0
Thumbs Up
Thumbs Down

Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya

Nusabali
Nusabali - Tue, 02 Aug 2022 11:28
Dilihat: 51
Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya
JAKARTA,
DPP PDI Perjuangan (PDIP) berjalan kaki dan pawai kebudayaan saat mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 dari Kantor PDIP hingga ke Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin (1/8). Jajaran DPP PDIP dipimpin Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti jalan kaki kebudayaan itu dari Kantor Pusat PDIP di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat.

Sejak pukul 06.30 WIB, para peserta sudah bersiap-siap, terdiri dari 11 orang pembawa lambang negara Garuda Pancasila-Bendera Merah Putih, didampingi 10 orang satgas pembawa bendera partai.

Hasto memimpin 26 orang jajaran petinggi DPP PDIP yang ada di baris berikutnya. Di barisan setelah itu adalah 20 orang dari jajaran RedMe dan artis nusantara, lalu diikuti 50 orang pemain angklung. Selanjutnya adalah 34 orang peserta parade budaya 34 provinsi. Dan 45 orang peserta dari persatuan istri anggota Fraksi PDIP DPR, yang semuanya juga mengikuti parade pakaian budaya.

Di bagian belakang sebagai penutup barusan adalah 30 orang barisan marching band. "PDI Perjuangan akan daftar yang pertama dan sebelumnya kami mohon maaf bahwa ini hari Senin dan situasi transportasi yang sangat padat mungkin mengganggu menciptakan kemacetan di jalan raya," kata Hasto dalam keterangan persnya, Senin kemarin.

Tetapi, lanjut dia, apa yang dilakukan PDIP sebagai komitmen terhadap seluruh tahapan Pemilu, juga menampilkan pada Agustus ini, semangat nasionalisme, patriotisme, bela negara, semangat Indonesia yang berkepribadian dalam kebudayaan. Oleh karena itu, berbagai identifikasi dari budaya nasional akan ditampilkan di dalam pendaftaran ini.

Sekitar pukul 07.25 WIB, barisan budaya itu melangkah tegas menuju Kantor KPU. Selama proses pendaftaran di Kantor KPU, Jajaran marching band dan angklung mengiringi dengan lagu-lagu di luar halaman Kantor KPU. Hasto memimpin jajaran perwakilan DPP PDI Perjuangan mendaftarkan diri di dalam Gedung KPU.

Dia didampingi Bambang Wuryanto Ketua DPP Partai Bidang Pemenangan Pemilu Bambang Wuryanto, Ketua DPP Partai Bid Kehormatan Partai Komarudin Watubun, Ketua DPP Partai Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidajat, dan Ketua DPP Partai Bidang Organisasi Sukur H Nababan.

Kemudian Ketua DPP Partai Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, Ketua DPP Partai Bidang Kesehatan, Perempuan dan Anak Sri Rahayu, Wakil Sekjen Bidang Internal Utut Adianto, Wakil Sekjen Bidang Pemerintahan Arif Wibowo, dan Sekjen Bidang Kerakyatan Sadarestuwati. Tiba di Kantor KPU RI, Hasto dan rombongan diterima Pimpinan KPU RI. Mereka dipersilahkan mengisi buku tamu. Usai itu, Hasto dan Bambang Wuryanto dikalungi kain tenun tradisional. Mereka lanjut menuju ruangan dan dilanjutkan dengan pemutaran lagu Mars PDI Perjuangan. Hasto kemudian mempersilahkan Bambang Wuryanto untuk menyampaikan dokumen ke Ketua KPU RI Hasyim Asyari.

Serah terima dilakukan di dalam gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Senin kemarin pukul 08.00 WIB. Dalam sambutannya Bambang Wuryanto atau biasa disapa Bambang Pacul mengatakan PDIP merupakan partai pertama yang mendaftar sebagai peserta pemilu 2024. "Kami berharap, berkas diterima dengan baik. Mudah-mudahan tidak ada kesalahan," ucap Bambang Pacul.

Bambang Wuriyanto juga mengatakan PDIP berkomitmen dalam pemilu mendatang meraih kemenangan hattrick atau tiga kali berturut-turut.

Komitmen tersebut berdasarkan perintah kongres dan perintah Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Kita berharap juga tentu memenangkan hattrick sebagaimana yang diperintahkan Ibu Ketua Umum kami (Megawati Soekarnoputri). Tentu kita tidak bisa berdiri sendiri, tapi harapan untuk hattrick menjadi komitmen kami semua, seluruh jajaran partai karena itu perintah kongres, perintah Ketua Umum. Dan tentu kita jabarkan sebaik baiknya, ini harus dipahami di dalam pemilu tidak ada ruang hampa, semua akan bergerak untuk merebut dalam stau tujuan yang angka 4 tadi," kata Bambang di kantor KPU RI, Senin kemarin.Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menyebutkan sembilan partai politik mendaftar pada hari pertama tahapan pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024. "Alhamdulillah, sampai saat ini sudah ada delapan partai yang hadir di KPU dan mendaftarkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024, kemudian satu partai politik pada pukul 13.00 WIB," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di Jakarta Senin kemarin.

Partai politik yang mendaftar pada hari pertama adalah PDI Perjuangan pada pukul 08.00 WIB, kemudian PKP, PKS, Partai Reformasi, PRIMA, Perindo, NasDem, PBB, dan Pandai pada pukul 13.00 WIB. Kategori dokumen yang diperiksa, kata Hasyim, kelengkapan dokumen dari partai politik yang diserahkan saat pendaftaran.

"Jadi, yang diperiksa kelengkapan dokumen persyaratan. Nanti kalau sudah lengkap, KPU menerbitkan berita acara yang menyatakan persyaratan sudah lengkap dan dinyatakan didaftar," kata dia. Bagi yang belum lengkap, menurut Hasyim, masih ada kesempatan sampai 14 Agustus 2022 pukul 24.00 WIB untuk melengkapinya.

"Soal verifikasi administrasi, kami belum tahu (waktu pasti yang dibutuhkan), tergantung pada tim dan dokumen yang diperiksa. Pengalaman 5 tahun lalu, paling cepat 8 jam," katanya lagi. Untuk verifikasi administrasi parpol yang sudah menyampaikan dokumen pendaftaran, dia berharap pada pemilu kali ini bisa lebih cepat daripada penyelenggaraan pemilu sebelumnya. "Karena Sipol sudah aktif sejak awal, parpol sudah unggah Sipol, bagus. Kemungkinan memeriksa kelengkapan lebih cepat," ujarnya. *k22, ant
Sumber: Nusabali

Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya

Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya

Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya

Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya

Daftar Pemilu 2024, PDIP Pawai Budaya

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya