusat hub moda transportasi dengan lalu lintas transportasi publik akan melintas di depan, atas, atau bawah BUMN Tower.

"Selain itu, BUMN Tower juga akan menjadi tempat entertainment atau hiburan dan ruang publiknya akan didesain seperti ruang publik yang berada di Petronas Tower," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, pembangunan dua tower di samping kiri dan kanan Kementerian BUMN sebagai bagian dari kompleks BUMN Center saat ini akan dibatalkan. "Kita melihat bahwa sekarang prioritas kita harus mendukung pembangunan ibu kota baru," ujar Arya.

Menteri BUMN periode sebelumnya Rini Soemarno meresmikan groundbreaking (peletakan batu pertama) Gedung BUMN Center di kompleks Kementerian BUMN, Jakarta. Gedung BUMN Center dibangun untuk memudahkan koordinasi antarperusahaan BUMN.

Tiga BUMN yaitu PT PP (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero), dan PT Danareksa (Persero) melakukan kerja sama membangun serta mengembangkan Gedung Telkom dan Gedung Danareksa yang terintegrasi dengan Gedung Kementerian BUMN di Jakarta Pusat.

Luas tanah yang akan dibangun dan dikembangkan sekitar 9.300 meter persegi (milik Danareksa) dan sekitar 11.439 meter persegi (milik Telkom).

Konsep desain BUMN Center adalah Burung Garuda, di mana kapak dua sayap merupakan Gedung Kembar menyerupai sayap Garuda sebagai lambang Negara Indonesia serta Gedung Kementerian BUMN sebagai kepala Burung Garuda. Desain Gedung BUMN Center direncanakaan menjadi bangunan dengan kualitas grade A.

Penulis: Lili Lestari

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Antara

Sumber: wartaekonomi

Cihuy! BUMN Tower Akan Dibangun di Ibu Kota Baru, Mirip Petronas

Cihuy! BUMN Tower Akan Dibangun di Ibu Kota Baru, Mirip Petronas

Cihuy! BUMN Tower Akan Dibangun di Ibu Kota Baru, Mirip Petronas

Cihuy! BUMN Tower Akan Dibangun di Ibu Kota Baru, Mirip Petronas

Cihuy! BUMN Tower Akan Dibangun di Ibu Kota Baru, Mirip Petronas

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya